Sukses

Beauty

Punya Kulit Sensitif, Ini Tips yang Perlu Diterapkan Sebelum Menggunakan Makeup

Fimela.com, Jakarta Punya kulit sensitif memang selalu menghadirkan tantangan tersendiri. Selain harus memperhatikan produk perawatan kulit yang digunakan, dalam bermain dengan makeup juga nggak bisa dilakukan dengan sembarangan. Salah pemilihan produk atau kandungan yang kurang sesuai saja bisa langsung membuat kulit jadi kemerahan hingga breakout.

Nah, supaya tetap nyaman saat berekspresi dengan makeup yang menunjang aktivitas sehari-hari, ini lho beberapa hal yang perlu dilakukan agar hasilnya maksimal.

Skin Patch Test Sebelum Menggunakan Produk Tertentu

Kulit sensitif biasanya mudah bereaksi dengan kandungan bahan tertentu yang ada dalam skincare atau makeup. Jadi, ada baiknya sebelum menggunakan sebuah produk terutama yang belum pernah dipakai sebelumnya, wajib melakukan skin patch test terlebih dulu.

Ada beberapa tahapan patch test yang bisa dilakukan untuk memastikan kandungan produk aman digunakan. Pertama, test di bagian telinga untuk mengetahui reaksi alergi. Sementara itu, patch test di area kulit sensitif diperlukan untuk mengetahui reaksi iritasi. Terakhir adalah patch test di bagian kulit yang paling sering mengalami break out untuk mengetahui level breakout atau komedo.

Skin Preparation is A Must

Punya kulit sensitif, artinya harus siap dengan risiko iritasi yang cukup tinggi. Jadi, penting untuk selalu memastikan kulit dalam kondisi yang prima sebelum mengaplikasikan produk apapun, termasuk makeup.

Lakukan berbagai tahapan persiapan kulit dengan skincare yang cocok dengan kondisi kulitmu sendiri. Selain aktivitas daily beauty routine, jangan lewatkan juga eksfoliasi yang berperan untuk mengangkat sel kulit yang sudah mati supaya penyerapan skincare bia lebih optimal. Jangan lupa pilih produk eksfoliator lembut untuk mencegah iritasi pada wajah.

Pilih Makeup dengan Formula yang Tepat

Langkah selanjutnya yang nggak kalah penting adalah memilih makeup yang tepat. Pemilik kulit sensitif wajib cermat dalam memilih formula yang terkandung dalam produk yang digunakan. Beberapa produk dengan tekstur bubuk seperti bedak secara umum bisa membuat kulit terasa kering. Hal ini tentu saja mempengaruhi kondisi kulit sensitif yang bisa menyebabkan iritasi.

Jadi, cobalah untuk memilih produk makeup dengan tekstur creamy atau cair seperti creamy blush, liquid foundation, dan masih banyak lagi. Maksimalkan dengan hasil sentuhan akhir seperti setting spray yang memiliki formula hidrasi.

 

Jaga Kebersihan Peralatan Makeup yang Digunakan

Mengingat kondisi kulit sensitif yang sangat mudah iritasi, tandanya kamu harus memberikan perhatian secara ekstra. Bukan hanya memilih produk yang tepat. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan peralatan makeup yang digunakan, seperti brush dan aplikator.

Cuci brush dan aplikator secara berkala untuk mencegahnya menjadi tempat perkembangan bakteri dan kuman yang membandel. Selain itu, perhatikan juga kebersihan produk yang dipakai. Stop menggunakan produk yang sudah mengalami perubahan warna, tekstur, dan aroma. Jangan lupa simpan produk makeup kamu di tempat sejuk yang tidak terpapar sinar matahari langsung.

Beberapa tips di atas bisa jadi panduan sebelum berekspresi dengan makeup bagi para pemilik kulit sensitif. Buruan coba yuk!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading