9 Khasiat Skincare dengan Kandungan Temulawak dari Mengatasi Jerawat-Mengecilkan Pori-Pori

Novi Nadya28 Okt 2022, 10:30 WIB
Diperbarui 28 Okt 2022, 10:30 WIB
Temulawak

Fimela.com, Jakarta Temulawak merupakan jenis rempah yang dikenal untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, pada perkembangannya, ternyata juga memiliki khasiat untuk perawatan kulit wajah.

Kini temulawak jamak digunakan sebagai bahan dasar perawatan kulit, salah satunya The Face Temulawak yang diproduksi oleh PT. Cressindo Kusuma yang sudah mendapat izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan. Rangkaian produk skincare-nya sendiri terdiri dari tanamu oil, serum, toner, day and night cream, facial wash, facial foam, dan transparent soap.

Krim temulawak sendiri mengandung vitamin detoksifikasi yang berfungsi mengencerkan melanin pada kulit wajah sehingga membuat terlihat tampak lebih cerah. Serta mengandung vitamin E dan C yang berfungsi untuk anti-radikal bebas.

Berikut ini 9 khasiat temulawak untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah;

1.     Membantu Mengatasi Jerawat

Jerawat merupakan peradangan pada wajah yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Faktor pemicunya sangat beragam, mulai dari polusi, faktor hormonal, hingga kebiasaan kurang bersih dalam merawat wajah. Bagi sebagian orang,  munculnya jerawat sangat mengganggu karena selain menimbulkan rasa sakit juga merusak penampilan wajah.

Untuk mengatasi masalah jerawat di wajah ini Anda dapat menggunakan krim temulawak. Manfaat temulawak dipercaya memiliki efek anti inflamasi untuk mengurangi peradangan jerawat dan membuat jerawat lebih cepat hilang. Dapatkan manfaat temulawak untuk wajah Anda dengan melakukan perawatan wajah dengan menggunakannya sebagai masker.

2.     Melembutkan Kulit Wajah

Manfaat temulawak selanjutnya untuk kecantikan wajah ialah dapat menghaluskan wajah. Anda dapat menggunakan masker temulawak secara rutin untuk mendapatkan wajah yang mulus dan tidak kasar. Jika kulit wajah Anda menjadi halus, maka akan terlihat lembut dan juga akan membuat riasan yang digunakan terlihat lebih sempurna.

 

3.     Kulit Wajah Menjadi Lebih Cerah

Manfaat temulawak untuk kecantikan wajah selanjutnya adalah dapat mencerahkan kulit. Temulawak memiliki khasiat untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Penumpukan sel-sel kulit mati pada wajah merupakan salah satu penyebab kulit menjadi kusam dan gelap.

Untuk membuat kulit lebih cerah, Anda bisa melakukan eksfoliasi pada wajah secara rutin untuk mengangkat kulit mati. Temulawak ini bisa kamu manfaatkan sebagai bahan untuk eksfoliasi dan menikmati hasil kulit wajah yang cerah.

4.     Menyamarkan Bintik Hitam

Manfaat temulawak lainnya untuk kecantikan wajah ialah dapat menyamarkan flek hitam. Flek hitam pada wajah disebabkan oleh paparan sinar matahari dan radikal bebas, bekas jerawat, dan tanda-tanda penuaan dini.

Jika dibiarkan, noda hitam bisa tumbuh dan akan lebih sulit untuk ditutupi. Nah, agar flek hitam semakin parah, Anda bisa menudingnya menggunakan masker secara rutin. Salah satu masker yang bisa Anda gunakan adalah dari temulawak.

 

5.     Melembabkan Kulit

Manfaat temulawak untuk kecantikan wajah yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga kelembapan kulit wajah. Memiliki wajah yang lembab dan tidak kering merupakan salah satu kondisi wajah yang paling diinginkan banyak wanita.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan kulit wajah Anda menjadi kering, alis tidak lembab. Misalnya sering terkena sinar matahari dan debu yang membuat wajah kering. Untuk menjaga kondisi kulit wajah agar selalu lembab, kamu bisa menggunakan masker temulawak.

Cara membuat masker dari temulawak ini ialah dengan mencampurkan bubuk temulawak dengan minyak zaitun dan kuning telur. Campur ketiga bahan ini dan oleskan pada kulit secara teratur.

6.     Meremajakan Kulit Wajah

Jika tanda-tanda penuaan sudah muncul, tak perlu khawatir. Anda dapat meremajakan kulit Anda dengan berbagai perawatan. Salah satunya dengan menggunakan temulawak. Anda bisa menemukan manfaat temulawak untuk meremajakan kulit wajah Anda.

Manfaat temulawak untuk kecantikan wajah tidak hanya dapat mencegah gejala penuaan, tetapi juga dapat membantu meremajakan kulit. Perawatan dengan temulawak dapat memberikan nutrisi pada kulit wajah sehingga kulit menjadi lebih sehat. Kulit wajah yang sehat akan terlihat lebih segar sehingga Anda akan terlihat lebih muda.

 

7.     Kaya Antioksidan

Manfaat temulawak untuk kecantikan adalah dapat menjadi antioksidan alami. Sebagai antioksidan alami, temulawak dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah berbagai masalah kulit akibat radikal bebas yang mungkin menyerang Anda.

8.     Mengecilkan Pori-pori

Manfaat temulawak untuk kecantikan adalah dapat mengecilkan pori-pori. Memiliki pori-pori wajah yang besar memang menjadi masalah kecantikan yang serius bagi sebagian orang. Karena memiliki pori-pori wajah yang besar biasanya dapat menyebabkan fitur wajah.

Untuk mengecilkan pori-pori, Anda bisa mengandalkan manfaat temulawak untuk kecantikan dengan menggunakan masker temulawak secara rutin. Sifat astringen yang terkandung dalam temulawak berguna untuk mengurangi dan menghambat minyak berlebih terhadap wajah.

9.     Menghilangkan Bekas Luka

Manfaat temulawak untuk kecantikan adalah menghilangkan bekas luka. Wajah merupakan salah satu pusat penampilan yang sering diperhatikan oleh orang lain. Oleh karena itu, menjaga kecantikan dan kebersihan wajah merupakan hak yang perlu mendapat perhatian.

Namun, ada kalanya kulit wajah mengalami masalah, seperti bekas luka atau bekas jerawat. Untuk menghilangkan bekas luka, Anda bisa mengandalkan manfaat jahe untuk kecantikan dengan menggunakan masker jahe secara rutin. Kemudian secara bertahap bekas luka di wajah bisa tersamarkan.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela