Meskipun Pahit dan Banyak Tak Disukai, Ini 5 Manfaat Pare untuk Kulit serta Rambut yang Perlu Diketahui

Fimela Reporter27 Nov 2022, 12:45 WIB
Diperbarui 27 Nov 2022, 12:45 WIB
pare

Fimela.com, Jakarta Pare adalah salah satu jenis buah yang memiliki rasa pahit. Biasanya dijadikan masakan dengan ditumis dengan cara pengolahan tertentu agar mengurangi rasa pahitnya. Kadang juga ditemukan keripik terbuat dari pare. Meskipun demikian masih banyak yang tidak mau mengkonsumsi pare karena rasa pahit yang ditimbulkannya. 

Padahal di dalam pare terkandung banyak nutrisi baik yang bermanfaat untuk kesehatan. Bahkan pare juga dipercaya sebagai obat ampuh untuk diabetes. Selayaknya buah dan sayur lain yang pasti bermanfaat untuk tubuh, pare pun demikian. 

Untuk kesehatan kulit dan rambut nutrisi di dalam pare juga bisa turut mengambil peras. Dikutip dari situs BeautyEpic, berikut ini beberapa manfaat pare untuk kulit dan rambut.

Mengatasi Eksim dan Psoriasis

kulit-kezo
Ilustrasi eksim (Credit: shutterstock/Dragana Gordic)

Pare dapat bermanfaat untuk kulit iritasi atau mengalami peradangan seperti eksim dan psoriasis. Kondisi kulit yang lebih parah dari kulit kering ini tentu sangat mengganggu. Dikatakan pare dapat mengatasi kondisi kulit ini. Selain itu infeksi kulit lain akibat jamur seperti kurap juga dapat diatasi dengan pare. 

Mencegah Tanda Penuaan Dini

Melembapkan Kulit Wajah
Ilustrasi Kulit Wajah Bebas Tanda Penuaan (Credit: pexels.com/pixabay)

Kandungan vitamin C yang kaya pada pare bertindak sebagai antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kulit. Antioksidan ampuh menangkal radikal bebas penyebab kerusakan salah satunya pada penampilan kulit. Kerutan dan garis halus adalah salah satu efeknya. Namun tenang saja, pare dipercaya dapat mengatasi efek paparan radikal bebas tersebut sehingga memperlambat tanda-tanda penuaan.

Mengatasi Rambut Berminyak

Ilustrasi rambut berminyak
Ilustrasi rambut berminyak. (Credit: shutterstock.com)

Sebum berlebihan pada kulit kepala membuatnya sangat berminyak. Sangat penting untuk mengontrol produksi minyak pada kulit kepala sebelum menyebabkan permasalahan lain seperti infeksi. Kamu bisa memanfaatkan air perasan pare dan mencampurkannya dengan sedikit air cuka sebelum diaplikasikan ke rambut dan kulit kepala.

Mengurangi Rambut Rontok

Gambar Ilustrasi Wanita Mengalami Rambut Rontok
Ilustrasi rambut rontok (Credit: Freepik)

Rambut rontok merupakan mimpi buruk bagi perempuan. Pasti sangat menyebalkan melihat banyak rambut bertebaran dimana-mana. Oleh karena itu melakukan perawatan khusus rambut rontok dirasa perlu. Salah satu cara alami yang bisa Sahabat Fimela gunakan adalah pare. Letakkan pare yang sudah dihaluskan di atas rambut dan kulit kepala. Pijat perlahan agar nutrisinya meresap sampai ke akar dan menguatkannya. Tunggu selama 1 jam kemudian bersihkan dengan keramas.

Menghilangkan Ketombe

Ketombe
Ilustrasi Ketombe (Credit: Freepik)

Paparan polusi saat beraktivitas di luar menyebabkan banyak patogen atau benda asing di luar tubuh yang terperangkap ke rambut dan berakhir di kulit kepala. Jika tidak dibersihkan dengan benar maka akan menyebabkan ketombe dan berasa gatal. Kamu bisa atasi masalah ketombe ini dengan menghaluskan pare dan biji jintan lalu mengaplikasikannya ke rambut dan kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih 1-2 jam sebelum dibilas dengan sampo dan air bersih.

Pare mengandung beragam nutrisi baik yang bermanfaat untuk kulit dan rambut. Jadi tidak ada salahnya untuk kamu mencoba mengolah pare dalam masakanmu. Lebih baik lagi jika mengkonsumsi air rebusannya yang ditambah dengan gula untuk hasil yang lebih baik.

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela