Sukses

Beauty

7 Tips Memakai Lipstik Warna Gelap agar Tetap Cantik dan Tidak Berlebihan

Fimela.com, Jakarta Saat ini banyak sekali ditemui berbagai macam warna lipstik. Mulai dari warna merah, pink, peach, orange, nude, sampai warna-warna gelap seperti burgundy, cokelat, bahkan hitam. Untuk tampilan sehari-hari biasanya banyak perempuan yang memilih warna-warna ‘aman’ seperti pink, peach, orange, dan nude. Mereka beranggapan warna-warna ini cocok untuk tampilan sehari-hari dan membuat tampilan mereka tampak lebih natural.

Saat acara tertentu, terkadang banyak juga dari mereka yang tetap memakai warna lipstik yang ‘aman’ dan ragu memakai warna lipstik gelap karena takut terlihat berlebihan dan terkesan norak. Banyak juga yang beranggapan bahwa memakai lipstik gelap dapat membuat kesan wajah jadi lebih seram, judes, bahkan terlihat lebih tua. Padahal memakai warna lipstik gelap juga bisa membuat tampilan makeupmu lebih menawan. Memakai warna lipstik gelap dengan tepat dapat membuat kesan pada makeupmu lebih fierce, elegan dan seksi.

Kamu yang bosan memakai warna-warna ‘aman’ dan ingin mencoba memakai warna lipstik gelap untuk tampilan sehari-hari atau pada acara-acara tertentu, kamu bisa cek 7 tips dibawah ini agar tampilanmu tetap terlihat cantik dan tidak berlebihan.

1. Pilih warna lipstick yang tepat

Hal pertama yang harus kamu ketahui sebelum mengaplikasikan lipstick warna gelap adalah pilihlah warna lipstick yang tepat sesuai dengan undertone kulitmu. Untuk kamu yang memiliki undertone cool, carilah lipstik berwarna gelap yang memiliki warna dasar biru, sedangkan bagi kamu yang memiliki undertone warm sebaiknya pilihlah lipstik dengan undertone kuning atau coklat.

2. Eksfoliasi bibirmu sebelum menggunakan lipstik

Dilansir dari laman Bustle, lipstik dengan warna gelap akan lebih melekat pada bagian bibir yang kering dan mengelupas membuat warna lipstick terlihat tidak merata, sehingga eksfoliasi menjadi suatu keharusan. Eksfoliasi bibir dilakukan untuk menghilangkan kulit bibir yang kering dan mengelupas. Eksfoliasi bibir akan membuat bibirmu lebih halus dan membuat proses pengaplikasian lipstick menjadi lebih mudah dan warna yang dihasilkan akan terlihat lebih merata.

3. Gunakan lip balm sebelum menggunakan lipstik

Selain mengeksfoliasi bibirmu, kamu juga harus melembabkan bibirmu dengan menggunakan lipbalm sebelum mengaplikasikan lipstick warna gelap. Dilansir dari laman Bustle, lipstik gelap (terutama dalam formula matte) akan membuat bibirmu lebih kering daripada lipstick dengan warna yang lebih terang. Oleh karena itu pengaplikasian lipbalm akan sangat membantu agar bibirmu tidak kering dan pecah-pecah sehingga membuat tampilan lipstikmu terlihat lebih bagus.

4. Menggubakan lip liner

Ketika menggunakan lipstick gelap, kamu harus mengaplikasikannya serapi mungkin. Lipstik gelap yang keluar dari garis bibirmu akan sangat terlihat dan membuat tampilan lipstikmu terkesan berantakan. Untuk itu kamu bisa menggunakan lip liner dengan warna yang senada dengan warna lipstikmu untuk membuat garis tepi disekitar bibir agar hasil penggunaan lipstick menjadi lebih rapi.

5. Menggunakan kuas untuk bibir

Memakai lipstick berwarna gelap memang harus ekstra hati-hati karena jika tidak maka warna lipstick yang berantakkan akan terlihat lebih jelas. Untuk kamu yang belum terbiasa mengaplikasikan lipstick dengan warna gelap secara langsung, kamu bisa mengaplikasannya menggunakan kuas untuk bibir. Kuas untuk bibir akan membantumu agar warna lipstick yang diaplikasikan ke bibir terlihat lebih rapi dan warnanya lebih merata. Poleskan lipstikmu menggunakan kuas untuk bibir dari bagian pinggir sudut dan bagian terluar bibir, lalu isi bagian tengah dan ratakan yang masih kosong.

6. Menggunakan conceler untuk merapikan

Jika sudah menggunakan lip liner dan juga menggunakan kuas bibir tapi hasil lipstickmu masih kurang rapi, kamu bisa menggunakan concealer. Kamu bisa mengaplikasikan concealer tepat di luar garis bibir. Selain berguna untuk membuat tampilan lipstickmu terlihat lebih rapi, penggunaan concealer di luar garis bibir akan membuat kesan bentuk garis bibir yang terlihat lebih tajam.

7. Seimbangkan dengan riasan matamu

Jika kamu menginginkan penampilanmu tidak terlihat berlebihan maka saat menggunakan lipstick berwarna gelap kamu bisa merias tipis bagian matamu. Hindari riasan smokey eyes jika kamu tidak ingin penampilanmu terlihat berlebihan.

Nah itu dia beberapa tips buat kamu yang ingin memakai lipstick warna gelap agar tetap terlihat cantik dan tidak berlebihan. Mulai saat ini jangan ragu lagi jika kamu ingin menggunakan lipstick warna gelap ya sahabat Fimela.

 

Penulis: Diah Ayu V.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading