Kemendag: RI Mau Ekspor Kosmetik ke AS hingga Arab, Brand ini Siap Unjuk Gigi

Nabila Mecadinisa23 Nov 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 23 Nov 2022, 08:00 WIB
Rasa Cinta

Fimela.com, Jakarta Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) baru-baru ini menandatangai kesepakatan dalam MoU dengan mitra-mitra dagang produk kosmetik dari Amerika Serikat, Jepang, Australia dan juga Arab dengan total nilai kesepakatan sebesar US$ 400 atau sekitar Rp 6,2 miliar. Zulhas menandatangani kontrak tersebut pada Sabtu (22/10) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang. 

Beberapa tahun belakangan nilai ekspor produk kosmetik lokal Indonesia terbilang mengalami peningkatan. Pada 2021, Indonesia mengekspor produk kosmetik ke berbagai negara dengan nilai lebih dari US$ 139 juta. Tahun 2022 hingga Agustus 2022, tercatat menunjukkan peningkatan sebesar 12,69% dibandingkan tahun sebelumnya. Potensi ini dilihat sebagai momentum untuk mengenalkan berbagai brand kosmetik lokal Indonesia kepada dunia. Salah satunya yakni brand Rasa Cinta. Rasa Cinta adalah brand pendatang baru dalam dunia perkosmetikan Indonesia yang siap menantang brand-brand besar seperti MS Glow, Scarlett, ataupun Somethinc. 

Persaingan bisnis kosmetik lokal di Indonesia sendiri cukup ketat, terbukti dari banyaknya iklan baik secara digital maupun fisik yang mempromosikan produk-produk kecantikan. Selain itu, pangsa pasar yang sangat besar di Indonesia juga menjadi salah satu faktor mengapa pebisnis mau terjun ke dalam dunia kosmetik. 

Dukungan pemerintah Indonesia

Rasa Cinta
Rasa Cinta, merek kecantikan lokal yang siap pamerkan keunggulan produk kecantikan dalam negeri.

Dukungan dari pemerintah Indonesia mengalir terutama melalui Kementrian Perdagangan yang mendukung para pebisnis-pebisnis di bidang kecantikan dan kosmetik untuk mengenalkan produknya bukan hanya di pasar lokal melainkan juga internasional. Pemerintah juga membuka ruang sebesar-besarnya kepada para pebisnis kosmetik untuk melebarkan sayap ke berbagai daerah di Indonesia untuk mengenalkan produknya. 

Sendi Siswanto, selaku brand owner dari brand Rasa Cinta optimis untuk bisa bersaing dengan brand-brand besar kosmetik di Indonesia bahkan dunia. Sendi mengatakan bahwa Rasa Cinta muncul bukan hanya bermodalkan kosong belaka, pengusaha kosmetik kawakan ini juga yakin bahwa Rasa Cinta akan bisa menggebrak pasar Indonesia karena berbagai persiapan telah rampung dilakukan. 

Menandatangani MoU

Rasa Cinta
Rasa Cinta, merek kecantikan lokal yang siap pamerkan keunggulan produk kecantikan dalam negeri.

Mendag Zulhas menekankan kembali terkait dukungannya terhadap industri dan bisnis di bidang kosmetik, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) baru-baru ini menandatangai kesepakatan dalam MoU dengan mitra-mitra dagang produk kosmetik dari Amerika Serikat, Jepang, Australia dan juga Arab dengan total nilai kesepakatan sebesar US$ 400 atau sekitar Rp 6,2 miliar.

Zulhas menandatangani kontrak tersebut pada Sabtu (22/10) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang. "Nilai ekspor kosmetik Indonesia diharapkan dapat terus ditingkatkan melalui berbagai kebijaka. Pemerintah Indonesia juga mendorong pelaku usaha Indonesia untuk dapat menjadi bagian dari rantai pasok global. Harapan ini sekaligus didukung dengan pemulihan ekonomi di berbagai negara tujuan ekspor pascapandem tentunya." Ungkap Zulhas (22/10). Indonesia optimis menatap persaingan bisnis kosmetik dan kecantikan dan tentunya siap bersaing dengan brand-brand internasional. 

 

 

 

 

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela