Sukses

Beauty

5 Cara Melembutkan Rambut yang Kaku dan Kasar dengan Cepat

Fimela.com, Jakarta Rambut yang kaku dan kasar akan membuat perempuan menjadi tidak percaya diri. Rambut yang kaku ini membuat rambut susah untuk diatur. Sehingga membutuhkan perawatan khusus untuk melembutkan tekstur rambut.

Kondisi rambut yang kaku dan kasar bisa disebabkan karena jarang melakukan perawatan rambut. Pola hidup yang kurang sehat juga bisa menjadi penyebab rambut kaku dan kasar. Apalagi jika Sahabat Fimela terlalu sering berada di bawah sinar matahari.

Cara melembutkan rambut yang kaku dan kasar bisa menggunakan produk perawatan rambut, mengubah pola hidup dan cara alami lainnya. Namun, perawatan rambut ini harus dilakukan secara konsisten. Berikut cara melembutkan rambut yang kaku dan kasar:

Cara Melembutkan Rambut yang Kaku dan Kasar

1. Hindari Keramas Terlalu Sering

Keramas adalah cara untuk membersihkan rambut dari kotoran dan mengatasi lepek. Namun, terlalu sering keramas akan membuat rambut menjadi kaku dan kasar. Produksi minyak alami pada rambut akan berkurang saat terlalu sering keramas. Ada baiknya untuk keramas dua hari sekali, agar kelembapan rambut tetap terjaga dan lembut.

2. Hindari Penggunaan Produk Berbahan Kimia

Dalam produk pewarna rambut, terdapat bahan kimia yang tidak baik untuk kesehatan rambut. Bahan kimia akan merusak pigmen rambut, dan membuat rambut menjadi kering. Sebaiknya hindari produk-produk yang mengandung bahan kimia, agar tekstur rambut lebih lembut dan sehat.

3. Hindari Pengering Rambut

Setelah keramas, keringkan rambut secara alami untuk membuat tekstur menjadi lembut. Karena penggunaan pengering rambut akan membuat rambut menjadi kaku dan kasar. Gunakan pengering rambut atau catokan jika diperlukan saja.

Cara Melembutkan Rambut yang Kaku dan Kasar

4. Gunakan Masker Kopi dan Minyak Kelapa

Cara melembutkan rambut yang selanjutnya adalah dengan menggunakan masker kopi dan minyak kelapa. Masker memiliki manfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut dan menjaga kelembapan rambut. Cara membuat masker ini yaitu dengan panaskan seperempat cangkir minyak kelapa dengan suhu rendah, campurkan dengan 1 sendok makan biji kopi. Setelah itu aduk hingga rata, biarkan dingin sebentar dan saring. Aplikasikan ke seluruh rambut sebelum keramas, lalu ulangi pemakaian setiap seminggu sekali.

5. Masker Kuning Telur dan Lemon

Untuk melembutkan rambut, gunakanlah masker rambut alami dari kuning telur dan lemon. Kuning telur memiliki manfaat yang baik untuk rambut yang bisa membuat rambut lebih lembap, sehat dan berkilau. Campurkan perasan lemon dengan kuning telur. Lalu aduk hingga rata. Setelah itu aplikasikan ke rambut hingga rata, tunggu masker hingga 20 menit, dan kemudian bilas rambut menggunakan air dingin. Gunakan secara rutin agar hasil maksimal.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading