Sukses

Beauty

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Kulit Wajah dan Rambut

Fimela.com, Jakarta Lidah buaya pasti sudah familiar di telinga banyak orang. Tanaman yang juga dikenal dengan sebutan aloe vera inimerupakan tanaman yang sering dimanfaatkan daunnya.

Daun lidah buaya mengandung semacam gel yang punya banyak manfaat. Manfaat dari gel daun lidah buaya yang paling populer adalah untuk kecantikan atau kesehatan kulit wajah. Bahkan banyak merk kecantikan yang kemudian membuat produk kecantikan yang mengandung gel dari lidah buaya.

Nah ternyata tidak hanya bermanfaat untuk kulit wajah saja, gel lidah buaya juga bermanfaat untuk kulit rambut lho, Sahabat Fimela. Kalau kamu belum tahu manfaat gel lidah buaya untuk kulit rambut, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kulit Wajah

1. Menenangkan kulit iritasi

Lidah buaya mampu menenangkan kulit yang terbakar dan mengobati iritasi dengan meningkatkan sintesis kolagen di kulit.  Selain itu, lidah buaya juga mengandung senyawa yang disebut aloin dan antrakuinon yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang dapat membantu meredakan nyeri dan mempercepat penyembuhan.

Namun harus kamu ketahui kalau lidah buaya hanya dapat dioleskan pada luka bakar tingkat pertama, kedua ringan, hingga sedang. Untuk luka bakar yang parah perlu ditangani secara medis.

2. Melembabkan kulit

Lidah buaya memiliki kandungan humektan atau zat yang menarik air dari udara atau dari kulit yang lebih dalam. Oleh karena itu, lidah buaya sangat cocok untuk digunakan oleh pemilik kulit kering dan gatal yang perlu kelembapan ekstra.

3. Menyembuhkan luka

Kandungan kalsium dan antioksidan dalam lidah buaya diketahui dapat mempercepat pembelahan sel-sel keratinosit (sel penghasil zat keratin di kulit) dan memperkuat jaringan kulit.

Cara menggunakan lidah buaya untuk menyembuhkan luka adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya pada kulit wajah yang sudah dibersihkan. Biarkan gel lidah buaya hingga mengering selama beberapa menit lalu bilas hingga bersih.

4. Menghaluskan kulit

Tidak hanya menyembuhkan luka, penggunaan lidah buaya juga bisa menghaluskan kulit wajah. Pembelahan sel-sel keratinosit tidak hanya mampu mempercepat penyembuhan luka, tetapi juga membantu mengangkat sel-sel kulit mati untuk digantikan dengan sel kulit baru yang sehat dan kuat.

5. Menangkal radikal bebas

Berbagai vitamin yang terkandung dalam lidah buaya, seperti vitamin A, C, dan E, merupakan antioksidan yang mampu menangkal serangan radikal bebas akibat paparan asap dan polusi udara pada wajah.

Tidak hanya itu, lidah buaya juga dapat meningkatkan produksi kolagen di kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput dan garis halus.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut

1. Menyuburkan rambut

Salah satu manfaat gel lidah buaya adalah untuk menyuburkan rambut. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu membuat rambutmu tumbuh lebih subur atau lebih cepat. Kalau kamu ingin rambutmu lebih cepat panjang, kamu bisa coba menggunakan gel lidah buaya.

Cara menggunakannya cukup mudah. Campurkan 4 sdm gel lidah buaya, 4 sdm santan dan 1 sdm minyak kelapa. Kemudian balurkan di kulit kepala dan pijat, diamkan selama 30 menit. Setelah itu barulah bilas dengan sampo seperti biasa. Ulangi setiap seminggu sekali.

2. Mengurangi kerontokan

Penyebab kerontokan umumnya adalah karena kurangnya nutrisi atau kulit rambut yang terlalu kering. Lidah buaya bisa membantu regenerasi sel dan menjaga kelembapan kulit kepala.

Kamu cukup mencampurkan 1 sdm gel lidah buaya dan 1 sdm minyak castor, kemudian oleskan ke akar rambut terlebih dahulu lalu teruskan ke batang rambut. Diamkan beberapa menit lalu bilas.

3. Mengurangi minyak di rambut

Kulit kepala dan rambut berminyak disebabkan oleh produksi sebum berlebih. Lidah buaya mampu meningkatkan kadar air pada kulit kepala serta menyerap minyak berlebih.

Campurkan 4-5 tetes perasan lemon, 3 tetes tea tree oil, dan 3 sdt gel lidah buaya. Balurkan secara merata pada kulit kepala dan seluruh batang rambut. Diamkan selama 20 menit kemudian keramas menggunakan sampo seperti biasa.

4. Melembapkan kulit rambut

Tidak hanya melembapkan kulit wajah, gel lidah buaya juga bermanfaat untuk melembapkan kulit rambut yang kering. Kadar airnya yang tinggi mampu memberikan kelembapan yang dibutuhkan oleh kulit rambut yang kering.

Kamu cukup mengoleskan gel lidah buaya secara merata ke seluruh kulit kepala dan batang rambut. Kemudian balut kepala dengan handuk hangat dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu baru keramas seperti biasa.

5. Mengatasi rambut bercabang

Permasalahan pada rambut panjang umumnya adalah bercabang. Gel lidah buaya ternyata bermanfaat untuk mencegah rambut yang bercabang.

Campurkan ekstrak lidah buaya dengan beberapa tetes argan oil dan 1 sdm minyak zaitun, aplikasikan ke seluruh rambut. Tutup rambut menggunakan shower cap dan diamkan selama 20 menit.Setelah itu bilas hingga benar-benar bersih.

6. Mengatasi ketombe

Kandungan kalsium, magnesium, serta zinc di dalam gel lidah buaya mampu membantumu mengatasi ketombe yang ada di rambutmu. Selain itu, gel lidah buaya juga mengandung anti mikroba yang mampu menuntaskan semua jamur penyebab ketombe.

Cukup campurkan lidah buaya dengan beberapa tetes perasan air lemon. Aplikasikan ke seluruh bagian rambut. Diamkan minimal 10 menit, lalu bilas dengan air hangat sampai bersih.

7. Membuat rambut berkilau

Ingin rambut berkilau? Kamu bisa coba tambahkan gel lidah buaya di dalam rangkaian perawatan rambutmu.

Campurkan gel atau getah lidah buaya dengan 1 putih telur. Diamkan hingga 15 menit. Setelah dirasa cukup, bilas dengan keramas menggunakan sampo hingga bersih.

Itulah berbagai manfaat gel lidah buaya untuk rambut. Tidak hanya bermanfaat untuk kulit wajah saja, ternyata gel lidah buaya juga memiliki banyak manfaat untuk rambut. Penggunaannya pun cukup mudah. Kamu mau coba gunakan untuk rambutmu, Sahabat Fimela?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading