Sukses

Entertainment

5 Lagu Nasionalisme di Era Kekinian

Fimela.com, Jakarta Perayaan HUT RI ke-72 hari ini, 17 Agustus 2017 begitu terasa euforianya. Berbagai acara digelar rutin setiap tahunnya yang menjadi wujud cinta rakyat Indonesia di hari jadi bangsa terkasih.

Di sisi lain, semangat kemerdekaan dapat dibangkitkan dalam banyak cara, termasuk rangkaian nada. Tidak sedikit musisi Tanah Air yang mempersembahkan karya dengan mengusung tema tentang nasionalisme.

Mereka menuangkan musikalitas, ide-ide cemerlang, menyuarakan soal kegelisahan tentang banyak hal yang terjadi di Indonesia, arti kemerdekaan, hingga wujud cinta pada Indonesia. Para musisi tahu betul bagaimana mengemas karya yang penuh makna dan memperkenalkannya kepada pendengar. 

Lantas, apa saja lagu-lagu nasionalisme kekinian yang sanggup menambah semangat dan antusias di HUT RI ke-72 ini? Yuk simak 5 lagu nasionalisme tersebut seperti rangkumannya berikut ini.

1. Cokelat - Garuda

Garuda menjadi single terbaru dari grup musik Kotak. Single ini sendiri memang mereka persembahkan dalam menyambut hari jadi Indonesia.

"Kita lagi sibuk promosikan single baru kita, Garuda yang baru rilis tanggal 19 Juli kemarin. Ini adalah single ketiga menuju album ke-9 dan memang kita merilis ini dalam rangka dirgahayu RI ke-72," ungkap Edwin, gitaris Cokelat ketika bertandang ke Bintang.com, beberapa waktu lalu.

2. Musikimia - Merdeka Sampai Mati

Sebelum merilis album Intersisi, band yang digawangi oleh Fadly (vokal), Rindra (bass), Stephan Santoso (gitar), dan Yoyo (drum) ini sempat merilis mini album bertajuk Indonesia Adalah... tahun 2013 lalu. Merdeka Sampai Mati menjadi salah satu lagu yang ada di mini album dan menyuarakan soal keadilan yang harus ditegakkan dan kemerdekaan.

3. Kotak - Merah Putihku

Merah Putihku menjadi salah satu lagu nasionalisme yang Kotak persembahkan. Lagu ini turut menghiasi album mereka yang bertajuk Long Live Kotak.

4. Superman Is Dead - Jadilah Legenda

Superman Is Dead atau SID dikenal sebagai grup musik Indonesia yang vokal menyuarakan berbagai hal termasuk soal nasionalisme. Salah satu karya itu mereka rangkum dalam lagu Jadilah Legenda.

5. Cokelat - Bendera

Sulit rasanya menampik kekuatan lagu Bendera jika memasuki hari kemerdekaan Indonesia. Karena meraih sukses, lagu ciptaan Eross Candra ini ikut ambil bagian di album Rasa Baru yang dirilis ulang tahun 2002.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading