5 Film Indonesia yang Mendapatkan Penghargaan Internasional

Fimela Reporter06 Des 2021, 20:24 WIB
Diperbarui 06 Des 2021, 20:24 WIB
Poster film Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas.

Fimela.com, Jakarta Seiring dengan perkembangan dunia perfilman di Indonesia, kualitas film yang dihasilkan oleh anak bangsa juga semakin meningkat. Tidak hanya laris manis di dalam negeri, film-film tersebut juga dinikmati luas kalangan internasional.

Beberapa film bahkan lebih dahulu tayang di festival internasional sebelum akhirnya ditayangkan di Indonesia. Selain itu, tidak sedikit juga yang berhasil mendapatkan penghargaan internasional. Berikut adalah kelima film Indonesia yang berhasil mendapatkan penghargaan internasional.

Yuni.
Poster film Yuni. (Foto: Dok. Starvision Plus)

Yuni 

Kisahnya fokus pada tokoh Yuni, seorang gadis pintar yang mempunyai mimpi bisa sekolah setinggi-tingginya. Namun, di usianya yang masih remaja, Yuni justru dilamar laki-laki yang tidak dikenalnya.

Film karya sutradara Kamila Andini ini sangat dekat dengan budaya perjodohan di Indonesia. Yuni berhasil mendapatkan penghargaan Platform Prize di Toronto International Film Festival 2021.

Turah 

Turah
Poster film Turah (Instargam)

Turah bercerita soal kehidupan masyarakat Kampung Tirang di Kota Tegal yang mengalami isolasi selama bertahun-tahun. Bahasa yang digunakan dalam film ini adalah Bahasa Tegal.

Film ini berhasil meraih beberapa penghargaan internasional, seperti Singapore International Film Festival 2016, Bengaluru International Film Festival 2017, sampai Asean International Film Festival and Award 2017.

Sekala Niskala

Poster film "Sekala Niskala"
Poster film "Sekala Niskala" (Foto: IMDb)

Dirilis di Indonesia pada Maret 2018, Sekala Niskala berkisah tentang kisah dua anak kembar, laki-laki dan perempuan. Konflik di film ini muncul ketika salah satu di antara mereka dinyatakan menderita penyakit yang akan mengancam nyawa.

Dalam film ini, tradisi dan kepercayaan masyarakat Bali sangat ditunjukkan. Sekala Niskala berhasil meraih kemenangan di beberapa festival film internasional, seperti di Festival Film Berlinale ke-68 di Berlin pada 2017, Asia Pacific Screen Awards 2017, dan Tokyo FILMeX International Film Festival 2017.

Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas

Film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas
Film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas (Foto: Instagram/@sepertidendamfilm)

Film yang mulai tayang di bioskop ini mengisahkan tentang seorang jagoan yang tidak takut mati. Hasratnya untuk bertarung diakibatkan oleh sebuah rahasia yang dipendamnya sejak remaja. Hingga akhirnya ia jatuh cinta pada seorang gadis yang menjadi lawannya bertarung.

Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas berhasil meraih penghargaan International Golden Leopard di Locarno International Film Festival. Tidak hanya itu, film ini juga diputar di Toronto International Film Festival 2021.

Kucumbu Tubuh Indahku

Kucumbu Tubuh Indahku (Instagram/ fourcoloursfilms)
Kucumbu Tubuh Indahku (Instagram/ fourcoloursfilms)

Kucumbu Tubuh Indahku mengangkat kisah Juno, seorang laki-laki yang berprofesi sebagai penari Lengger. Dalam masa pencarian jati dirinya, Juno kerap mempertanyakan orientasi seksualnya.

Film karya Garin Nugroho ini meraih penghargaan internasional sebagai film terbaik dalam tiga penghargaan, yaitu Venice Independent Film Critic, Festival Des 3 Continents, dan Asia Pacific Screen Awards.

 

Penulis: Nathania Marisa

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela