Sukses

Beauty

Fimela Awards Makeup Artist of The Year: Clerence Victoria Sang Pioner dan Visioner di Balik Victoria Makeup Atelier  

Fimela.com, Jakarta Pioner dan visioner menjadi dua kata yang menggambarkan kiprah makeup artist Clerence Victoria, sosok di balik pemilik akun Instagram Victoria Makeup Atelier. Sejak tahun 2010, ia berkomitmen untuk mengembangkan diri di industri kecantikan dengan model bisnis segar serta memberdayakan banyak orang yang ingin berkarier sebagai penata rias.

Ia menjadi pioner membuat studio makeup di garasi rumah pada zamannya. Dan memasarkan bisnisnya lewat penjualan e-commerce bernama Disdus. Selain kecintaannya pada dunia makeup, Victoria menyadari jika ia memiliki passion untuk mengedukasi orang lain.

"Saat itu, aku juga mengedukasi orangtuaku bahwa menjadi MUA bukan hanya jadi orang 'salon' yang saat itu dipandang kurang baik oleh mereka. Aku keukeuh bikin studio makeup di garasi rumah jadi pioner untuk kelas rumahan dan terjual 600 tiket di Disdus mengalahkan studio makeup ternama di Indonesia," kenang Victoria. 

Sebelumnya, Victoria lebih dulu mengajar private self makeup dari rumah ke rumah sejak tahun 2010. Ia memperdalam skill yang dimiliki dengan mengambil pelatihan guru dan belajar makeup di Empire Academy of Makeup di California, Amerika.

"Aku benar-benar cinta mengedukasi people sekaligus mewujudkan mindset seorang perempuan yang berpikir masa depan, di mana aku akan berumah tangga dan punya anak. Lalu mencari pekerjaan yang fleksibel namun penghasilannya enggak kalah sama karier kantoran," sambung Victoria. 

Mentransfer Ilmu dengan Sepenuh Hati

Ia pun membuktikan konsistensinya sebagai tenaga pendidik lewat Victoria Makeup & Hairdo School yang mencetak banyak makeup artist populer Indonesia. Lewat brand Victoria Makeup Atelier, ia pun terus mengelola lini bisnisnya semakin luas lagi.

"Orang mungkin banyak yang tidak tahu Clerence Victoria, tapi tahunya Victoria Makeup Atelier. Karena aku berharap, delegasi bisa terjadi, dan usaha bisa berjalan, meski tanpa aku di masa yang akan datang," lanjut Victoria. 

Di sekolah yang didirikannya, Victoria mengajarkan dasar yang kuat tentang makeup sebagai pembekalan. Gaya mengajar Victoria, salah satunya terinspirasi dari guru besarnya Donna Mae yang mentransfer ilmu dan passion dengan sepenuh hati. 

"Meski secara tertulis kami menyebut angka pertemuan, namun jika murid belum menguasai materinya, kami akan ulang sampai dapat hasil yang menuru kami 'yes dia sudah bisa'. Buat yang belajar di VMA pasti tahu, terutama kelas sama aku," timpalnya.

Nominasi Makeup Artist of The Year

Victoria pun merasa bahagia saat ia dinominasikan sebagai salah seorang Makeup of The Year di Fimela Awards 2022. Ia merasa kiprahnya diapresiasi serta sosoknya bisa terus lebih banyak menginspirasi para perempuan untuk semakin memberdayakan diri.

Terutama bagi para perempuan yang sudah berumahtangga, di mana bisa mengambil peran untuk membantu ekonomi keluarga. Karena kehidupan seperti roda yang berputar, ia ingin perempuan membekali diri dengan keahlian yang bisa diciptakan, salah satunya dengan mengkomersialisasikan berdandan.

"Di saat sulit, kita para perempuan bisa berdiri bahkan bantu menopang keluarga dengan tujuan mulia. Saya ingin berkontribusi menciptakan generasi yg sehat mentalnya dengan memiliki penghasilan cukup dan punya waktu untuk keluarga," kata Victoria lagi.

Meski memiliki lingkaran pergaulan dengan figur publik, selebritas, dan sosialita, Victoria tetap bersemangat membawa visinya tersebut keliling Indonesia. Dari berbagi ilmu untuk ibu-ibu, anak jalanan, sampai pelestari di berbagai daerah dengan harapan ada dari mereka yang menyukai dan terpikir pindah profesi (jika itu merupakan passion-nya) untuk menjadikan hidup lebih baik.

"Aku juga ingin terus belajar dan membuka jaringan seluas-luasnya, tanpa pandang profesi dan latar belakang, karena aku ingin kenal dan ingin belajar dari mereka semua. Aku bersyukur untuk kesempatan yang Tuhan berikan bisa membangun relasi yang berdampak positif untuk mereka," tutup Victoria menyampaikan harapannya.

Yuk, dukung Clerence Victoria sebagai Makeup Artist of The Year pilihan Sahabat FIMELA, klik di sini, untuk berikan suaramu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading