Sukses

Entertainment

Ibnu Jamil Ceritakan Suasana Ramadan di Tanah Suci, Tetap Nikmat Meski Menu Buka Puasanya Sederhana

Fimela.com, Jakarta Ibnu Jamil dan istrinya, Ririn Ekawati baru saja menjalani ibadah umrah di bulan suci Ramadan. Ia pun mengungkapkan bagiamana enaknya suasana Ramadan di Tanah Suci.

Hal itu diceritakan Ibnu Jamil saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, belum lama ini. Menurutnya, meski berbuka puasa dengan menu yang sederhana, namun melakukannya di Mesjid Nabawi bersama banyak umat islam dari berbagai negara di dunia begitu nikmat.

"Enak banget (puasa di Tanah Suci), buka puasa aja nikmat banget, cuma pakai air zamzam dan kurma," ungkap Ibnu Jamil.

"Gue paling suka buka puasanya di Masjid Nabawi, ramai-ramai tuh satu baris, wah. Buka puasa lihat langit transisi dari terang ke gelap itu nikmatnya luar baisa, sambil dengar azan," paparnya kemudian.

 

Perbedaan Suasana

Selain suasana berbuka puasa yang begitu nikmat, hal lain yang diceritakan Ibnu Jamil berdasarkan pengalamannya menjalani ibadah puasa di Tanah Suci Mekkah adalah ketenangan. Ia bercerita, jika sebagian besar warga setempat sangat menghormati bulan Ramadan dengan mengurangi aktifitas di siang hari.

"Orang Arab kalau puasa agak berubah kehidupannya. Jadi malamnya hidup, pagi ke siang tidur. Jadi habis salat subuh biasanya masih pada tutup toko, nanti buka lagi ba'da zuhur," katanya.

Tak Sengaja

Ibnu Jamil lantas menjelaskan, keberangkatannya umrah saat bulan Ramadan bukanlah hal yang disengaja. Sejak awal memang sudah merencanakan untuk umrah, ia bersyukur kelonggaran pemerintah terkait perjalanan ke luar negeri terjadi ketika masuk bulan Ramadan.

"Sebenarnya ini (umrah) perjalanan yang gue mau rencanain sama Ririn, cuma waktu itu pandemi. Alhamdulillah sekarang semakin membaik, dapatnya pas Ramadan dan katanya pahalanya berlipat-lipat," pungkasnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading