Resep Anak Bahagia di Masa Pandemi ala Mona Ratuliu, Ternyata Bisa Lewat Makanan Favorit

Wuri Anggarini21 Des 2021, 16:28 WIB
Diperbarui 21 Des 2021, 16:36 WIB
Resep Anak Bahagia di Masa Pandemi ala Mona Ratuliu, Ternyata Bisa Lewat Makanan Favorit

Fimela.com, Jakarta Siapa sih yang menyangka kalau 2 tahun ini akan berhadapan dengan kondisi pandemi yang bikin nggak bisa ke mana-mana? Begitu pun yang dirasakan oleh Mona Ratuliu, selebriti sekaligus mom influencer yang sering memberikan inspirasi tentang parenting lewat media sosialnya.

Meskipun terlihat selalu seru di akun Instagram pribadinya, tapi ada kalanya sebagai orang tua Mona mengaku mati gaya dan bingung harus melakukan apa saat anak-anak lagi bosan di rumah. Lewat Fimelahood From Home bertajuk Playdate with Heavenly Blush YO Kiddo yang digelar secara virtual pada Senin (20/12/2021) live streaming di Vidio, Mona curhat sekaligus berbagi tips rahasianya. Simak keseruannya, yuk!

Saat Anak Bosan, Orang Tua Harus Rajin Bereksplorasi

Resep Anak Bahagia di Masa Pandemi ala Mona Ratuliu, Ternyata Bisa Lewat Makanan Favorit
(c) Fimela/Daniel Kampua

2 tahun di rumah aja jelas bikin anak-anak merasa bosan. Mona bercerita segala macam kebosanan pernah dialami anak-anaknya yang berbeda dari segi karakter dan usia.

“Kalau bicara bosan semua sudah pernah dialami pastinya. Bosan di rumah jelas, apalagi aku kan tinggal di apartemen jadi kalau mau ke tempat outdoor itu langsung wilayah umum. Terutama Nala yang sekarang umur 9 tahun. Waktu pandemi kan dia masih umur 7 tahun, dia lagi aktif-aktifnya suka les balet, gimnastik, kegiatan yang di luar rumah. Pas pandemi terjadi, hampir tiap 5 menit dia bilang bosan. Soal makanan juga ada kebosanan. Ibunya pasti ada masa-masa nggak kreatif. Tapi emang pandemi ini mendorong kita sebagai ibu mikir gimana caranya biar anak-anak nggak stres. Misal saat bosan sekolah online, Nala pernah ganti posisi di bawah meja makan jadi kaya tenda-tendaan gitu dan dia suka,” cerita Mona dalam event tersebut.

Salah satu bentuk eksplorasi juga dilakukan sang suami, Indra Brasco. Belakangan ini, Indra sangat sering upload video dance TikTok bareng Nala yang ternyata jadi bentuk dukungan orang tua biar anak nggak bosan di rumah.

“Sebenarnya ikut TikTok itu karena kebosanan juga. Nala itu suka dance, tapi pandemi jadi nggak tahu harus ngedance di mana. Kebetulan pas itu aku hamil besar jadi nggak bisa dance, untung bapaknya bisa ikut turun tangan nemenin Nala dance di TikTok,” lanjut Mona.

Kerja Sama dengan Suami Jadi Hal yang Penting

Resep Anak Bahagia di Masa Pandemi ala Mona Ratuliu, Ternyata Bisa Lewat Makanan Favorit
(c) Fimela/Daniel Kampua

Indra atau yang biasa dipanggil Yanda oleh anak-anaknya selama ini dikenal sebagai suami yang selalu mau membantu berbagai tugas dan pekerjaan di rumah, termasuk mengurus anak. Mona juga bercerita pentingnya kerja sama dengan suami untuk mendampingi anak selama di rumah aja.

“Yanda sebenarnya helpful, apa aja mau dikerjain. Awal-awal sekolah online itu kan aku agak gaptek, jadi dia yang lebih dampingi anak-anak kalau soal download, upload, dan semacamnya. Kalau soal pelajarannya, gimana cara ngajarinnya, itu lebih ke aku. Dia bantu apa aja mau kok, gendong bayi, ngasih makan. Malah dia bersyukur dulu kan dia sibuk banget jadi nggak tahu zaman anak-anak kecil ngapain aja. Walaupun pandemic ini banyak susahnya tapi dia syukuri bisa lebih banyak di rumah. Dia juga mau menyuarakan ke bapak-bapak lainnya kalau ngurus anak itu juga keren kok,” cerita Mona.

Suka Masak di Rumah, Mona Juga Sering Bereksperimen dengan Makanan Kekinian

Biarpun di kesehariannya di bantu asisten rumah tangga dalam hal masak-memasak, tapi Mona punya cara tersendiri nih biar bikin anak-anaknya tetap kangen masakan buatannya.

“Jadi, Mbak di rumah biasanya masak masakan Indonesia. Kalau masakan restoran yang kekinian itu tetap aku biar anak-anak nyariin aku. Sejak pandemi in ikan bosan ya makan itu-itu aja. Jadi kita cari menu yang belum pernah dimasak. Misalnya masakan Korea atau jajanan kekinian yang lagi hits kita cari resepnya apa, belanja bareng, terus kita bikin sendiri di rumah. Aku ajak anak-anak bikin biar mereka semangat juga makannya nanti,” lanjut Mona.

Di masa pandemi seperti sekarang, Mona memang concern banget untuk membuat makanan sehat untuk anak-anaknya. Tapi, sehat saja nggak cukup, harus enak juga biar anak-anak mau makan. Ia pun mengaku sering bereksperimen dengan yogurt yang sehat tapi tetap enak dan disukai anak.

“Yogurt itu suka banget. Anak-anak kan ada masanya bosan minum susu, jadi kita perlu mikir penggantinya yang pas apa. Yogurt itu kan juga ada rasa-rasanya yang kadang aku olah lagi jadi smoothie, aku campur buah, jadi gimana caranya biar anak nggak bosan nih,” ungkap Mona.

Manfaat Yogurt yang Ternyata Penting untuk Penuhi Nutrisi Anak

Resep Anak Bahagia di Masa Pandemi ala Mona Ratuliu, Ternyata Bisa Lewat Makanan Favorit
Credit: Vidio

Dijelaskan oleh Priscillia Angelina, Senior Brand Manager Heavenly Blush yang juga ikut hadir secara virtual menyebutkan manfaat yogurt yang ternyata sangat penting dalam masa pertumbuhan anak.

“Anak-anak di masa partumbuhan mereka itu perlu penyerapan nutrisi yang optimal. Nah, ini membutuhkan pencernaan yang sehat juga karena menjadi pintu masuk nutrisi ke organ tubuh yang lain. Misalnya kulit yang sehat, imunitas tubuh yang baik, dan menjaga mood agar tetap happy dan nyaman di rumah. Terakhir, membantu menjaga berat badan ideal untuk anak-anak,” ungkap perempuan yang akrab disapa Angel tersebut.

Karena kebutuhan nutrisi di masa pertumbuhan anak harus optimal, Heavenly Blush meluncurkan produk terbaru yaitu yogurt khusus anak-anak lewat Heavenly Blush YO Kiddo.

“Jadi seperti yang dibilang anak kan suka bosen minum susu. Selain bosan, ada juga anak yang punya lactose intolerance jadi nggak bisa minum susu, dia jadi diare dan sebagainya. Padahal anak butuh asupan optimal. Nah, yogurt ini punya nutrisi yang mirip dengan susu, laktosanya juga sudah terurai sehingga aman dikonsumsi dan nggak menyebabkan diare. Ini yang menginspirasi Heavenly Blush meluncurkan YO Kiddo, nggak hanya enak tapi juga memenuhi kebutuhan nutrisi anak. YO Kiddo sendiri merupakan yogurt pertama untuk anak-anak di Indonesia yang dapat menjaga kesehatan pencernaan dan memenuhi kebutuhan serat anak,” ungkap Angel.

Resep Anak Bahagia di Masa Pandemi ala Mona Ratuliu, Ternyata Bisa Lewat Makanan Favorit
(c) Fimela/Daniel Kampua

Angel melanjutkan, disarankan anak di atas usia 1 tahun yang bisa mengonsumsi Heavenly Blush YO Kiddo dan minum secara rutin minimal 1 kali setiap hari.

“Kandungan nutrisinya mirip susu, selain itu produk ini juga mengandung serat buah dan sayur asli. Konsumsi 1 kemasan setiap hari sudah memenuhi kebutuhan 30% serat harian anak agar kesehatan pencernaanya terjaga. Selain itu, untuk varian YO Immuno ada juga kandungan madu, zinc, dan dilengkapi vitamin yang diperlukan untuk tumbuh kembang anak seperti Vitamin A, C, dan E,” jelas Angel kemudian.

Kreasi Raspberry Strawberry Mango Frozen Yogurt Popsicle ala Mona Ratuliu

Selain sharing berbagai tips mendampingi anak selama di rumah, keseruan Playdate With Heavenly Blush juga masih berlangsung. Mona ngajakin para Sahabat Fimela buat bikin langsung kreasi camilan kekinian dengan Heavenly Blush YO Kiddo. Kali ini, Mona membuat kreasi Raspberry Strawberry Mango Frozen Yogurt Popsicle yang pastinya sangat disukai anak.

Resep Anak Bahagia di Masa Pandemi ala Mona Ratuliu, Ternyata Bisa Lewat Makanan Favorit
(c) Fimela/Daniel Kampua

Untuk membuat kreasi yang satu ini, gampang banget karena kamu bisa memanfaatkan bahan apa saja yang ada di rumah. Mona sendiri menggunakan Heavenly Blush YO Kiddo rasa raspberry, strawberry, mango yang masing-masing dituang ke dalam sebuah wadah dan dicampur. Ia menambahkan buah seperti stroberi, anggur, dan manga, kemudian masukkan krim supaya rasanya lebih creamy. Bisa juga menambahkan madu kalau ingin rasa manis yang tetap sehat.

Jika semua bahan sudah tercampur, aduk hingga merata. Masukkan ke dalam cetakan, lalu masukkan ke dalam freezer sekitar 3-4 jam sampai beku. Gampang banget kan menciptakan camilan yang sehat sekaligus enak buat anak?

Resep Anak Bahagia di Masa Pandemi ala Mona Ratuliu, Ternyata Bisa Lewat Makanan Favorit
Credit: Vidio

Di sesi DIY frozen yogurt bareng Mona kali ini juga berlangsung seru banget karena Sahabat Fimela yang berpartisipasi di Zoom juga banyak yang ikut berkreasi bersama buah hatinya. Ada yang menambahkan cokelat, biskuit, hingga kismis untuk membuat kreasi froyo ini jadi makin lezat.

Resep Anak Bahagia di Masa Pandemi ala Mona Ratuliu, Ternyata Bisa Lewat Makanan Favorit
(c) Fimela/Daniel Kampua

Selama sesi masak-masak ini berlangsung, Mona juga berbagi cerita bagaimana menghadapi anak yang stres dan bad mood sesuai dengan usia mereka. Hal paling penting yang perlu dilakukan orang tua di rumah adalah bersedia mendengarkan dan menjadi teman yang baik untuk anak. Selain itu, membuatkan makanan favorit seperti froyo ini juga bisa dilakukan untuk membuat anak happy lagi karena bisa membuat mereka merasa diperhatikan.

Wah, seru banget kan Playdate With Heavenly Blush YO Kiddo bareng Mona Ratuliu! Nggak hanya bisa mendapatkan tips mendampingi anak di rumah, tapi juga bisa sekalian membuat kreasi frozen yogurt sehat dengan Heavenly Blush YO Kiddo. FYI, produk Heavenly Blush yang satu ini dijual dengan harga terjangkau, yaitu mulai Rp 5ribu – 10ribu dan bisa ditemukan di mana saja dengan mudah. Buat yang berada di area Jabodetabek, bisa juga delivery order lewat WhatsApp di nomor 081287712014. Yuk, saatnya kreasikan Heavenly Blush YO Kiddo jadi makanan favorit anak di rumah!

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela