5 Situasi Paling Pas untuk Mendengar Podcast

Nizar Zulmi25 Sep 2021, 09:00 WIB
Diperbarui 25 Sep 2021, 09:03 WIB
Memberikan Banyak Informasi Dari Beragam Konten

Fimela.com, Jakarta Rutinitas yang terus menerus kadang buat kita tak sadar waktu berlalu begitu saja. Rasanya baru saja bangun pagi, tapi tanpa disadari, kamu sudah berada di kasur dan bersiap untuk tidur lagi mempertanyakan apa saja yang kamu lakukan selama 12 jam terakhir.

Laporan Culture Next 2021 dari Spotify mengungkap bahwa saat ini semakin banyak orang mengandalkan konten audio, termasuk podcast, untuk membuat hari mereka lebih seru dan mengesankan. Sekitar 83% milenial dan 66% generasi Z di Indonesia juga mengatakan bahwa mendengarkan konten audio dapat menurunkan tingkat stres mereka.

Namun mencari waktu untuk menikmati podcast atau bahkan memilih podcast mana untuk didengarkan dapat menjadi hal yang rumit bagi sebagian orang. Oleh karena itu, melalui kampanye terbarunya bertajuk Bikin Momen Bebas Bosen yang akan diluncurkan mulai 24 September ini di seluruh Indonesia, Spotify menunjukkan bagaimana podcast dapat membuat rutinitas harian yang membosankan menjadi lebih menarik, serta membantu penggunanya memilih acara podcast yang tepat untuk setiap mood dan momen. Untuk merayakan peluncuran ini, Spotify telah menyiapkan daftar lima momen untuk menikmati podcast, yang dapat mengubah aktivitas yang ‘boring’ menjadi ‘interesting’.

Pada Pagi Hari

Saat beres-beres rumah atau sebelum memulai hariApa yang kamu makan di pagi hari akan menentukan suasana hatimu selama seharian penuh. Namun hal itu tidak hanya terjadi pada makanan saja, rumus yang sama berlaku juga untuk konsumsi hiburan informasimu di pagi hari. Mendengarkan podcast pagi-pagi dapat menjadi cara alternatif untuk menyegarkan harimu. Terutama jika kamu disibukkan dengan pekerjaan rumah atau menyiapkan sarapan! Kamu dapat mendengarkan sesuatu yang ringan untuk meningkatkan suasana hati seperti podcast humor atau bincang-bincang yang menyenangkan. Jika kamu menginginkan konten yang lebih serius, Spotify juga memiliki berbagai pilihan podcast berita pendek atau ramalan bintang harian!

Rekomendasi: Kinosgina, Podcast Fitrop, Ramalan Zodiak Hari Ini, dan Kompas TV

Saat di Perjalanan

Baik itu saat menunggu kereta ataupun ketika di dalam taksiMengikuti pelonggaran pembatasan aktivitas, beberapa orang mungkin mulai bepergian dan menghabiskan waktu di jalan, yang mana bisa jadi sangat.... membosankan. Untuk menambah semangatmu selama perjalanan tersebut, cobalah untuk menyetel genre podcast favoritmu sambil membalas e-mail atau melihat situs favoritmu di internet. Tetaplah ter-update dengan apa yang sedang terjadi di dunia melalui podcast berita, atau cerahkan harimu dengan candaan dari percakapan yang apa adanya dan lucu oleh komedian populer. Jika kamu penggemar musik tetapi juga ingin mendengarkan podcast, cobalah mixed-media playlist yang baru saja diluncurkan Spotify bernama ‘Teman Perjalananmu’. Playlist yang dipersonalisasi ini akan mengkombinasikan lagu-lagu favoritmu dengan berita utama terpanas setiap hari.

Rekomendasi: RAPOT, Podcast Raditya Dika, dan Teman Perjalananmu

Cerita Akhir Pekan: Inovasi Unik Pendukung Masa Depan Wisata Ramah Lingkungan
Ilustrasi traveling. (dok. Porapak Apichodilok/Pexels)

Saat Bekerja

Terutama di siang hari saat kamu tiba-tiba merasa mengantuk dan butuh mood booster. Sering merasa kekenyangan setelah makan siang? Sangatlah umum untuk merasa sedikit mengantuk, lelah, atau bahkan bosan pada siang hari setelah jam makan siang. Ketika ini terjadi, secangkir kopi dan beberapa cerita seram dapat menjadi cara bagimu untuk tetap terjaga. Kenapa harus cerita seram? Soalnya, efek suara yang menakutkan hingga alur cerita yang membangunkan bulu kuduk, dapat membuatmu merinding dan akan langsung  membangunkanmu dari rasa kantuk di siang hari. 

Rekomendasi: Do You See What I See, Podcast Malam Kliwon, dan Kisah Horor The Sacred Riana

Saat Santai sebelum Tidur

Sungguh lega rasanya ketika berhasil melewati hari yang penuh kesibukan! Mendengarkan podcast sambil menikmati segelas minuman hangat bisa jadi penyemangat selagi kamu mempersiapkan diri untuk kegiatan esok hari. Jika kamu sedang ingin termenung, podcast-podcast ASMR mungkin bisa jadi pilihan yang mengantarkanmu pada perasaan tenang dan damai. Tapi jika kamu justru sedang merasa sepi, podcast berisi obrolan dan bincang-bincang dapat menjadi pilihan yang sempurna untuk didengarkan. Pilih apa pun yang paling sesuai untuk rutinitas istirahatmu. 

Rekomendasi: PODKESMAS, Rintik Sedu, Suara Puan, dan BKR Brothers

Berkumpul dengan Support Group
Ilustrasi Support Group Credit: pexels.com/Jopwell

Saat Sleepover dengan Teman-Teman

Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada dapat kembali terhubung dengan teman-teman terdekat pada saat seperti sekarang ini. Setelah menghadapi banyak kesibukan antara pekerjaan, bersekolah, atau komitmen hidup lainnya, tidak ada cara yang lebih baik untuk mengisi ulang energi dan semangatmu selain dengan berbagi cerita dan menghabiskan waktu bersama teman-teman terdekat. Sambil mendengarkan podcast favorit, kamu dapat melakukan kegiatan lain yang sering kamu lakukan bersama teman-temanmu! Di antaranya seperti bermain board game, menonton film, atau berdiskusi mengenai podcast yang sedang kamu dengarkan. Genre podcast, seperti thriller atau crime bisa jadi pilihan bagus untuk kegiatan ini.

Rekomendasi: Lenyap, Pembunuh Berantai, dan Podcast Bagi Horror

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela