Sukses

Beauty

5 Manfaat Minyak Biji Anggur untuk Merawat Kecantikan Kulitmu

Fimela.com, Jakarta Selain minyak zaitun yang populer dengan segudang manfaatnya untuk merawat kecantikan kulit, minyak biji anggur juga memiliki beberapa manfaat untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit. Karena memiliki manfaat untuk merawat dan menjaga kecantikan kulit, banyak produk skincare yang mengandung minyak biji anggur.

Minyak biji anggur atau grapeseed oil adalah sebuah minyak yang ditekan dari biji anggur dan merupakan produk sampingan yang dihasilkan dari proses pembuatan minuman anggur. Setelah buah anggur diperas untuk mendapatkan sarinya, biji yang tersisa diekstrak minyaknya.

Minyak biji anggur memiliki kandungan sifat anti-inflamasi, antioksidan, antimikroba dan lemak sehat yang secara signifikan bermanfaat untuk merawat dan menjaga kecantikan kulit. Dengan kandungan tersebut banyak produk skincare yang memuat minyak biji anggur sebagai salah satu ingridientnya. Biasanya minyak biji anggur hadir dalam bentuk serum atau campuran krim dan produk perawatan kulit lainnya.

Lalu apa sajakah manfaat minyak biji anggur untuk kulit? Simak penjelasannya di bawah ini ya sahabat Fimela

1. Membantu Mengatasi Jerawat

Bagi kamu yang memiliki kulit berjerawat maka kamu bisa memanfaatkan minyak biji anggur untuk membantu mengatasi masalah kulit berjerawatmu. Dilansir dari laman Lifestyle Asia, minyak biji anggur memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang dapat membantu membersihkan kulit secara mendalam, mengatasi jerawat, mengurangi kemerahan dan peradangan. Selain itu, kandungan asam linoleat (asam lemak omega-6) dalam minyak biji anggur dapat membantu menyeimbangkan produksi sebum.

2. Mencegah Penuaan dini

Dilansir dari laman Prevention minyak biji anggur bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Minyak biji anggur mengandung polifenol yang dapat membantu melawan tanda- tanda penuaan dini. Polifenol telah dikenal tidak hanya memperlambat proses penuaan, tetapi juga dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan dini, seperti bitnik hitam, garis-garis halus, dan kerutan. Minyak biji anggur juga mengandung sifat astringen alami yang dapat membuat kulit tampak lebih kencang.

3. Menyamarkan Bekas Luka

Manfaat minyak biji anggur yang ketiga adalah minyak biji anggur dapat membantu menyamarkan bekas luka. Dilansir dari laman Byrdie, minyak biji anggur mengandung antioksidan yang kuat, mineral, vitamin, dan asam lemak yang bermanfaat untuk memudarkan bintik hitam dan meringankan bekas luka. Penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan tersebut dapat membantu mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi pembentukan bekas luka keloid.

4. Mencegah Kerusakan Kulit Akibat Radikal Bebas

Manfaat biji anggur selanjutnya adalah minyak biji anggur dapat digunakan untuk mencegah kerusakan kulit akibat paparan radikal bebas. Dilansir dari laman Byrdie, Minyak biji anggur mengandung senyawa beta-karoten, vitamin D, C, E, dan polifenol. Senyawa ini memiliki kemampuan antioksidan yang sangat baik menjadikan minyak biji anggur sumber manfaat antioksidan yang kuat, yang dapat menangkal radikal bebas dan memberi perlindungan pada kulit dari agresor lingkungan seperti radiasi UV atau polusi.

5. Meratakan Warna Kulit

Minyak biji anggur juga bermanfaat untuk meratakan warna kulit. Dilansir dari laman Healthline, minyak biji anggur mengandung bahan antioksidan yang kuat yang disebut proanthocyanidin. Antioksidan ini dapat membantu meratakan warna kulit jika digunakan secara konsisten. Minyak biji anggur juga diteliti dapat mengatasi melasma, suatu hiperpigmentasi kulit.

Itulah beberapa manfaat minyak biji anggur untuk menjaga dan merawat kecantikan kulitmu. Dengan membaca penjelasan diatas, apakah kamu sudah berniat menambahkan produk skincare yang mengandung minyak biji anggur ke dalam rangkaian perawatan kulitmu?

 

Penulis: Diah Ayu V.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading