Sukses

Beauty

Sering Dengar Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Rambut? Begini Cara Menggunakannya Biar Optimal

Fimela.com, Jakarta Sekali dua kali mungkin pernah baca atau tahu, jika teh hijau banyak sekali manfaatnya. Salah satunya untuk menjaga kesehatan rambut. Teh hijau sendiri merupakan olahan daun teh yang berasal dari tanaman Camelia sinensis.

Teh hijau dikenal sebagai sumber antioksidan bernama polifenol yang begitu besar. Melihat khasiatnya yang tinggi, teh hijau pun sering dimanfaatkan dalam produk perawatan rambut. Lebih lanjut, berikut ini beberapa manfaat teh hijau untuk kesehatan rambut selengkapnya!

Bikin Rambut Tumbuh Lebih Cepat

Siapa yang tak ingin punya rambut yang senantiasa dapat tumbuh dengan sehat dan lebat? Teh hijau ini dapat membantu mewujudkannya. Ini karena di dalam teh hijau terkandung unsur utama polifenol yang berupa epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang ditengarai dapat mempercepat pertumbuhan rambut.

Fungsi EGCG ini dapat memicu pertumbuhan rambut dengan merangsang folikel rambut dan mencegah terjadinya kerusakan pada kulit serta sel rambut. Inilah yang membuat akhirnya teh hijau banyak dimanfaatkan dalam produk perawatan rambut rontok.

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Rambut

Manfaat lain dari teh hijau adalah dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi rambut. ECCG yang terkandung dalam teh hijau dapat menghambat aktivitas hormon penyebab kerontokan rambut. Teh hijau juga dapat melancarkan aliran darah, sehingga turut mempercepat pertumbuhan rambut pula.

Diketahui pula jika kandungan polifenol dalam minuman teh hijau juga dapat meningkatkan aliran darah di kulit dan penyaluran oksigen ke otak sebesar 29%. Hal tersebut sangat berpengaruh pada pertumbuhan rambut, lantaran oksigen dan nutrisi yang dikirim ke kulit dapat merangsang folikel rambut.

Cegah Terjadinya Kerontokan Rambut

Rontoknya rambut sebenarnya hal yang normal terjadi, tetapi perlu diingat jumlah rambut yang rontok ini tak lebih dari 100 helai per hari. Jika lebih dari itu, maka mulailah untuk melakukan perawatan rambut rontok secara intensif.

Selain itu, masalah rambut rontok ini juga dapat terjadi karena perubahan hormon, stres hingga diet. Nah, teh hijau dapat diandalkan untuk mengatasinya. Kandungan katekin di dalamnya dapat membantu menekan pembentukan hormon dihidrotestosteron.

Hormon androgen tersebut yang kadarnya cukup tinggi pada pria ini bisa menjadi penyebab terjadinya kerontokan. Dengan katekin dalam teh hijau, produksi hormon androgen tersebut dapat ditekan, sehingga bisa mengurangi kerontokan rambut.

Cara Memanfaatkan Teh Hijau untuk Kesehatan Rambut yang Tepat

Supaya manfaat teh hijau untuk menjaga kesehatan rambut lebih optimal, ketahui cara penggunaannya yang tepat. Pertama, bisa dilakukan dengan memilih produk sampo dan kondisioner yang mengandung ekstrak daun teh hijau.

Oleskan sampo dan kondisioner teh hijau ini sampai ke akar rambut. Gosok pula secara perlahan. Apabila memakai kondisioner atau masker teh hijau untuk rambut, diamkan dulu sekitar 3-10 menit atau sesuai cara penggunaannya, baru kemudian bilas sampai bersih.

Di samping cara tersebut, manfaat teh hijau untuk menjaga kesehatan rambut juga dapat diaplikasikan dengan membuat cairan teh hijau sendiri. Tinggal masukkan 1-2 kantong teh hijau ke dalam air yang mendidih, diamkan selama 5 menit. Setelah dingin, oleskan cairan teh hijau tadi pada rambut usai mandi. Biarkan teh hijau tersebut meresap dan lihatlah hasilnya setelah beberapa kali pemakaian.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading