Sukses

Beauty

Tips Menggunakan Sunscreen untuk Kulit Berminyak, Biar Makin Flawless dan Bebas Kilap

Fimela.com, Jakarta Ngobrolin soal rutinitas perawatan wajah dan makeup sehari-hari, sunscreen jadi salah satu produk wajib yang nggak boleh di-skip. Formulanya sangat penting untuk menjaga kulit dari efek radiasi sinar ultraviolet yang bisa menyebabkan wajah kusam, belang, hiperpigmentasi, bahkan kerutan halus yang menjadi tanda penuaan dini, lho.

Biarpun memiliki banyak manfaat, tapi masih ada nih sebagian perempuan yang enggan menggunakan produk tersebut. Terlebih bagi pemilik kulit berminyak. Kecemasan kalau sunscreen bisa membuat wajah semakin banjir minyak jadi alasan utama menghindari produk tabir surya tersebut.

Eits, tunggu dulu! Pemilik kulit berminyak tetap bisa menggunakan sunscreen dengan tenang tanpa perlu cemas wajah jadi makin mengilap kok. Perhatikan dulu beberapa tips berikut ini, Sahabat Fimela!

Pilih Jenis Sunscreen yang Tepat

Hal pertama yang wajib dilakukan supaya wajah berminyak nggak semakin mengilap saat menggunakan sunscreen adalah memilih produk yang tepat. Ada beberapa kriteria produk sunscreen untuk pemilik kulit berminyak nih. Mulai dari pilih tekstur produk gel yang watery sehingga mudah meresap ke dalam kulit. Selain itu, kamu juga bisa memilih produk sunscreen yang memiliki hasil akhir matte untuk mencegah efek kilap pada wajah.

Jangan lupa untuk memilih sunscreen dengan formula ringan dan non-comedogenic agar tidak menyumbat pori-pori. Soalnya, kondisi pori-pori yang tersumbat bisa menyebabkan wajah semakin banjir minyak.

Gunakan Pada Wajah yang Bersih

Rules paling penting yang perlu diperhatikan saat akan mengaplikasikan produk perawatan wajah apapun adalah gunakan pada wajah yang bersih. Hal ini penting untuk mencegah wajah terlihat semakin berminyak setelah penggunakan produk skincare tertentu.

Jadi, pastikan wajah bersih sebelum menggunakan sunscreen. Lakukan double cleansing, yang diawali dengan membersihkan wajah menggunakan micellar water atau facial cleanser lainnya dan cuci wajah menggunakan facial foam yang sesuai jenis kulit. Dengan wajah yang bersih, maka kamu juga meminimalisir tampilan yang mengilap.

Aplikasikan Sesuai Step Perawatan Wajah

Jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen sesuai dengan step perawatan wajah. Setelah mencuci wajah, aplikasikan toner, essence, serum, dan pelembap terlebih dulu. Dalam setiap stepnya, pastikan masing-masing produk skincare sudah meresap dengan baik sehingga manfaatnya bisa lebih mudah diserap kulit.

Meskipun memiliki wajah berminyak, pelembap jadi produk yang wajib digunakan untuk mencegah kulit kering yang malah memicu produksi minyak berlebih. Setelah semua produk bisa diaplikasikan dan meresap dengan baik, gunakan sunscreen dengan jumlah produk sesuai takaran yang disarankan yaitu 2 ruas jari.

Tunggu Sunscreen Meresap sebelum Mengaplikasikan Makeup

Setelah menggunakan sunscreen, langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan makeup. Tapi, pastikan produk sunscreen benar-benar meresap ke dalam kulit sebelum menggunakan berbagai produk kecantikan lainnya. Soalnya produk yang menumpuk di kulit bisa menyebabkan wajah semakin berminyak.

Dengan memperhatikan beberapa tips di atas, kini nggak perlu cemas lagi kalau menggunakan sunscreen. Kulit berminyak pun bisa menampilkan hasil yang diinginkan tanpa bikin wajah jadi makin mengilap!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading