Sukses

Entertainment

7 Fakta Dorce Gamalama dan Sakitnya, Juga Pesan Ketika Meninggal Kelak

Fimela.com, Jakarta Dorce Gamalama sampai sekarang masih berjuang melawan penyakit diabetes yang telah dideritanya selama ini. Beberapa waktu lalu, ia juga sempat mengalami kondisi yang menurun, sampai akhirnya dilarikan ke rumah sakit.

Penyakit diabetes yang dideritanya ini dikabarkan sudah dalam kondsi akut, sehingga sudah menjalar ke organ-organ lain seperti ginjal, jantung, hingga syaraf di dalam tubuh Dorce Gamalama.

Lalu bagaimana sebenarnya yang terjadi pada Dorce Gamalama? Sampai dirinya meminta bantuan kepada Presiden Jokowi dan mantan Presiden Megawati Soekarnoputri, juga dirinya yang berpesan seolah akan meninggal. Berikut beberapa faktanya.

Dirawat 3 Bulan

Harus berjuang melawan komplikasi penyakit diabetes, Dorce Gamalama harus dirawat intensif di rumah sakit sampai sekitar 3 bulan. Ia bahkan sempat dirawat di ICU pada Oktober 2021, dan kemudian barukeluar rumah sakit belakangan ini.

Tak Bisa Berjalan

Namun, meski saat pulang ke rumah dirinya dalam kondisi yang baik, Dorce belum bisa berjalan sebagaimana biasanya. Hal itu dikarenakan masih ada kendala.

"Bunda Dorce sudah lumayan membaik ya, semuanya di cek sudah normal semua. Cuma hanya kendalanya di kaki," kata Hetty Sunjaya, salah seorang sahabat.

Kurus dan Kaki Bengkak

Penyakit diabetes dan kompikasinya ini membuat Dorce tampak semakin kurus, sementara kakinya pun bengkak. Sampai saat ini, meski sudah diperbolehkan pulang, namun Dorce masih harus rutin menjalani terapi juga cek up.

"Cuma memang badannya lebih kurus daripada yang kemarin baru pulang dari rumah sakit. Mungkin makannya enggak mau ya, jadi gitu, agak kurus. kakinya dua-duanya bengkak, mungkin karena ga pernah berjalan, kan di kursi roda terus. Sudah gitu bahkan di tempat tidur melulu, karena kan harus bed rest ya," ucap Hetty.

Minta Bantuan

Dorce sekarang ini dalam perawatan anak-anaknya. Ia pun pada satu kesempatan meminta bantuan kepada Megawati Soekarnoputri untuk berobat.

"Yang saya hormati ibu Megawati Soekarnoputri, tolong ya bu berapa aja deh bu, mau berobat. Makasih banyak ya bu," kata Dorce dalam sebuah video yang beredar di media sosial.

Ia juga berterimakasih kepada Presiden Joko Widodo atas bantuannya. "Bapak Presiden, bapak Jokowi yang saya hormati, saya mau ucapkan terima kasih atas bantuan bapak kepada saya," lanjutnya.

Tak lama setelah video tersebut beredar, ia kemudian mengunggah sebuah video yang berisi ucapan terima kasih kepada Megawati Soekarnoputri. Dorce juga mendoakan yang terbaik bagi Presien Indonesia kelima tersebut.

Pesan ke Anak

Karena selama ini telah berjuang melawan komplikasi penyakit diabetes, Dorce merasa bahwa usianya kemungkinan tak lagi lama di dunia. Karenanya, ia berpesan kepada anak-anaknya supaya menjaga perasaannya.

"Saya juga bilang sama anak-anak, 'jangan sakiti mama, umur mama nggak panjang'," kata Dorce Gamalama.

Diperlakukan Sebagai Perempuan

Dorce juga berpesan jika dirinya meninggal nanti, ia berharap jenazahnya diperlakukan seperti layaknya perempuan Islam. Meskipun hal ini akhirnya menuai banyak pro dan kontra di masyarakat.

"After operation, saya perempuan. Ya saya punya kelamin perempuan. Mandikan saya dengan pakaian perempuan, sebagai seorang wanita," tutur Dorce.

Siapkan Kain Kafan

Selain itu, Dorce juga mengaku sudah menyiapkan kain kafan sebagai pakaian terakhirnya menghadap Ilahi. Ia juga mengaku sudah menyiapkan kuburannya sendiri.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading