Sapardi Djoko Damono Bebaskan Sutradara Film Hujan Bulan Juni

Syaiful Bahri28 Okt 2017, 08:40 WIB
Diperbarui 28 Okt 2017, 08:40 WIB
[Bintang] Sapardi Djoko Damono

Fimela.com, Jakarta Penulis novel Hujan Bulan Juni, Sapardi Djoko Damono mengaku kaget ketika novel yang ditulisnya ingin digarap visualisasinya dalam layar lebar. Diakuinya, tak sama sekali terbesit dalam benaknya apa yang dituangkannya ke dalam puisi lalu menjadi novel dan kini menjadi sebuah film layar lebar.

"Ya ini mungkin kebetulan, saya gak tahu. Saya ketika mengubah dari puisi menjadi novel aja sudah susah, ngos-ngosan gitu ya. Kemudian gak tahu kenapa laris banget ya? Sehingga diminta untuk dijadikan film. Ya saya oke, saya gak masalah," kata Sapardi Djoko Damono di gala premiere film Hujan Bulan Juni di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Selasa (24/10/2017).

Pada awalnya, Sapardi sempat menolak terlibat dalam produksi film garapan Reni Nurcahyo Hestu Saputra. Ia tak ingin mengkungkung kebebasan sang sutradara dalam berimajinasi ketika novelnya diangkat ke layar lebar.

[Bintang] Koutaro Kakimoto

"Saya bilang enggak mau. Artinya saya lepaskan semuanya, bagaimana ini tafsirnya? terserah kalian semua. Soalnya saya gak suka karena itu keyakinan saya kalau saya ambil sesuatu yang sudah ditulis orang, ya saya punya kebebasan. Kalau ini sekarang orang mau bikin film ya dia harus punya kebebasan," jelas Sapardi.

Setelah melihat filmnya rampung dan siap dirilis 2 November 2017 nanti, Sapardi menegaskan bahwa apa yang tertuang di dalam novel dengan yang divisualisasikan ke dalam film untuk tidak dibanding-bandingkan.

"Jadi begini, masalah kita membandingkan film dengan buku, enggak boleh. Film dengan film, buku dengan buku. Itu haram, gak boleh ya," jelasnya.

"Jadi kalau kita mau bilang itu film bagus apa enggak jangan tergantung kepada bukunya, bukunya bisa lebih bagus, bisa lebih laris tetapi bukan itu masalahnya, dengan film lain dia bagus apa nggak," tandas Sapardi. Film Hujan Bulan Juni sendiri dibintangi aktor Adipati Dolken, Velove Vexia, Surya Saputra, Baim Wong, Ira Wibowo, Sundari Soekotjo, Jajang C Noer hingga aktor Jepang, Koutaro Kakimoto.

What's On Fimela