Sukses

Entertainment

Kiki Fatmala Kisahkan Lagi saat Idap Kanker Stadium 4 Padahal tak Ada Gejala, Sebuah Pelajaran dan Perjuangan

Fimela.com, Jakarta Kanker memang menjadi momok mengerikan bagi manusia. Penyakit ini merupakan penyakit yang mematikan. Tak banyak orang yang mampu bertahan ketika sel kanker sudah menjalar di tubuh seseorang. Kisah tentang kanker juga dialami oleh Kiki Fatmala.

Beberapa waktu lalu, Kiki Fatmala sempat divonis mengidap kanker stadium 4. Padahal dirinya selama ini merasa sehat-sehat dan tak mengalami gejala sebagaimana penderita lainnya.

"Jadi gini, aku tuh nggak mengalami gejala ya, biasanya orang itu mengalami gejala batuk, terus batuknya itu mengeluarkan darah, biasanya orang akan langsung cek," kata Kiki Fatmala di studio Trans TV, Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (21/6).

"Aku nggak mengalami seperti itu," tegas Kiki Fatmala yang mengaku kaget pada awalnya.

Awal Tahu

Kiki fatmala pun berkisah tentang bagaimana dirinya bisa mengetahui kanker yang dideritanya. Ia mengaku merupakan seorang yang rutin melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan secara menyeluruh atau general check up.

"Jadi gimana aku bisa tahu sakit kanker, awalnya itu aku setiap tahun selalu melakukan general check up, terus pada November 2021 aku melakukan general check up, termasuk cek kanker," ujar Kiki.

Padahal, sebelumnya Kiki tak pernah melakukan cek untuk kanker di tubuhnya. "Sebelumnya aku nggak pernah cek ada kanker atau nggak, baru tahun lalu aku coba cek," lanjutnya.

Stadium 4

Setelah dilakukan cek medis secara menyeluruh, Kiki baru tahu bahwa dirinya ternyata mengidap kanker stadium 4. Awalnya diketahui ada sesuatu yang janggal di paru-parunya, yang ternyata adalah kanker yang sudah staidum akhir.

"Pas udah cek itu dan hasilnya ada sesuatu di paru-paru aku, terus cek lagi, cek lagi, dan ternyata baru tahu kalau itu kanker, dan ternyata udah stadium 4," papar Kiki.

Menurut Kiki, sang suami lah yang mengetahui penyakitnya terlebih dahulu. Karena kalaitu, sang suami yang mengambil hasil pemeriksaan kesehatan tersebut. Kiki mengatakan bahwa suaminya langsung menangis.

"Jujur yang pertama kali tahu itu suami aku, akhirnya suami aku nangis, dan kita berdua juga syok, nggak bisa berkata-kata dan cuma bisa meneteskan air mata," tutur Kiki.

Sempat Terpuruk

Tak mudah tentu saja ketika mengetahui bahwa ancaman kematian sangat nyata dengan adanya kanker statium 4 tersebut. Karenanya juga tak mudah bagi Kiki Fatmala ketika mengetahui dirinya mengidap penyakit mematikan itu.

Kiki bahkan sempat merasa terpuruk karena ia mengetahui bahwa jarang sekali orang yang bisa sembuh dari penyakit tersebut.

"Bahkan aku udah berpikir hal terburuk karena ini kanker stadium 4, sangat jarang sekali orang bisa sembuh," ujar Kiki.

Berjuang

Tetapi, kondisi mengasihani diri tersebut akhirnya berakhir. Bersama suaminya, Kiki bangkit dari keterpurukan dan menempuh pengobatan. Ia mengaku, semangat dan dukungan dari sang suami membuatnya berusaha bangkit dan melakukan pengobatan untuk sembuh.

"Tapi suami aku akhirnya bilang begini 'Udah cukup, kita nggak usah menangis lagi', kita harus berpikir ke depannya seperti apa, ya suami aku cari pengobatannya dimana, dan aku akhirnya berobat ke Singapura," ungkap Kiki.

Sekarang, Kiki Fatmala sudah merasa kondisinya jauh lebih membaik. Seperti diketahui, dirinya kini sudah dinyatakan sembuh dari kanker stadium 4. Ia merasa bersyukur karena masih bisa memiliki kesempatan untuk sembuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading