Kondisi Terkini Tukul Arwana Usai Mengalami Pendarahan di Otak

Rivan Yuristiawan26 Okt 2021, 22:24 WIB
Diperbarui 26 Okt 2021, 22:24 WIB
[Bintang] Tukul Arwana saat wafatnya Susiana

Fimela.com, Jakarta Komedian Tukul Arwana sempat mengalami pecah pembuluh darah di bagian otak yang membuatnya harus mendapatkan perawatan intensif beberapa lama di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (PON). Tak sampai situ, ia pun juga harus menjalani operasi guna memulihkan kondisinya. Kini, sekitar satu bulan pasca kejadian tersebut kondisi Tukul pun mulai berangsur pulih.

Saat ini, Tukul diketahui sudah diizinkan pulang untuk mendapat perawatan secara intens di rumahnya. Meski dirawat di rumah, namun Tukul masih tetap dalam pengawasan penuh pihak medis untuk dipantau kondisinya.

Rizky Kimon, manajer dari Tukul Arwana pun memberikan kabar terbaru dari sang komedian. Menurutnya, Tukul kini sudah mengalami perkembangan yang cukup baik.

"Perawat yang menjaga mas Tukul memberikan update, progress-nya sangat baik. Pertama dari respons, sangat baik," kata Rizky Kimon dilansir dari tayangan YouTube di kanal Star Story.

Mulai Menoleh

Lebih lanjut, Rizky Kimon juga menuturkan jika Tukul saat ini sudah mulai bisa merespon apa yang terjadi di sekitarnya. Hal itu tentu merupakan perkembangan yang cukup baik karena sebelumnya Tukul disebut belum terlalu peka dengan kondisi sekitar.

"Kalau kemarin-kemarin belum ada respons, sekarang misalkan kalau kita buka pintu, dia (Tukul) udah nengok, mungkin mikir 'ini siapa?' gitu. Kalau kemarin-kemarin masih sedikit cuek," paparnya.

[Bintang] Tukul Arwana
Tukul Arwana (Foto: Wimbarsana/Bintang.com)

Mau Belajar

Selain itu, Rizky Kimon juga mengungkapkan bahwa Tukul Arwana sudah memiliki keinginan untuk berdiri dan berjalan. Menurut Kimon, hal itu bagus lantaran semangat Tukul untuk sembuh dan kembali beraktivitas normal sangat besar.

"Yang kedua, progress yang baik itu waktu fisioterapi, kemarin kan kita benar-benar menopang beliau untuk berdiri dan belajar berjalan. Tapi untuk saat ini beliau benar-benar punya semangat dan keberanian untuk memberikan tenaganya untuk beliau berusaha berdiri. Alhamdulillah semangat beliau untuk sembuh luar biasa sih," katanya.

 

Transformasi Tukul Arwana (kapanlagi.com)
Transformasi Tukul Arwana (kapanlagi.com)

Bisa Mengunyah

Terakhir, yang tak kalah menggembirakan bagi Rizky Kimon dan keluarga besar sang komedian ialah Tukul yang disebut sudah bisa mengunyah.

"Satu lagi, progress yang baik berikutnya adalah beliau sudah bisa mengunyah. Jadi kemarin-kemarin kan masih susah untuk mengunyah, masih pakai selang NGT yang dari hidung. Tapi progres sekarang beliau sudah bisa mengunyah," pungkas Rizky Kimon.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela