Sukses

Beauty

9 Alasan Kulit Kepala Terasa Sangat Gatal

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu merasakan kulit kepala yang terasa sangat gatal? Kulit kepala bersisik, gatal, dan meradang pasti terasa sangat mengganggu dan kebanyakan orang akan langsung berpikiran tentang ketombe, bahkan kutu rambut.

Jika kamu pernah merasa kulit kepala semakin gatal di malam hari, kemungkinan besar itu adalah hasil dari perubahan fisiologis pada kulit. Yang bisa kamu lakukan adalah menenangkan kulit dan merawat rambut dengan lebih baik.

Selain itu, tahan keinginan untuk menggaruk, karena kulit kepala sebenarnya adalah perpanjangan dari kulit di dahi. Dilansir dari glamourmagazine.co.uk, berikut ini adalah beberapa alasan kulit kepala terasa sangat gatal.

1. Ketombe

Ketombe adalah salah satu alasan paling umum mengapa orang memiliki kulit kepala yang gatal. Ketombe tidak disebabkan oleh kulit kering, jadi pilihlah produk sampo yang mengandung seng untuk membantu meredakan gatal dan ekstrak calendula untuk menyejukkan dan menenangkan kulit kepala. Dan jangan tidur dengan rambut basah untuk mencegah jamur dan iritasi kulit kepala.

2. Psoriasis atau eksim

Ini adalah kondisi peradangan kulit yang bisa muncul di kulit kepala. Ini tidak menular dan tidak bisa menyebar dari orang ke orang. Kedua kondisi ini bisa menyebabkan bercak merah, bersisik, dan gatal di kulit kepala, tapi seperti ketombe, kondisi ini bisa diobati untuk mengurangi gejalanya.

3. Kulit kepala kering

Kondisi cuaca yang keras bisa menghilangkan minyak alami kulit kepala, jadi pastikan kamu menggunakan produk pelembap rambut, terutama kondisioner dan masker rambut yang menghidrasi. Kurangi juga penggunaan suhu alat penata rambut, karena ini juga bisa mengeringkan kulit kepala.

 

 

4. Reaksi alergi

Wewangian seringkali merupakan alergen, tapi pola makan juga bisa jadi faktornya. Makanan serupa yang memengaruhi kulit wajah juga akan memengaruhi kulit kepala.

5. Kutu rambut

Kunci mengobati kutu rambut adalah dengan produk yang bisa membantu menghilangkannya.

6. Dermatitis atopik

Kulit yang tampak merah dan gatal bisa jadi dermatitis atopik, kondisi kulit yang juga biasanya menyerang siku dan punggung lutut. Ini biasanya genetik, tapi ada baiknya menghindari produk rambut beraroma, yang bisa memperburuk gejala dan berinvestasi pada produk kondisioner atau masker rambut yang sangat menghidrasi.

7. Kurap kulit kepala

Kurap biasanya muncul sebagai tambalan bulat dengan batasan terangkat dan disebabkan oleh infeksi jamur menular.

8. Penumpukan produk

Banyak produk mengandung alergen dan iritan dan semakin lama dibiarkan di kulit kepala, semakin besar kemungkinannya menyebabkan peradangan. Penumpukan produk juga bisa mengganggu tingkat kerontokan alami rambut.

9. Dermatitis seboroik

Tanda-tanda dermatitis seboroik adalah kulit berminyak yang ditutupi dengan sisik putih atau kuning dan ketombe membandel. Ini biasanya memengaruhi area tubuh yang berminyak dan merupakan kondisi kulit umum yang terutama memengaruhi kulit kepala.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading