Sukses

Beauty

Kiat Merawat Rambut yang Sering Dicatok Agar Tak Mudah Rusak

Fimela.com, Jakarta Sebagai mahkota kepala, rambut memang harus selalu diperhatikan penampilannya. Biar tak terkesan awut-awutan, styling pun tak luput dilakukan. Salah satunya yang paling gampang dan bisa dilakukan sendiri di rumah dengan menggunakan catokan.

Alat penata rambut satu ini menggunakan pemanas yang dapat membuat rambut jadi lebih gampang diatur. Bahkan, mau bikin rambut lurus dan tergerai alami, atau dibikin sedikit bergelombang, juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan catokan.

Meski menyenangkan, tetapi sering menggunakan catokan juga berisiko membuat rambut lebih rentan alami kerusakan. Rambut akan cenderung lebih kering dan bercabang, serta warnanya kian memudar. Akan tetapi bukan artinya tak ada solusi untuk masalah satu ini.

Buat kamu yang suka catokan, masih bisa memiliki rambut yang sehat berkilau setiap saat, asalkan tahu bagaimana cara mencatok rambut sekaligus perawatannya yang tepat. Penasaran seperti apa? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Gunakan Alat Catok yang Tepat

Kunci utama dalam mempertahankan kesehatan rambut yang sering dicatok adalah pemilihan alat catoknya sendiri. Pilihlah catokan yang tepat, seperti alat catok berbahan keramik, titanium, tourmaline maupun emas.

Bukan tanpa alasan kenapa keempat catokan tersebut direkomendasikan. Catokan keramik dapat menghantarkan panas secara merata, sehingga dapat mencegah kerusakan rambut. Alat catok keramik juga menghasilkan ion negatif, sehingga membuat rambut justru lebih lembut.

Sementara untuk catokan titanium punya keunggulan mampu menghantarkan panas secara cepat, sehingga pas banget digunakan untuk rambut yang punya tekstur tebal. Sedangkan untuk catokan tourmaline layak dipilih karena dapat membuat rambut lebih lembut dan berkilau. Sudah begitu mampu mengunci kelembapan alami rambut pula.

Begitu halnya dengan catokan emas, juga patut dipertimbangkan, karena dapat membuat rambut berkilau alami secara efektif. Catokan-catokan tersebut relatif aman digunakan sembari melakukan perawatan rambut. Sebaliknya, hindari catokan berbahan dasar plat besi, karena hanya akan membuat rambut terpapar panas berlebihan.

Pilih Hairdryer dengan Hair Diffuser

Biasanya catokan akan dilakukan setelah rambut kering seusai keramas. Apabila cepat-cepat atau waktunya mepet, biasanya perlu dikeringkan lebih dulu menggunakan hairdryer.

Biar risiko kerusakan rambut akibat paparan panas berlebihan bisa dikurangi, maka gunakan hairdryer dengan tambahan fitur hair diffuser. Fitur ini dapat membantu menyebarkan panas dari hairdryer secara merata. Rambut juga akan lebih gampang rapi jika menggunakan jenis hairdryer satu ini.

Keramaslah dengan Benar

Rambut yang sering ditata menggunakan catokan sebaiknya tidak sering-sering dicuci. Sebab, hal tersebut bikin styling rambut jadi rusak. Makanya, sekali mencuci rambut, pastikan untuk keramas dengan benar. Paling tidak setiap 2-3 kali dalam seminggu.

Keramaslah dengan sampo yang mengandung keratin atau protein yang penting untuk kesehatan rambut. Jika bisa, kondisionernya juga mengandung keratin pula, sehingga dapat memaksimalkan fungsi dan manfaatnya. Gunakan kondisioner tersebut setelah keramas, agar rambut lebih ternutrisi, lembap dan terawat.

Di samping itu, setiap seminggu sekali bisa memakai masker rambut. Apabila rambut amat kering, bisa mengaplikasikan masker rambut ini selama beberapa kali dalam seminggu. Untuk menggunakannya, oleskan pada rambut secara merata dari tengah hingga ke ujung rambut. Tutup dengan handuk lembap dan biarkan selama 1 jam. Lalu, bilas sampai bersih. Masker rambut ini dapat membuat rambut lebih lembap dan berkilau.

Aplikasikan Vitamin Rambut dan Heat Protection Spray

Setelah keramas dengan benar, waktunya memanfaatkan hairdryer dengan hair diffuser untuk mengeringkan rambut. Sebelum sampai kering betul, aplikasikan vitamin rambut. Fungsinya, untuk menutrisi, melembutkan dan menguatkan batang rambut.

Usai rambut kering sempurna, semprotkan heat protection spray ke seluruh batang rambut sampai merata. Jika perlu gunakan sisir, agar cairannya tersebar rata ke seluruh bagian rambut. Fungsinya untuk melindungi batang dan kutikula rambut, agar tak mudah rusak karena panas alat catokan. Bila rambut sudah kering, barulah mulai gunakan catokan untuk mendapatkan styling rambut yang diinginkan.

Dengan beberapa kiat tersebut, kesehatan rambut akan jauh lebih terawat dan terjaga dengan baik, kendati dicatok setiap hari. Mau mencoba beragam gaya rambut pun tak perlu khawatir, karena hasilnya akan tetap sempurna. Selamat mencoba!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading