Memaknai Cinta dan Penyesalan di Film Suzhou River

Syifa Ismalia24 Mei 2022, 13:45 WIB
Diperbarui 24 Mei 2022, 13:45 WIB
Film Suzhou River tayang di KlikFilm

Fimela.com, Jakarta Film Suzhou River sempat menjadi tontonan yang sangat menarik di tahun 2000. Film karya sutradara Lou Ye ini mengisahkan cinta tragis yang berlatar Shanghai kontemporer.

Suzhou River juga menampilkan performa memikat aktor Jio Hongsheng dan Zhou Xun dengan ikatan emosi yang intim.

Film ini dibuka dengan suasana Sungai Suzhou di Cina dengan air keruh dan lingkungan kumuh menjadi saksi beragam peristiwa dari penemuan mayat hingga warga yang mengadu nasib demi menyambung hidup di Kota Shanghai.

Suzhou River berlatar suasana arsitektur gedung-gedung di tepi sungai yang dibangun secara kacau dari bangunan pabrik dan gudang yang ditinggalkan penghuninya, di sepanjang Sungai Suzhou. Suasananya berkebalikan dari wajah baru Shanghai yang mewah.

Tentang Film

Film Suzhou River tayang di KlikFilm
Film Suzhou River tayang di KlikFilm (istimewa)

Seorang videographer (Hua Zhongkai) direkrut bos tempat hiburan, Happy Tarvern, untuk mempromosikan gadis duyung bernama Meimei (Zhou Xun) agar pengunjung makin ramai, justru jatuh hati. Keduanya lantas menjalin kisah cinta. Meimei suatu hari bertanya, andai kelak ia menghilang, akankah videografer mencarinya dengan gigih seperti Mardar (Jio Hongsheng)?

Mardar adalah pengirim barang yang jatuh cinta pada Moudan (Zhou Xun). Suatu hari, kedua partnernya yakni Lao B (Yao Anlian) dan Xiao Hong (Nai An) merencanakan kejahatan dengan melibatkan Moudan sebagai umpan dan meminta tebusan 45 ribu Yuan.

Mengetahui nyawanya hanya dihargai 45 ribu Yuan, Moudan naik pitam lalu terjun dari jembatan sungai. Tubuhnya amblas. Mardar yang syok ikut terjun mencari tubuh Moudan namun tidak ketemu.Pujian patut diberikan kepada Zhou Xun yang berhasil membangun dua tokoh beda watak dengan sama alaminya. Meimei dan Moudan adalah primadona tak terlupakan di sini.

Kisah Cinta yang Tragis

Film Suzhou River tayang di KlikFilm
Film Suzhou River tayang di KlikFilm (istimewa)

Selain itu, performa Jio Hongsheng sebagai Mardar mampu mengimbangi daya tarik Zhou Xun. Keduanya menganyam kisah cinta tragis lewat pertautan emosi dengan latar belakang terang.

Sineas Lou Ye yang menyutradarai dan membidani cerita ini memoles kisah cinta dua pasang manusia dengan tingkat keintiman yang terus menanjak. Ia hanya butuh waktu kurang dari 90 menit untuk bertutur dengan problem dan emosi terukur.

Film Suzhou River akan tayang di KlikFilm mulai Mei 2022. Setelah menyaksikan film tersebut, penonton akan memaknai kembali cinta, kehilangan, dan penyesalan.

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela