Sukses

Beauty

Penyebab Bibir Terasa Tebal dan Kering yang Kamu Alami

Fimela.com, Jakarta Bibir yang kering selain menimbulkan rasa tak nyaman ketika berbicara atau makan juga bisa terasa perih. Apalagi jika kulit di bibir sampai mengelupas. Jika untuk bicara sudah kesulitan, maka bibir yang kering jadi sangat mengganggu aktivitasmu sehari-hari.

Bibir yang kering biasanya terjadi karena kadar kelembapan di dalamnya belum terpenuhi. Biasanya hal ini terjadi karena kurang minum atau karena cuaca sedang kering dan panas. Namun bisa juga terjadi karena hal lainnya.

Apa saja penyebab bibir terasa tebal dan kering? Yuk ketahui penyebabnya berikut ini agar kamu bisa menghindarinya dan tidak mengalami bibir yang kekeringan.

Penyebab Bibir Terasa Tebal dan Kering

1. Sering menjiat bibir

Banyak yang beranggapan kalau bibir yang kering bisa diatasi dengan menjilat bibir. Hal ini memang bisa membuat bibir menjadi lembap, namun hal tersebut hanya bertahan sebentar saja.

Ketika terkena kontak dengan udara luar, air liur akan menguap dengan cepat dan membuat bibir kembali kering serta mengelupas. Kalau bibir kembali kering dan kamu membasahinya lagi dengan air liur lagi, maka yang terjadi adalah bibir akan semakin kering.

2. Menggigit bibir

Kebiasaan menggigit bibir juga bisa jadi penyebab bibir terasa tebal dan kering. Menggigit bibir meskipun tidak benar-benar menggigit sungguhan bisa membuat kulit bibir mengelupas dan kering. Jika kulit bibir sudah mengelupas, maka bibir bisa iritasi dan terasa tebal.

3. Terlalu banyak mengonsumsi alkohol

Alkohol memang punya dampak yang tidak baik bagi tubuh. Alkohol juga bisa membuat bibit terasa tebal dan kering. 

Konsumsi alkohol berlebihan akan mengganggu jalannya proses penyerapan vitamin dalam tubuh. Kebiasaan ini bisa membuatmu tidak bisa memenuhi asupan vitamin yang dibutuhkan tubuhmu.

4. Makanan asin dan pedas

Garam yang terkandung dalam makanan asin bisa mengiritasi lapisan kulit bibir dan menyebabkan peradangan, begitu pula dengan makanan pedas. Bukan berarti kamu tidak boleh mengonsumsi makanan asin dan pedas, tapi sebaiknya jangan konsumsi dalam jumlah berlebihan karena bisa berakibat buruk untuk tubuhmu.

5. Alergi

Alergi sebenarnya bisa memberikan beragam efek, bisa gatal-gatal, sesak nafas bahkan parahnya bisa mengakibatkan kematian. Tak hanya itu, alergi suatu hal atau makanan bisa juga menyebabkan bibir terasa tebal dan kering.

Cara Mengatasi Bibir Kering

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bibir yang kering dan terasa tebal.

  • Hindari menjilat dan mengelupas bibir.
  • Cukupi kebutuhan cairan.
  • Konsumsi makanan bergizi seimbang.
  • Hindari paparan matahari langsung.
  • Gunakan krim atau pelembap bibir.

Itulah beberapa penyebab bibir terasa tebal dan kering serta cara mengatasinya. Semoga bisa membantumu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading