Sukses

Entertainment

Ivan Gunawan Senang Bisa Wujudkan Nazar, Masjid yang di Bangun di Afrika Hampir Rampung

Fimela.com, Jakarta Nama Ivan Gunawan sudah tidak asing didengar masyarakat Indonesia. Ia dikenal sebagai desainer sekaligus presenter yang selalu menghiasi layar kaca televisi.

Sukse sebagai artis dan dsesainer tak membuat Ivan Gunawan lupa untuk berbagi dengan sesama. Terbukti, dia kerap kali aktif dalam berbagai kegiatan sosial, salah satunya tengah membangun masjid di Uganda, Afrika.

Uganda sengaja dipilih Ivan Gunawan karena populasi Muslim di sana saat ini mengalami peningkatan. Dan seiring dengan peningkatan tersebut, dibutuhkan masjid-masjid baru yang layak untuk menampungnya.

"Jadi kebetulan di Uganda banyak muslimnya, tapi mereka kan susah kehidupannya. Mau cari air bersih susah, buat makan susah, apalagi masjid. Jadi saya berpikir adalah hal yang tepat untuk mendirikan masjid disana," kata Ivan Gunawan seperti rilis yang diterima FIMELA.

"Nggak cuma Masjid. Baju Muslim, mukena, sarung di sana juga susah. Ya alhamdulillah ada anak Indonesia yang mau meluangkan waktunya ikut di dalam acara kemanusiaan. Dari situ saya jadi terinspirasi untuk membuat masjid yang bagus dan fasilitas yang layak untuk saudara muslim disana," tambah Ivan Gunawan

Wujudkan Nazar

Pria yang biasa disapa Igun itu mengaku senang akhirnya bisa mewujudkan nazarnya untuk membangun rumah ibadah. "Alhamdulillah senang banget karena saya punya nazar sama Allah bahwa saya ingin membangun masjid. Dan hal itu bisa terwujud", ucap Ivan Gunawan.

Ivan Gunawan memang tidak sendiri dalam pembangunan ini. Ivan bekerja sama dengan Yayasan Golden Future dan juga desainer interior kenamaan Tanah Air Susan Emir, yang merupakan pemilik Rumah Sabine.

"Di sini aku bekerja sama dengan sejumlah pihak yang memiliki misi yang sama. Yang pertama adalah Yayasan Golden Future Indonesia, yang terus memantau pembangunan masjid ini dari awal sampai sekarang. Untuk desain masjid, aku percayakan pada desainer interior kebanggaanku Susan Emir, pemilik Rumah Sabine. Dengan sentuhannya, aku percaya bahwa masjid ini insya Allah akan menjadi megah, cantik, nyaman dan pastinya bermanfaat bagi umat," tuturnya.

Tidak Terjun Langsung ke Lapangan

Meski begitu, Ivan mengaku tidak langsung terjun ke lapangan untuk membangun masjid tersebut. "Aku nggak mempersiapkan apa-apa jadi aku hanya mengirimkan dananya aja, mereka langsung cari lahan. Dan yang bikin aku takjub, lahan masjid yang aku buat itu suasananya bagus banget dan sedikit lagi jadi," ucapnya.

Terkait Masjid

Masjid Indonesia by Ivan Gunawan pertama kali di Bangun pada tanggal 16 April 2022 berlokasi di Distrik Butanjwa Hoima Uganda Barat. Warga Uganda Barat, tepatnya di Distrik Hoima sangat antusias menyambut project pembangunan Masjid tersebut. Masjid dengan ukuran cukup besar itu mampu menampung hingga 400 Jamaah dalam sekali waktu salat. 

Proses pembangunan masjid di Uganda sendiri saat ini hampir selesai. Meski belum berdiri sempurna,  masjid ini telah digunakan oleh warga sekitar untuk beribadah. Hal ini dilaporkan oleh Hamza Tamimy, relawan dari Golden Future Indonesia yang tengah berada di Uganda untuk mengawasi pembangunan masjid tersebut.

"Alhamdulillah pembangunan sudah 80 persen jadi. Meski belum sepenuhnya jadi, masjid saat ini sudah dipakai solat dan kajian oleh warga sekitar. Selain masjid, kita juga membuat sumber air  untuk berwudhu dan sehari-hari juga digunakan oleh masyarakat sekitar untuk masak dan minum," ujarnya.

Hingga saat ini pembangunan masjid ini terus dikebut setiap hari agar masyarakat sekitar bisa beribadah dengan nyaman. Sementara untuk dana pembangunan, Ivan Gunawan secara rutin mengirimkan bantuan pembangunan masjid tersebut dari dana CSR perusahaannya. Dana tersebut didapat dari setiap pembelanjaan Mandjha dan IGP (Ivan Gunawan Group) yang sebagian disisihkan untuk CSR. 

"Jadi di perusahaan kami selalu ada dana untuk CSR. Dana CSR inilah yang kami gunakan untuk berbagai kegiatan sosial. Salah satunya adalah pembangunan masjid di Uganda itu. Selain Uganda, aku turut serta memperbaiki fasilitas beberapa masjid di Jawa Barat," ungkap Ivan Gunawan. 

Kegiatan Sosial

Ini bukan pertama kalinya Ivan Gunawan melakukan kegiatan sosial. Sebelumnya, Ivan Gunawan pernah memberi apresiasi ke supir yang membantu ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa), membelikan sepeda motor untuk kakek yang bersepeda sejauh 15 KM demi vaksin, dan berkolaborasi dengan Windy anak tunagrahita yang kreatif.

"Bagi aku, hidup itu harus bermanfaat bagi banyak orang. Alhamdulillah dengan keahlian mendesain pakaian aku bisa bermanfaat buat orang-orang yang ingin tampil menawan. Lalu dari desain itu pula, aku bisa membuka peluang kerja bagi banyak orang. Aku percaya kalau manfaat atau kebaikan yang kita tabur itu nantinya pasti akan berbalik lagi sama diri kita. Jadi jangan pernah bosan untuk selalu menebar manfaat dimanapun kita berada," tutupnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading