Sukses

Beauty

8 Daftar Kesalahan Makeup yang Sering Dilakukan

Fimela.com, Jakarta Setiap orang memang memiliki caranya masing-masing untuk soal merias wajah. Ada begitu banyak beauty hacks yang bisa dicoba untuk membuat hasil makeup terlihat rapi dan menunjang penampilan seseorang.

Di antara rutinitas atau beauty hacks yang ada, tanpa disadari hal itu dilakukan sebagai sebuah kesalahan saat makeup. Mengutip dari Who What Wear, ada beberapa kesalahan yang dilihat para makeup artist namun masih sering dilakukan.

Terlepas dari cara maupun gaya seseorang dalam mengaplikasikan, berikut beberapa kesalahan makeup yang sering dilakukan.

 

1. Tidak skin prep

Penata rias Christine Cherbonnie mengatakan melewatkan skin prep sebelum mengaplikasikan foundation adalah hal yang tidak boleh dilakukan. Produk seperti skincare maupun primer akan membantu menahan makeup lebih tahan lama dan menciptakan lapisan penghalang antara kulit dan produk makeup yang digunakan. Tanpa itu semua, makeup akan lebih cepa meleleh di kulit dan produk bisa masuk ke dalam pori-pori yang bisa menimbulkan jerawat.

 

2. Mengaplikasikan foundation sebelum makeup mata

Banyak dari orang cenderung melakukan hal ini. Mereka menyempurnakan kompleksi baru kemudian memulai riasan mata. Menurut para makeup artist, ini akan membuang-buang waktu. Lebih baik, aplikasikan makeup mata sehingga setiap fall ou dari eyeshadow, maskara, dan liner yang berantakan bisa diperbaiki dengan mudah. Setelah selesai dengan makeup mata, baru aplikasikan foundation.

 

3. Tidak membasahi spons makeup

Tidak membasahi spons makeup menjadi kesalahan lain dari mengaplikasikan makeup. Spons yang basah menjadi kunci untuk aplikasikan riasan yang alami dan merata. Basahi spons sampai benar-benar basah kemudian peras air berlebih.

 

4. Terlalu banyak gunakan concealer

Mengaplikasikan terlalu banyak concealer dan memakainya terlalu tinggi di bawah mata. Ini akan menyebabkan concealer cakey dan lipatan di semua garis halus. Mengaplikasikannya dalam lapisan yang tipis akan membuatnya terlihat natural. Aplikasikan concealer hanya di area tertentu yang memerlukan coverage lebih banyak dan tap-tap produk

 

5. Menggunakan foundation dan concealer terang pada flek hitam

Kebanyakan orang berpikir menggunakan foundation atau concealer yang lebih terang akan mampu menutupi flek hitam. Padahal ini akan membuat tampilannya terlihat abu-abu. Lebih baik gunakan concealer dengan warna yang sama dan lapisi lebih tebal di area yang dibutuhkan.

 

6. Lip liner berlebihan

Mengaplikasikan lip liner akan membuat bibir lebih definitif dan tebal. Ketika diaplikasikan berlebihan, tentu akan menimbulkan tampilan yang tidak natural. Pastikan overdrawing lip liner pada area cupid dan di bawah tengah bibir, sisanya ikuti garis bibir asli. Berikan sentuhan concealer di tepi bibir untuk terlihat lebih alami.

 

7. Melupakan skincare di bagian bibir

Tidak banyak yang menyadari jika bibir butuh perawatan sebelum dipulas lipstik. Padahal skincare di bagian bibir cukup penting untuk menghilangkan sel kulit mati yang menumpuk serta melembapkan bibir. Ketika merawat bibir dengan tepat, kamu bahkan tidak memerlukan lipstik untuk mewarnai bibir. Cukup aplikasikan lip balm untuk melembapkan tampilan bibir yang sudah merona.

 

8. Tidak mengaplikasikan blush dan bronzer

Karena terburu-buru banyak orang yang melewatkan blush dan bronzer dalam rutiitas makeup. Padahal blush akan secara instan memberikan efek tampilan yang lebih muda. Apalagi jika menggunakan rona blush yang sesuai dengan skin tone.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading