Deretan Musisi Tanah Air yang Mengisi Soundtrack Film Internasional

Fimela Reporter23 Sep 2021, 22:24 WIB
Diperbarui 23 Sep 2021, 22:24 WIB
NIKI

Fimela.com, Jakarta Ketika menonton sebuah film, umumnya penonton fokus pada alur cerita atau pada para pemain di dalamnya. Namun ada pula unsur dalam sebuah film yang tidak boleh dilewatkan, yaitu soundtrack.

Selain menambah keindahan film dari segi audio, kehadiran soundtrack juga memberi pengalaman tersendiri pada sebuah adegan dalam film. Lagu yang menjadi soundtrack sebuah film juga pasti dipilih karena memiliki kisah dan makna tertentu.

Ternyata ada juga lagu-lagu karya anak bangsa yang berhasil tembus menjadi soundtrack film-film internasional. Apa saja lagu tersebut dan siapakah penyanyinya? Yuk, simak hingga selesai!

Rich Brian - Kids (The Invisible Man)

Rich Brian
Rich Brian (YouTube 88rising)

Salah satu momen yang tidak terlupakan bagi Rich Brian mungkin adalah ketika lagunya dijadikan soundtrack film “The Invisible Man” garapan Universal Pictures. Berbeda dengan lagu NIKI sebelumnya, lagu ini awalnya tidak ditujukan untuk menjadi soundtrack film.

“Kids” merupakan salah satu lagu di album “The Sailor” yang dirilis pada 2019 lalu. Lagu ini diciptakan pada 2018, saat Rich Brian melakukan tur dunia. Ia menuliskan liriknya di sela-sela kegiatannya dengan bantuan rekan-rekannya.

NIKI, Rich Brian, Warren Hue (OST Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings)

Warren Hue, Rich Brian, NIKI
Warren Hue, Rich Brian, NIKI berkolabransi untuk film terbaru produksi Marvel, Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings. (Foto: virtual media gathering)

Lagu karya musisi dengan nama lengkap Nicole Zefanya ini dimainkan dalam film Marvel berjudul “Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings”. Spesial dibuat untuk soundtrack film itu, sampul lagu ini di Spotify menampilkan sepuluh cincin emas yang mewakili film tersebut.

“Every Summertime” memiliki vibes yang santai dan mirip dengan lagu jatuh cinta lawas. Liriknya pun manis, menggambarkan perasaan berbunga-bunga saat sedang jatuh cinta.

Selain NIKI, album soundtrack Shang-Chi juga melibatkan Rich Brian dan Warren Hue. Tak ketigngalan para musisi Asia hebat lain seperti DPR Ian, Mark Tuan, BIBI, bahkan Anderson .Paak juga memeriahkan film tersebut.

/rif - Dunia Menangis (OST Spider-Man)

[Bintang] Andi /Rif
(Daniel Kampua/Bintang.com)

Band rock asal Indonesia, /rif juga pernah melibatkan karyanya di salah satu film Hollywood. Lagu Andi dkk berjudul Dunia Menangis dipilih menjadi OST Spider-Man yang dirilis tahun 2002 lalu.

Ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi /rif, karena banyak juga musisi internasional yang terlibat di album ini seperti Aerosmith dan Sum41.

Anggun C. Sasmi -Savior (OST Transporter 2)

[Fimela] Anggun C Sasmi
Anggun C Sasmi (Deki Prayoga/Dream.co.id)

“Savior” merupakan lagu yang ditulis Anggun untuk album internasional ketiganya bertajuk “Luminescence”. Dalam Bahasa Indonesia, judul lagu ini artinya “Mantra”. Pada 2005 silam, lagu ini terpilih menjadi soundtrack film box office, “The Transporter 2”.

Video klip dari lagu berunsur rock ini sempat dicekal di Indonesia. Pencekalan tersebut merupakan imbas dari isu pornoaksi yang tengah menjadi isu di Indonesia kala itu. Video klip tersebut baru sempat ditayangkan pada konser tunggal Anggun bernama “Konser Untuk Negeri”.

Nidji – Shadow (Heroes)

[Bintang] Nidji
Pemilik nama Giring Ganesha ini tak menyangka melihat antusias Nidjiholic. Bisa jadi menjadi saat-saat akhir sebelum akhirnya Nidji berganti vokalis untuk menggantikan Giring. (Daniel Kampua/Dream.co.id)

Selain film, musisi Indonesia juga sempat mencatatkan namanya sebagai pengisi soundtrack series populer. Mereka adalah Nidji yang dua lagunya, yakni Heaven dan Shadow masuk sebagai soundtrack Heroes.

Saat itu Nidji memang sedang jadi rising star, dengan album pertamanya yag kental bernuansa brit-pop. Kedua lagu yang jadi soundtrack Heroes ini pun ditulis dalam bahasa Inggris, sehingga memperkuat kesempatan untuk gi internasional.

Itu dia kelima musisi Tanah Air yang pernah dijadikan soundtrack film luar negeri. Semoga semakin banyak lagi karya Anak Bangsa yang melesat ke kancah internasional!

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela