Sukses

Beauty

Ketahui 5 Manfaat Esktrak Rumput Laut pada Produk Skincare Kamu

Fimela.com, Jakarta Sering kita jumpai berbagai produk kecantikan dengan mencantumkan ekstrak rumput laut di dalam komposisi pembuatannya. Tidak salah memang sebab rumput laut memiliki berbagai kandungan baik yang bermanfaat untuk kesehatan salah satunya kulit wajah. 

Ada banyak kegunaan dari ekstrak rumput laut ini, mulai dari melembapkan hingga mencerahkan semua bisa diperoleh dari ekstrak tanaman laut ini. Penasaran apa saja? Dikutip dari My Face Cosmetics, berikut ini adalah 5 kegunaan ekstrak rumput laut pada wajah.

Mencerahkan

Salah satu manfaat dari rumput laut yang tidak bisa diremehkan adalah kemampuannya untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam. Di antara banyak vitamin dan mineral yang terdapat pada rumput laut ada niasin, sejenis vitamin B3 yang berguna menghambat produksi melanin sehingga mencegah pembentukan bintik hitam atau hiperpigmentasi.

Melembapkan

Ekstrak rumput laut sangat baik dalam melembapkan dan menghidrasi kulit. Di dalamnya ditemukan, senyawa yang memainkan peran penting dalam kulit sehingga mampu menghidrasi dirinya sendiri. Mereka membantu kulit mengunci kelembapan jauh di dalam, kemudian memberikan hasil akhir kulit sehat, lembap, dan tidak kering.

Mengatasi Jerawat

Sifat anti-inflamasi pada rumput laut akan membantu dalam pencegahan dan pengobatan jerawat. Rumput laut memiliki sifat antimikroba yang kuat sehingga bisa mengatasi jerawat. Selain itu, beberapa jenis rumput laut dapat mengatur produksi minyak pada kulit. Hal ini berarti rumput laut mampu menekan produksi minyak berlebih di wajah yang secara tidak langsung akan meminimalisir pembentukan jerawat.

Mengurangi Tanda-Tanda Penuaan

Pada beberapa varietas rumput laut memiliki banyak kandungan asam amino, terutama glisin. Kulit menggunakan asam amino untuk memproduksi kolagen dan membuat kulit lebih kencang dan halus. Rumput laut juga mengandung antioksidan yang tinggi seperti vitamin C, vitamin A, flavonoid, dan karotenoid. Antioksidan ini berguna menetralkan radikal bebas dan melindungi sel-sel kulit dari kerusakan, dari garis-garis halus dan juga kerutan pada wajah.

Eksfoliasi dan Detoksifikasi Wajah

Seperti halnya rumput laut yang menjernihkan lautan, hal serupa bekerja pada kulit wajah. Kandungan dalam rumput laut  akan mendetoksifikasi wajah dengan mengeluarkan kotoran serta racun yang terkumpul di kulit. Sel-sel kulit menyerap mineral dalam rumput laut yang menyebabkan meningkatnya aktivitas tiroid. Dari aktivitas ini kemudian sel kulit akan mengeluarkan limbah dan racun di dalamnya dengan lebih cepat. Selain mendetoksifikasi kulit, rumput laut juga membantu mengangkat sel-sel kulit mati di permukaan kulit yang disebut dengan eksfoliasi. Dengan ini kulit wajah pun akan semakin bersih dan tampak lebih segar.

Kandungan dalam rumput laut sudah tidak diragukan lagi, apalagi manfaat yang diberikan. Jadi pantas membuatnya primadona pada setiap produk skin care. Kamu sekarang sudah tahu apa saja kegunaannya dan rutin pakai produk perawatanmu yang mengandung ekstrak rumput laut untuk mendapatkan khasiatnya. 

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading