Sukses

Beauty

Persiapan Menyambut Tahun 2023 Waktunya Wanita Berkarya dan Berusaha

Fimela.com, Jakarta Sebagai komitmen kepada komunitas Make Up Semipermanen Indonesia, PERTASPI akan rutin mengadakan webinar setiap bulannya. Kali ini, webinar kedua PERTASPI mengangkat tema “Waktunya Wanita Berkarya dan Berusaha, Persiapan Menyambut tahun 2023”.

Di tengah ketidakpastian situasi ekonomi yang kian meningkat, apalagi dengan prediksi akan adanya resesi ekonomi global di tahun 2023, peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bisa menjadi alternatif penyelamat. Salah satu pilihan yang sedang populer adalah bisnis sulam kecantikan. Kebutuhan akan profesional sulam alis, sulam bibir, dan sulam garis mata tidak pernah berkurang, hal ini dikarenakan permintaan pasar terhadap layanan ini terus meningkat mengikuti tren kecantikan yang berlangsung. 

Pada kesempatan ini, PERTASPI mengundang empat pembicara. Dr. Irene, dokter medis dan pengusaha (Yu Clothing Line dan Eating Habit) dan Dr. Sherryn, dokter medis lulusan dari Johns Hopkins University dan Peking University. Kedua pembicara ini fokus 

 

Berbagi tips sukses atasi kegagalan berbisnis

Membahas tentang pentingnya pemahaman Standart Operation Prosedure (SOP) dan higienitas bagi pengusaha kecantikan di bidang Make Up Semipermanen. Sedangkan Anggie Rassly, Ketua PERTASPI, pengusaha dan profesional Make Up Semipermanen dan Ibu Nur Asia Uno, pengusaha (Nur Corner) dan istri dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bapak Sandiaga Uno, lebih fokus membahas tips menjadi pengusaha sukses dan bagaimana mengatasi kegagalan dalam berbisnis. 

Menurut Dr. Irene, “Setiap pengusaha di bidang Make Up Semipermanen sudah selayaknya paham bagaimana SOP dan tingkat higienitas yang dibutuhkan. Ruang kerja yang bersih, alat-alat yang digunakan steril, pakaian pelindung yang lengkap (masker dan sarung tangan), dan pembuangan limbah medis yang benar, sudah harus menjadi hal standar yang diterapkan jika ingin berbisnis di bidang ini.”

“Para profesionalnya diharapkan juga sudah memiliki pengetahuan dasar terhadap jenis kulit, kondisi kulit, alat-alat yang digunakan, dan kondisi customer sebelum memberikan jasa layanan sulam kecantikan. Apakah kulitnya mudah alergi, kulitnya habis peeling, kulit nya berjerawat, apakah sedang hamil, atau sedang mengkonsumsi obat tertentu, perlu di cek terlebih dahulu sebelum pengerjaan. Selanjutnya, faktor yang tidak kalah penting lainnya adalah pemahaman terhadap berbagai jenis tinta yang akan digunakan dan kesadaran diri untuk selalu menggunakan alat-alat kerja yang sudah bersertifikat FDA Approved (Food & Drugs Administration).”  tambah Dr. Sherryn. 

Dr. Irene menekankan, “Dengan protecting yourself and respect your customer melalui konsistensi higienitas ini, maka para profesional Make Up Semipermanen akan sanggup bertahan dan semakin sukses di bisnis ini.”

 

Penting untuk mendapat kepercayaan konsumen

Anggie Rassly, sebagai salah satu pengusaha sulam kecantikan di Indonesia, berpendapat, “Langkah awal untuk sukses di bidang ini adalah bagaimana mendapatkan kepercayaan customer. Apabila kita mampu melihat peluang, menjaga kualitas layanan, rajin menambah ilmu melalui pelatihan, dan terus berkembang sesuai permintaan pasar , maka hasil sulamnya akan lebih bagus dan banyak diminati customer. Selanjutnya, customer akan datang lagi dengan sendirinya. Di sisi lain, jangan pernah takut gagal dalam berbisnis.  Selalu memberi ruang untuk salah, tidak takut memulai lagi, tetap fokus, dan do it with passion adalah cara jitu dalam menghadapi kegagalan.” 

Ibu Nur Asia Uno juga berbagi tipsnya sebagai pengusaha UKM yang sukses, “Kemampuan beradaptasi untuk melihat peluang bisnis mana yang menjanjikan, kemampuan berinovasi terhadap jasa yang kita jual, dan mau belajar terus untuk menjaga kualitas adalah hal-hal penting untuk memulai sebuah usaha. Selain itu, sebagai istri, tidak lupa untuk melibatkan peran suami dalam memberikan masukan agar bisnis kita direstui dan lancar. Saya juga menerapkan filosofi bisnis dari Bapak Sandiaga Uno dalam menjalankan bisnis sehari-hari. Yaitu bahwa sebagai pengusaha, kita harus selalu kerja keras menjemput bola, kerja cerdas memilih prioritas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas. Maka hasilnya pasti akan lebih positif.”

“Setiap bisnis pasti pernah mengalami kegagalan. Punya usaha itu selalu ada suka dan dukanya. Jangan putus asa kalau gagal, selalu mencoba membaca peluang lain, mengasah terus kemampuan menganalisa pasar, mencari ide untuk berkolaborasi, dan meningkatkan skill dengan mengikuti seminar atau pelatihan.” lanjut Ibu Nur Asia Uno. 

“Kekuatan women through women dengan mengajak para ibu untuk berbisnis makanan adalah salah satu ide yang menjadikan Nur Corner sukses sampai sekarang. Oleh karena itu, kita harus tetap semangat, jangan pernah lelah, harus berani bermimpi setinggi-tingginya, dan tetap optimis menjalankan bisnis kita.” tutur ibu Nur Asia Uno sebagai penutup kata mengakhiri webinar ini. 

PERTASPI sebagai wadah pelindung, mengajak para calon atau yang sudah menjadi profesional Make Up Semipermanen untuk berbagi knowlegde dan experience demi mengembangkan industri sulam kecantikan di Indonesia. Diharapkan, para pengusaha di bidang ini bersama PERTASPI dapat meraih impian dan kesuksesan. Inilah semangat optimis menyambut tahun 2023. 

Untuk bergabung menjadi anggota PERTASPI tidak dipungut biaya apa pun. Sahabat PERTASPI bisa follow akun Instagram @pertaspi untuk tahu lebih lanjut tentang dunia Make Up Semipermanen.

 

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading