Sukses

Entertainment

Kisah Ramengvrl Melawan Beauty Standards Lewat Lagu I’m Ugly

Fimela.com, Jakarta Beauty standard atau standar kecantikan menjadi problematika yang memberatkan banyak pihak. Orang yang menganut paham beauty standard percaya bahwa mereka yang penampilannya tidak sesuai dengan standar itu dianggap kurang menarik. Kenyataan pahit ini berhasil dipatahkan oleh seorang musisi dan rapper Indonesia, Ramengvrl.

Single terbaru Ramengvrl, I’m Ugly, ingin menunjukkan bahwa ia tidak peduli akan komentar negatif yang ditujukan pada fisiknya. Ide yang mendasari terciptanya lagu ini ternyata didasari oleh pengalaman hidup Ramengvrl sendiri.

Melalui wawancara virtual secara eksklusif dengan Fimela pada Jumat (17/09), musisi 29 tahun ini bercerita bahwa dulunya ia sempat menjadi pelaku beauty standard di awal memasuki dunia hiburan. Ia pun kerap membandingkan penampilannya dengan penampilan artis-artis lain yang dianggapnya memenuhi beauty standard

“Sampai tahun 2019, saya adalah orang yang sangat-sangat keras sama diri sendiri. Saya ngeliat entertainer lain, kok bisa penampilannya secantik itu,” tutur pemilik nama lengkap Putri Estiani ini.

“Hal ini juga tercermin ketika saya upload foto di media sosial. Sebelum upload foto, saya nge-facetune muka saya, badan saya. saya pengen terlihat natural, tapi tetap cantik. Itu (penampilan) bener-bener saya pikirin banget,” lanjut Ramengvrl.

Tahap Penerimaan Diri

Merasa kebiasaan tersebut tidak sehat bagi mentalnya, ia akhirnya memutuskan untuk mengubah cara berpikirnya. Baginya, salah satu cara praktikal untuk mengusir pikiran jahat tersebut adalah dengan mengedepankan opini pribadi kepada diri sendiri.

“Saya mulai mengedepankan opini saya sendiri, dibandingkan opini orang lain. Mungkin quarantine juga membantu kali ya, karena saya jadi lebih punya space untuk suara saya sendiri. Jadi menurut saya, the only thing that matters is your opinion about yourself,” ujar musisi yang berkarir di bawah naungan label rekaman Amerika Serikat, EMPIRE.

Dalam perjalanan penerimaan diri tersebut, ia juga mengatakan bahwa tidak sedikit orang di lingkungannya yang justru berusaha menjatuhkannya. Ia juga mengakui bahwa perjalanan tersebut tidak mudah dan membutuhkan waktu yang panjang.

Tidak sendirian merasakan kepahitan tersebut, Ramengvrl mengajak sejumlah influencers untuk bersuara di video klip I’m Ugly. Ia menggandeng Cindercella, Queen WA$ABII, Tsunari, dan Jasmine Sokko. Kepada pendengar I’m Ugly, Ramengvrl berharap pendengarnya tidak lagi begitu mempermasalahkan soal omongan negatif orang lain atas diri mereka.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading