Sukses

Beauty

How To: Cara Memakai dan Manfaat dari Lidah Buaya untuk Kecantikan Kulit Wajah

Fimela.com, Jakarta Lidah buaya merupakan salah satu obat herbal yang paling banyak digunakan, karena memiliki sifat antivirus dan anti-bakteri. Gel dari tanaman ini dikenal dapat menyembuhkan kulit dari berbagai penyakit ringan dan menawarkan banyak manfaat untuk kulit.

Beberapa dari kamu mungkin pernah memakai lidah buaya untuk untuk kulit terbakar, luka kecil, atau lecet kecil. Namun, pernahkah kalian menggunakan lidah buaya pada wajah? Ketika digunakan dengan benar, lidah buaya dapat membantu dengan berbagai penyakit yang mungkin mempengaruhi kulit kamu.

Dilansir dari apolloedoc.co.in dan healthy-skin-care.info, mengoleskan sedikit lidah buaya secara teratur ke wajah dapat membantu mengobati berbagai kondisi kulit, seperti membantu melembapkan kulit, menghaluskan garis-garis halus dan kerutan, hingga jerawat.

Cara memakai lidah buaya untuk wajah

Banyak orang memilih untuk membeli tanaman lidah buaya mereka sendiri daripada menggunakan produk yang dibuat secara komersial menggunakan gel. Ini memungkinkan pengguna untuk menerapkan zat alami pada area tersebut tanpa bahan tambahan. Beberapa langkah untuk mendapatkan gel dari tanaman lidah buaya

1.Potong dan bersihkan tanaman lidah buaya.

2. Cuci bersih lidah buaya menggunakan air dingin untuk memastikan bahwa tidak ada partikel atau kotoran lain yang ditemukan di manapun pada daun.

3. Potong duri dan kupas lidah buaya.

4. Gunakan sendok untuk mengambil gel lidah buaya dari dalam daun.

5. Aplikasikan gel lidah buaya langsung ke wajah.

6. Jika daun memiliki jumlah gel yang berlebihan, kamu dapat menyimpannya dalam wadah kedap udara.

Selalu lakukan tes tempel alergi sebelum mengoleskan lidah buaya ke wajah. Oleskan sedikit gel ke bagian dalam pergelangan tangan untuk memeriksa reaksinya. Tunggu 24 jam. Jika kulit mulai gatal, bengkak, atau berubah warna jangan oleskan lidah buaya ke wajah.

Manfaat lidah buaya untuk kulit

Lidah buaya kaya akan vitamin A, C, E, dan B12, dan memiliki sifat mendinginkan dan menenangkan. Merupakan bahan yang bagus untuk ditambahkan ke rutinitas perawatan kulit musim panas. Kamu juga bisa langsung mengoleskan gel lidah buaya pada kulit dan pijat dengan lembut. Manfaat yang bisa kamu dapatkan dari lidah buaya, antara lain:

1. Melembapkan kulit

Aloe Vera adalah pelembap alami dan memberikan nutrisi untuk kulit. Untuk orang dengan kulit kering dan terkelupas, lidah buaya adalah obat alami terbaik. Lidah buaya mengandung persentase air yang besar, yang menjadikannya sebagai bahan alami penghidrasi yang sangat baik untuk kulit kering dan tampak kusam

2. Perawatan kulit terbakar sinar matahari

Masalah yang sangat umum yang dihadapi oleh sebagian besar dari kita selama musim panas adalah kulit yang terbakar atau sunburn. Sunburn menyebabkan kemerahan dan sensasi gatal pada kulit dan lidah buaya memiliki sifat menenangkan yang bagus untuk mengatasi hal tersebut. Dikenal karena sifat penyembuhannya, lidah buaya membantu mengurangi peradangan dan memperbaiki kulit.

3. Memperlambat tanda penuaan

Orang yang menginginkan tampilan awet muda dan glowing wajib menggunakan lidah buaya pada wajahnya. Kandungan vitamin C, beta-karoten, dan E yang kaya dalam lidah buaya membantu mengurangi garis-garis halus, bintik-bintik penuaan, dan kerutan dengan meningkatkan aktivitas antioksidan dan memperbaiki aktivitas di sel-sel kulit. Dengan demikian, dapat mencegah penuaan dini pada kulit.

4. Melawan jerawat

Sifat antibakteri dan anti-inflamasi lidah buaya dapat menghilangkan bakteri penyebab jerawat, mengontrol infeksi, mengurangi peradangan dan kemerahan yang disebabkan oleh jerawat. Hal ini membantu dalam mencegah jerawat dan menghilangkan minyak berlebih dari kulit, memberi kamu kulit yang cukup lembap.

5. Mengurangi lingkaran hitam, bintik pigmentasi & bekas jerawat

Faktor-faktor seperti stres, paparan sinar matahari, infeksi kulit, penuaan, atau jerawat dapat meninggalkan berbagai bentuk bintik hitam pada kulit. Butuh waktu bagi kulit untuk memperbaiki dan mengganti sel-sel kulit di tempat yang rusak dan berpigmen tersebut. Lidah buaya bertindak sebagai suntikan booster untuk reproduksi sel di kulit.

 

*Penulis: Sri Widyastuti

#Women For Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading