Sukses

Entertainment

7 Fakta Terkait Kasus Cerai Jonathan Frizzy dan Dhena Devanka, Ada Isu KDRT dan Agama yang Mencuat

Fimela.com, Jakarta Rumah tangga Jonathan Frizzy dan Dhena Devanka tengah berada di ujung tanduk. Sebagaimana diketahui, Dhena telah melayangkan gugatan cerai terhadap suaminya ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan pada Jumat (27/8/21) silam.

Berkas terkait gugatan tersebut, yang didaftarkan secara online atas nama Dhena Aldhalia binti Ahmad Gunawan melalui kuasa hukumnya telah diterima ke pengadilan. Pernikahan yang sudah dibina sejak 2012 lalu pun terancam bubar.

Berikut beberapa fakta terkait kasus peceraian antara artis yang dikenal dengan sebutan Ijonk tersebut dengan Dhena Devanka, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

Tanda Tanya

Dhena yang memilih melayangkan gugatan cerai terhadap Ijonk di pengadilan agama menimbulkan tanda tanya publik. Melansir dari Wikipedia, Ijonk menikah dengan Dhena Devanka pada Minggu, 27 Mei 2012 di Gereja Glow Fellowship Centre, Jakarta Pusat.

Menurut PP No 9/1975 tentang Pelaksanaan UU No 1 tahun 1974 tentang Perkawinan, khusus pemeluk agama Islam, gugatan dapat diajukan di Pengadilan Agama (PA). Sedangkan bagi pasangan non-muslim gugatan cerai dapat didaftarkan di Pengadilan Negeri (PN).

Karenanya, melihat pernikahan dan tempat gugatan cerai, banyak orang yang merasa kurang pas. Alhasil, agama keduanya pun akhirnya menjadi pertanyaan khalayak.

Namun, diketahui bahwa Dhena sebelumnya adalah beragama Islam. Sementara Benny Simanjuntak, paman Ijonk sempat menyebut bahwa Dhena telah mempermainkan agama. Tetapi tak disebut secara spesifik maksud dari ucapannya tersebut.

KDRT

Dhena melaporkan Ijonk atas dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukannya ke Polres Metro Jakarta Selatan. Dhena mengaku jika dirinya mendapatkan perlakuan tidak baik dari Jonathan Frizzy.

"Pemeriksaannya lancar, saya didampingi kuasa hukum saya," kata Dhena. "19 pertanyaan telah diklarifikasi oleh Bu Dhena, berdasarkan laporannya KDRT," imbuh kuasa hukun Dhena, Ibnu Ali Tindri.

Kerap Cekcok

Lumrah adanya ketika dalam sebuah rumah tangga terjadi cekcok atau masalah. Namun, masalah yang terjadi pada pernikahan Ijonk dan Dhena sepertinya tak bisa membuat keduanya bertahan lagi. Sampai akhirnya Dhena memutuskan menggugat cerai.

"Percekcokan terus menerus. Alasannya kan pokok materi ya sebenarnya enggak boleh saya sampaikan," tegas Ibnu Ali Tindri.

Berhak Bahagia

Lewat unggahannya di akun Instagram miliknya, Dhena mengatakan bahwa cinta tak selamanya menghadirkan kebahagiaan. Dan sebagai manusia, khususnya seorang perempuan, dirinya pun berhak hidup bahagia.

"Karena aku berhak bahagia. Aku tahu, cinta tak selamanya menghadirkan bahagia. Terkadang, ada cerita tentang luka menyayat hati dan membekaskan rasa sakit yang jatuhkan air mata di pipi," ujarnya.

Masih Komunikasi

Demi ketiga anaknya, Dhena dan Ijonk pun masih menjalin komunikasi yang baik. "Komunikasi masih baik, karena ada anak-anak juga yang kami harus ini (urusi)," kata Dhena Devanka di Polres Metro Jakarta Selatan, Jumat (27/8/2021).

Anak Tidak tahu

Bahkan, diakui oleh Dhena, sampai sekarang ini anak-anak mereka belum mengetahui permasalahan yang tengah dihadapi kedua orangtuanya. Ia juga masih tinggal serumah dengan Ijonk.

"Oh nggak, jangan dong jangan (tahu)," sambung Dhena.

Siap Hadapi

Sementara itu, Ijonk yang menyerahkan masalah ini kepada pamannya, Benny Simanjuntak siap untuk menghadapi Dhena untuk urusan perdata dan juga pidana.

"Kalau memang mau melaporkan, ijonk juga siap melaporkan, bener-bener saya sudah persiapkan pengacara untuk pidana dan perdata. Kau berani melangkah ke hukum, saya lawan kau dengan hukum!" tegas Benny Simanjuntak.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading