Sukses

Beauty

Sayangi Rambut, Sudahkah Memperhatikan Kebersihan Sisir yang Digunakan?

Fimela.com, Jakarta Jadi salah satu beauty tools yang penting untuk menata rambut, kehadiran sisir memang nggak bisa dianggap remeh. Benda yang satu ini sangat diperlukan untuk merapikan dan styling rambut. Nggak heran kalau sebagian perempuan nggak pernah terlewat membawa sisir dalam aktivitas sehari-hari di luar rumah.

Tapi, sudahkah kamu memperhatikan kebersihan sisir yang selama ini digunakan? Sayangi rambut dengan menjaga kebersihan sisir mulai sekarang, yuk!

Apa Sih Pentingnya Membersihkan Sisir yang Dipakai?

Sebagai styling tools yang digunakan untuk menata rambut, sisir juga bisa dengan mudah kotor. Selain paparan debu dan kotoran yang menempel saat beraktivitas di luar rumah, ada juga minyak alami, sisa produk styling seperti hair spray atau hair vitamin, hingga sel kulit mati yang bisa menempel dan membuat sisir kotor.

Menyisir rambut dengan sisir yang kotor bisa mempengaruhi kebersihan dan kesehatan kulit kepala. Misalnya saja munculnya rambut berketombe, hingga masalah kulit kepala lainnya. Jadi, penting untuk mulai membiasakan diri membersihkan sisir secara teratur.

Beda Jenis Sisir, Beda Juga Durasi Membersihkannya

Coba diingat-ingat kembali, seberapa sering kamu membersihkan sisir sendiri? Menjaga kebersihan sisir sama pentingnya seperti menjaga kebersihan kuas makeup. Jadi, jangan pernah malas membersihkan sisir sendiri demi kesehatan rambut yang selalu terjaga ya!

Ada beberapa aturan yang harus dipahami, yaitu bersihkan sisir yang digunakan untuk styling dengan teknik deep cleaning minimal seminggu sekali. Sementara itu, sisir detangling sebaiknya dibersihkan secara menyeluruh setiap 2x dalam seminggu. Jika kamu sering menggunakan sisir sasak, sebaiknya lebih sering lagi dibersihkan karena bentuknya yang lebih rapat membuatnya lebih mudah menyimpan debu dan kotoran.

Step by Step Membersihkan Sisir dengan Langkah Tepat

Membersihkan sisir nggak boleh dilakukan dengan sembarangan. Ada beberapa langkah yang bisa diperhatikan untuk memberikan hasil yang maksimal. Mulailah dari membersihkan sela-sela sisir yang digunakan dengan menggunakan bantuan cotton bud. Ini bisa membantu membersihkan sela-sela sisir yang susah dijangkau dengan jari.

Dengan bantuan cotton bud, tarik helaian rambut yang sering membelit dan nyangkut di bagian gigi sisir. Lakukan cara ini hingga sisir benar-benar bersih dari rambut rontok yang menempel. Jika sisir sudah bersih dari rambut, rendam di mangkuk selama 10-15 menit untuk membersihkan sisir dari kotoran dan minyak yang menempel. Terakhir, gunakan shampoo sebagai bahan aktif untuk membersihkan sisir dengan efektif.

Sisir yang terjaga kebersihannya dapat mendukung kesehatan kulit kepala dan rambut. Jadi, pastikan kamu nggak malas membersihkan sisir sendiri ya, Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading