Sukses

Beauty

10 Cara Menggunakan Makeup agar Tahan Lama

Fimela.com, Jakarta Makeup yang luntur menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi oleh kaum wanita. Kebanyakan dari wanita pasti kesal apabila makeup yang diaplikasikan ke wajah menjadi cepat luntur. Terlebih saat cuaca sedang panas, sehingga mengharuskan untuk touch up lagi agar hasil makeup jadi maksimal.

Dilansir dari theeverygirl.com penata rias Elaine Barnett mengungkapkan bahwa terdapat beberapa trik yang dapat dilakukan agar alas bedak, blush on, dan maskara tidak luntur. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mempersiapkan kulit sebelum mengoleskan berbagai produk makeup ke wajah.

Berikut 10 cara menggunakan makeup agar tahan lama yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Persiapkan Kulit

Langkah pertama yang dapat dilakukan oleh sahabat Fimela untuk menjaga makeup tetap tahan lama adalah mempersiapkan kulit dengan berbagai rangkaian skincare. Sahabat Fimela dapat menggunakan skincare sebelum mengaplikasikan produk makeup ke wajah. 

Rangkaian skincare yang dapat digunakan eksfoliasi untuk menghilangkan minyak, bakteri, dan sel kulit mati yang menumpuk di kulit. Kemudian, gunakan toner untuk menyeimbangkan pH kulit agar wajah terlihat lebih halus dan cerah. Setelah itu, sahabat Fimela dapat menggunakan moisturizer agar kulit tetap lembap. Selain itu, dengan menggunakan moisturizer juga dapat membuat kulit terlihat segar sepanjang hari.

2. Jangan Lewatkan Primer

Primer adalah langkah makeup pertama yang dapat membuat makeup sahabat Fimela tahan lama. Oleh sebab itu, gunakanlah primer di wajah untuk mengisi pori-pori dan garis halus. Kemudian, gunakan juga primer di area mata agar eyeshadow tahan lama.

3. Gunakan Kuas dan Spons Makeup Berkualitas

Spons atau kuas merupakan alat yang penting dalam dunia makeup, oleh karena itu sahabat Fimela harus menggunakan spons dan kuas yang berkualitas ketika mengaplikasikan bedak dan eyeshadow. Hal ini dapat membuat makeup terlihat rata dan tahan lama.

4.Gunakan Foundation Dulu, Concealer Nanti

Langkah keempat yang dapat dilakukan adalah dengan mengapliaksikan foundation terlebih dahulu, sebelum menggunakan concealer. Dengan mengaplikasikan foundation terlebih dahulu dapat membuat riasan menjadi rata dan dilapisi dengan concealer untuk membantu menyamarkan noda-noda di wajah.

5. Jangan Lupakan Bedak

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan menggunakan bedak, sahabat Fiemela dapat mencari bedak yang ringan. Kemudian untuk mengaplikasikannya jangan digosok, cobalah untuk “tap tap” agar bedak tampak berkilau sepanjang hari.

6. Beralih ke maskara dan eyeliner waterproof

Maskara dan eyeliner yang cepat luntur merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi oleh para wanita. Untuk itu, cobalah memilih maskara dan eyeliner yang tahan air atau waterproof agar makeup tetap on point.

7. Campurkan Primer dengan Liquid Lipstick Matte untuk Membuat Blush On Cream

Apabila sahabat Fimela merasa bahwa blush on cream cepat memudar ketika digunakan, cobalah untuk mencampurkan primer dan liquid lipstick matte untuk membuat blush on cream sendiri.

Cara pembuatannya cukup mudah dengan mencampurka sedikit lipstik cair dan primer dengan perbandingan yang sama untuk menciptakan warna yang sempurna. Gunakan lebih banyak primer untuk mengencerkan warna atau gunakan lebih banyak lipstik cair untuk membuat warnanya lebih menonjol.

8. Oleskan Lipstik dengan Cara yang Benar

Pada bagian bibir, sahabat Fimela dapat mengoleskan lipstik secara tipis apabila tidak menyukai jenis lipstik matte. Caranya adalah dengan oleskan lipstik pada bibir, kemudian bersihka dengan tisu, taburkan bedak tabur ssecara tipis, dan oleskan lipstik lagi. Lakukan cara ini berulangkali sampai sahabat Fimela mendapatkan warna yang diinginkan. 

9. Gunakan Bedak Transparan

Setelah menggunakan semua produk makeup cobalah untuk mengaplikasikan bedak tabur transparan yang ringan. Ini tidak hanya membuat riasan terlihat matte dengan menyerap minyak pada kulit, melainkan membuat riasan lebih tahan lama.

10. Selesaikan Makeup dengan Setting Spray

Setting spray merupakan sentuhan akhir makeup yang disukai oleh para wanita. Tidak hanya memberikan kesegaran, tetapi juga dapat mengunci riasan agar lebih tahan lama. 

 

Penulis: Angela Marici

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading