9 Makanan Mengandung Zinc yang Baik untuk Kesehatan Kulit

Fimela Reporter04 Des 2022, 21:00 WIB
Diperbarui 04 Des 2022, 21:00 WIB
Kulit Sehat

Fimela.com, Jakarta Zinc merupakan salah satu dari sekian banyak nutrisi penting yang diperlukan tubuh. Hal ini dikarenakan zinc mengandung antioksidan yang mampu melindungi sistem kekebalan tubuh dengan melawan radikal bebas yang ada pada tubuh. Selain itu, zinc juga memiliki manfaat untuk menunda proses penuaan kulit. Banyak orang yang tidak sadar bahwa zinc tidak hanya mengandung nutrisi baik, tetapi juga memiliki fungsi yang efektif dalam meningkatkan kesehatan kulit.

Antioksidan yang terdapat dalam zinc mampu membantu melawan virus dan bakteria, sehingga dapat membuat kulit terlihat lebih mudah dan glowy. Zinc juga mengandung antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan iritasi pada kulit yang biasa dikaitkan dengan jerawat. Mengutip dari timesofindia.com, mengonsumsi kandungan zinc secara teratur dan terbatas dapat membantu mencegah timbulnya jerawat, kusam, kering pada kulit.

Selain dapat dikonsumsi melalui suplemen yang ada di pasaran, zinc juga dapat ditemukan pada makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari loh. Merangkum dari berbagai sumber, berikut merupakan makanan mengandung zinc yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan kulit:

1. Pumpkin Seed

Pumpkin Seed
Ini daftar makanan mengandung zinc yang memiliki manfaat baik untuk kulit. (pexels.com/Damian Sochacki)

Melansir dari bebeautiful.in, satu sendok makan pumpkin seed (biji labu) mengandung 2,2mg zinc, atau sekitar 28% dari konsumsi zinc yang dianjurkan pada perempuan dewasa. Selain itu, di dalam satu sendok biji labu juga mengandung 8,5 gram protein yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan juga rambut. Mengonsumsi pumpkin seed dapat dilakukan dengan memakannya secara langsung atau menambahkannya pada smoothies ataupun salad buah.

2. Oat

Siapa yang tidak tau oat? Makanan yang satu ini kerap dijadikan pilihan untuk menggantikan konsumsi nasi bagi orang yang sedang menjalankan diet. Selain cara penyajiannya yang simpel dan tidak repot, ternyata oat juga mengandung banyak manfaat bagi kulit loh. Setengah gelas oat mengandung 1,3mg zinc atau sekitar 16% dari kebutuhan konsumsi zinc bagi perempuan. Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk menambahkan oat ke dalam menu diet sehari-hari.

 

3. Kepiting

Selain memiliki rasa lezat dan juicy, makanan laut yang satu ini juga mengandung zinc yang baik untuk kulit. Satu porsi kepiting diketahui mengandung 7 mg zinc atau sekitar 88% dari kebutuhan zinc sehari-hari. Meskipun jumlah kandungan zinc pada kepiting tergantung pada jenis kepiting yang dimakan, kepiting merupakan salah satu makanan sumber zinc yang tidak boleh dilewatkan. Apalagi bagi para non-vegetarian yang menyukai seafood.

4. Red Meat

Red Meat
Ini daftar makanan mengandung zinc yang memiliki manfaat baik untuk kulit. (pexels.com/Mali Maeder)

Mengutip dari timesofindia.com, red meat (daging merah) merupakan salah satu makanan yang diketahui menjadi sumber zinc terbaik. Selain itu, red meat juga dapat dibeli dimana pun. Bagi non-vegetarian, mengonsumsi daging merah seperti daging sapi, daging babi, ataupun daging kambing dapat membuat tubuh mendapatkan jumlah nutirsi yang dibutuhkan.

5. Kacang Mete

Kacang mete merupakan makanan sumber zinc yang baik. Mengonsumsi kacang mete dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Selain itu, kacang mete juga mengandung magnesium, zat besi, dan lemak baik yang tentunya akan membuat kulit menjadi lebih sehat.

 

6. Oyster

Oyster atau tiram merupakan salah satu makanan yang paling banyak mengandung zinc. Melansir dari bebeautiful.in, mengonsumsi satu tiram dapat memenuhi sekitar 50% kebutuhan zinc bagi tubuh. Selain itu, tiram juga mengandung vitamin B12 yang dapat memberikan manfaat baik bagi kulit dan rambut.

 

7. Greek Yogurt

Greek Yogurt
Ini daftar makanan mengandung zinc yang memiliki manfaat baik untuk kulit. (pexels.com/Cats Coming)

Selain terkenal dengan kandungan probiotiknya, Greek yogurt juga merupakan makanan yang kaya akan zinc. Mengonsumsi satu mangkuk kecil plain Greek yogurt setiap hari dapat memenuhi kebutuhan zinc yang diperlukan tubuh. Pastikan mengonsumsi Greek yogurt setelah makan untuk membantu proses pencernaan dan meningkatkan lapisan probiotik pada usus.

 

8. Jamur

Jika menginginkan makanan rendah kalori yang kaya akan kandungan zinc, jamur (khususnya jamur shiitake) bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi, terutama bagi orang yang sedang dalam proses menurunkan berat badan. Satu unit jamur shiitake mampu memenuhi 3% kebutuhan zinc sehari-hari. Jamur tentunya dapat menjadi pilihan bagi siapa saja yang ingin memiliki kulit sehat dan juga menurunkan berat badan.

9. Chickpea (Kacang Arab)

Selain kaya akan zinc, kacang arab juga mengandung banyak mineral. Satu gelas kacang arab rebus dapat memenuhi 30% kebutuhan zinc setiap harinya. Kacang arab juga mengandung serat vegetarian dan protein yang mampu memberikan manfaat baik bagi tubuh seperti menjaga tekanan gula darah dan energi, serta kesehatan kulit.

 

 

 

Penulis: Frida Anggi Pratasya

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela