Manfaatkan Teknologi. Fitri Carlina Sukses Go Internasional Sampai Manggung di Amerika

Rivan Yuristiawan27 Jun 2022, 17:45 WIB
Diperbarui 27 Jun 2022, 17:45 WIB
5 Artis yang Punya Bisnis Kuliner di Luar Negeri, Fitri Carlina Punya Kafe Dangdut

Fimela.com, Jakarta Pedangdut Fitri Carlina mengaku bersyukur bisa beberapa kali membawa musik dangdut go Internasional. Bahkan, perempuan 35 tahub itu sempat manggung di beberapa event musik besar di Amerika Serikat. Menurutnya, hal tersebut tak terlepas dari kemudahan publik dalam mengakses informasi lewat berbagai platform digital yang tersedia seperti YouTube.

Seperti selebritas lain yang terjun sebagai konten kreator, Fitri Carlina memang juga memiliki YouTube channel tersendiri untuk memamerkan karya-karya musiknya. Dari situ, istri dari Hendra Sumendap itu mengaku terbuka jalannya untuk go internasional.

"Aku bisa berkesempatan untuk beberapa kali tampil di event besar Amerika karena basic-nya mereka lihat di channel aku karena sekarang itu artis dituntut untuk memiliki channel sendiri," kata Fitri Carlina.

Berkembang

[Fimela] Fitri Carlina di peluncuran Nagadigit
Fitri Carlina di peluncuran Nagadigit (foto: istimewa)

Lebih lanjut, meski belum sebesar artis lain yang merambah dunia YouTube, namun Fitri Carlina menilai progress kanal YouTube miliknya menunjukkan hasil yang terbilang positif. Dalam satu tahun, Fitri Carlina mengaku sudah mengalami lonjakan traffic yang cukup signifikan sejak bergabung dengan Nagadigit.

"Setelah YouTube channel aku bergabung dengan Nagadigit itu perkembangannya luar biasa. Tahun lalu itu, YouTube channel-ku masih 10.000 subscribers dan di tahun ini setelah setahun berkembang sudah 162.000 subscribers," paparnya.

"Kalau hasil secara monetize mungkin masih berjuang ya dibandingkan dengan show nyanyi aku. Cuma, kalau punya YouTube channel sendiri itu tidak hanya mencari cuan tapi menjadi wadah untuk berkreasi dan mengeluarkan karya kita," sambungnya kemudian.

Kerjasama

[Fimela] Fitri Carlina di peluncuran Nagadigit
Fitri Carlina di peluncuran Nagadigit (foto: istimewa)

Nagadigit adalah jaringan Multi Channel Network penyedia layanan pihak ketiga yang berafiliasi dengan sejumlah kanal YouTube untuk menawarkan layanan seperti pengembangan penonton, pemograman konten, kolaborasi kreator, managemen hak digital, monotisasi, dan/penjualan. Nagadigit merupakan hasil kerjasama label rekaman Nagaswara dan Pragita Prabawa Pustaka yang memegang lisensi dari beberapa penyanyi dan komposer.

Selain Fitri Carlina, beberapa nama lain yang bergabung di dalamnya yaitu Denny Caknan, Tri Suaka, NdarBoy Genk, Happy Asmara, dan masih banyak lagi.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela