Sukses

Entertainment

Beredar Isi Surat Tulisan Sutan Sjahrir Untuk Sang Istri, Romantisnya Bikin Meleleh

Fimela.com, Jakarta Surat-surat lawas karya Perdana Menteri pertama Indonesia, Sutan Sjahrir beredar di sosial media Instagram. Banyak yang memuji romantisme kalimat yang dirangkai Sutan Sjahrir kemudian membandingkannya dengan Dilan, karakter remaja yang digambarkan Pidi Baiq dalam beberapa novelnya.

@gerilyasastra, akun Instagram yang membagikan video singkat berisi surat tulisan tangan Sutan Sjahrir saat berada di penjara. Surat sendiri berisi curahan perasaan Sutan Sjahrir pada istrinya, Maria Duchateau alias Mieske.

"Apa yang tak kutemukan di dalam filsafat, aku temukan pada dirimu," isi penggalan kalimat romantia dari surat tulisan Sutan Sjahrir yang dijadikan caption dari unggahan akun @gerilyasastra.

 

Ungkapan Kerinduan

Di salah satu surat karya Sutan Sjahrir yang dibagikan, disinyalir surat tersebut dibuat Sutan Sjahrir saat harus berpisah dengan istrinya selama menjalani masa tahanan di Boven Digul medio tahun 1932 sampai 1940. Hal itu terlukis dari ungkapan rindu Sutan Sjahrir pada Maria yang digambarkan melebihi pahitnya hidup di dalam penjara.

"Di sini aku merasa lebih banyak kesepian dan sendiri, melebihi kesendirian di dalam sel penjara itu sendiri", tulis penggalan kalimat dalam surat milik Sutan Sjahrir.

Bikin Meleleh

Alhasil, warganet yang melihat video berisi surat dari Sutan Sjahrir untuk sang istri selama menjalani pengasingan pun dibuat terkagum. Bahkan, beberapa dari mereka lantas menganggapkan sosok Sutan Sjahrir sebagai panutan yang memiliki sisi romantis lebih dari karakter Dilan yang ada di novel karya Pidi Baiq.

"Puitis sekali," tulis salah satu warganet.

"Dilan mah lewat," sahut yang lain.

"The real anak senja. Alfatihah untuk beliau," sambung warganet yang lainnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading