Sukses

Beauty

Tips Memilih dan Menggunakan Tabir Surya yang Aman untuk Kulit Anak

Fimela.com, Jakarta Tabir surya atau sunscreen adalah salah satu rangkaian perawatan kulit yang penting untuk semua orang, termasuk anak-anak. Ada banyak pilihan tabir surya berdasarkan jenis, bahan, dan kelebihan yang ditawarkan. Mungkin mudah untuk memilih tabir surya untuk kulit orang dewasa. Namun bagaimana dengan tabir surya untuk anak?

Kulit anak cenderung lebih tipis dan mengandung lebih sedikit melanosit. Melasonit sendiri adalah sel penghasil melanin yang berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UV. Melanosit yang rendah pada kulit anak menyebabkan anak butuh proteksi tambahan untuk melindungi kulit dari sinar UV. Maka dari itu memilih dan menggunakan tabir surya secara tepat penting untuk anak. Berikut tipsnya.

Memilih Tabir Surya untuk Anak

Anak tak perlu menggunakan tabir surya khusus untuk anak karena tabir surya yang digunakan orang dewasa boleh juga untuk digunakan anak. Hal yang perlu diperhatikan pada kandungannya adalah sebagai berikut.

  • Gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih
  • Pastikan tabir surya mengandung zinc oxide atau titanium dioxide yang aman untuk kulit sensitif
  • Pilih tabir surya yang mampu melindungi dari UVA dan UVB
  • Gunakan tabir surya yang tahan air
  • Jangan pilih tabir surya yang mengandung PABA karena dapat merangsang alergi pada kulit
  • Hindari bahan oxybenzone yang mungkin memiliki sifat hormonal

Tips Menggunakan Tabir Surya untuk Anak

1. Oleskan Setiap Hari

Tabir surya tidak hanya penting digunakan saat cuaca panas atau pergi ke pantai. Saat di dalam ruangan pun tabir surya harus tetap digunakan. Untuk hasil terbaik, oleskan 15 sampai 30 menit sebelum anak mulai beraktivitas di luar ruangan. Jangan lupa untuk mengaplikasikan pada telinga, tangan, kaki, bahu, dan bagian belakang leher. Aplikasikan kembali setiap 2 jam dan setelah anak berkeringat atau berenang.

2. Jangan Aplikasikan Tabir Surya pada Bayi di Bawah 6 Bulan

Tabir surya penting digunakan oleh anak saat sudah menginjak usia 6 bulan atau lebih. Namun bagi bayi dengan usia di bawah 6 bulan, lebih baik untuk menghindari paparan sinar matahari langsung.

3. Hindari Tabir Surya Semprot

Tabir surya semprot memang mudah digunakan dan hemat waktu. Namun penggunaan tabir surya semprot pada anak akan berbahaya. Anak berisiko menghirup bahan kimia berbahaya saat di semprot yang mungkin akan berdampak pada kesehatannya. Sebagai gantinya pilihlah tabir surya berbentuk lotion yang tahan air.

Penggunaan tabir surya penting dana man untuk anak. Hal ini dapat membantu pencegahan kanker kulit dan masalah kulit lainnya yang disebabkan terpaan sinar matahari langsung.

Penulis: Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading