Sukses

Beauty

5 Manfaat Mugwort untuk Merawat Kencantikan Kulit Wajah

Fimela.com, Jakarta Perkembangan produk skincare belakangan ini melaju sangat cepat. Beragam inovasi pun dilakukan untuk menciptakan berbagai produk skincare untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit wajah. Namun saat ini nampaknya produk skincare yang mengandung bahan alami lebih diminati banyak orang.

Alasan banyak orang memilih produk skincare yang mengandung bahan alami adalah karena produk skincare berbahan dasar alami dinilai lebih aman. Ada banyak produk skincare yang mengandung bahan alami sebagai salah satu kelebihannya. Kadungan bahan alami yang sering dijumpai dalam produk skincare adalah aloe vera, tea tree oil, centella asiatica, rice water dan lain sebagainya. Namun belakangan ini produk skincare yang mengandung mugwort marak bermunculan.

 

Mengenal Mugwort untuk Kesehatan Kulit

Mugwort (Artemisia vulgaris) adalah tanaman yang banyak tumbuh di daerah beriklim sedang di daerah Eropa Utara, Asia, dan juga di Amerika Utara. Mugwort atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai daun baru cina adalah tanaman yang telah digunakan sejak lama sebagai salah satu bahan herbal dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Dilansir dari laman Medical News Today tanaman mugwort memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.seperti mengatasi beberapa gangguan pencernaan seperti diare, sembelit, dan mabuk perjalanan. Selain itu dilansir dari laman Healthline tanaman mugwort juga bermanfaat untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker dan meningkatkan kesehatan jantung.

Selain digunakan sebagai tanaman herbal untuk mengatasi beberpa penyakit, tanaman mugwort juga dapat digunakan untuk merawat kecantikan kulit wajah. Tren penggunaan tanaman mugwort sebagai kandungan bahan alami dalam produk skincare awalnya berasal dari Korea Selatan. Banyak produk skincare seperti masker, serum, sabun pencunci wajah, dan juga pelembap yang mengandung mugwort. Tak hanya produk skincare asal Korea Selatan saja yang menggunakan mugwort sebagai salah satu kandungan bahan alaminya, belakangan ini cukup banyak produk skincare lokal yang juga mengandung mugwort.

Lalu apa saja sih manfaat mugwort untuk kecantikan kulit wajah? Mengapa banyak produk skincare yang mengandung mugwort? Simak jawabannya di bawah ini yuk!

Manfaat Mugwort untuk Kulit

1. Melebapkan Kulit Wajah

Manfaat mugwort untuk kecantikan yang pertama adalah membantu melembapkan kulit wajah. Tanaman mugwort diketahui mengandung vitamin E yang tinggi yang dapat membantu melembapkan dan menutrisi kulit kering sehingga kulit akan tetap sehat dan tampak lebih kenyal.

2. Mengatasi Jerawat

Manfaat mugwort untuk merawat kecantikan kulit wajah yang kedua adalah membantu mengatasi jerawat. Tanaman mugwort memiliki sifat anti-bateri yang memungkinkan untuk melawan pertumbuhan bakteri pada kulit wajah yang menjadi salah satu penyebab kulit berjerawat.

3. Mencegah Tanda Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Manfaat mugwort untuk kecantikan yang ketiga adalah membantu mencegah tanda penuaan dini pada kulit wajah. Dilansir dari laman Herbbies mugwort dapat merangsang kulit untuk memproduksi lebih banyak kolagen sehingga dapat mengurangi munculnya kerutan atau garis halus pada kulit. Hal Ini membuat kulit terasa lebih halus dan lebih bercahaya.

4. Mengurangi Iritasi dan Kemerahan pada Kulit Wajah

Manfaat mugwort untuk kecantikan yang keempat adalah membantu mengurangi iritasi dan kemerahan pada kulit wajah. Dikutip dari laman Herbbies mugwort mengandung sifat anti-inflamasi yang membantu menenangkan kulit kering dan teriritasi secara efektif. Kandungan ini juga dapat membantu mengurangi kemerahan dan gatal pada kulit, itulah sebabnya mugwort juga baik untuk orang dengan kondisi kulit seperti eksim atau psoriasis

5. Memperbaiki Skin Barrier

Manfaat mugwort untuk kecantikan yang kelima adalah membantu memperbaiki skin barrier. Antioksidan yang terkandung dalam Mugwort dapat melindungi dan menjaga skin barrier. Selain itu kandungan antioksidan ini juga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan juga polusi.

Itulah lima manfaat mugwort untuk merawat kecantikan kulit wajah. Setelah mengetahui berbagai manfaat mugwort yang bagus untuk kulit, kamu tak perlu ragu lagi untuk menambahkan produk skincare yang mengandung mugwort ke dalam rangkaian produk skincaremu.

 

Penulis: Diah Ayu V.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading