Buntut Kasus KDRT, Rizky Billar Didepak dari Dangdut Academy 5

Charisma Laksita05 Okt 2022, 16:15 WIB
Diperbarui 05 Okt 2022, 17:31 WIB
Rizky Billar. (Foto: Instagram @rizkybillar)

Fimela.com, Jakarta Rizky Billar dipecat dari acara Dangdut Academy 5 sebagai buntut dari perbuatan KDRT yang ia lakukan pada Lesti Kejora. Pemberhentian Billar disampaikan langsung oleh para pembawa acara dalam tayangan yang ditayangkan Selasa (04/10/2022) petang. 

Pengumuman pemecatan Billar juga dibagikan oleh stasiun TV Indosiar melalui video yang diunggah ke akun resmi Instagram mereka, @indosiar. Melalui pengumuman itu, Indosiar memutuskan untuk mengambil tindakan tegas terhadap kasus yang menimpa Rizky Billar dan Lesti Kejora. 

"Informasi bagi seluruh bestie Indosiar bahwa Rizky Billar tidak lagi menjadi host di #DAcademy5! Yuk! Sama-sama kita berani bersikap untuk menolak kekerasan yang terjadi dalam rumah tangga," bubuh Indosiar dalam keterangan unggahan itu. 

Peraturan Penyiaran

Lesti Kejora dan Rizky Billar
Lesti Kejora dan Rizky Billar

Dalam video tersebut, tampak Ruben Onsu, Ramzi, dan Irfan Hakim selaku pembawa acara DA 5 mewakili pihak Indosiar menyampaikan keputusan pemecatan Billar. Ramzi juga menuturkan bahwa keputusan ini diambil berdasarkan peraturan penyiaran Indonesia yang tidak memperbolehkan para pelaku KDRT untuk tampil di media massa. 

"Kami mau mengajak semua masyarakat Indonesia untuk berani speak up dan menolak terhadap segala bentuk kekerasan. Sekali lagi saya tegaskan, menolak segala bentuk kekerasan dalam rumah tangga," ucap Ruben Onsu.

"Ya, kami informasikan kepada pemirsa, agar sama-sama mengetahui bersama, televisi dan konten-konten digital itu sangat berbeda. Televisi mempunyai lembaga yang mengatur semua penyiaran. Berangkat dari peraturan tersebut, keputusan Komisi Penyiaran Indonesia, mengenai penutupan ruang untuk semua pelaku KDRT untuk tampil di radio dan televisi," sambung Ramzi.  

 

L for Lesti

Sesuai Imbauan KPI Soal Pelaku KDRT, Indosiar Umumkan Pecat Rizky Billar sebagai Host Dangdut Academy. (indosiar)
Sesuai Imbauan KPI Soal Pelaku KDRT, Indosiar Umumkan Pecat Rizky Billar sebagai Host Dangdut Academy. (indosiar)

Video itu pun diakhiri dengan keputusan pemecatan Billar dari ajang kompetisi dangdut ternama di Indonesia. Didampingi beberapa host lain, ketiganya juga menunjukkan dukungan mereka bagi Lesti Kejora. 

"Dan, Indosiar menjawab pertanyaan netizen sekaligus mengambil keputusan. Dengan ini, kami umumkan bahwa mulai malam ini, Rizky Billar tidak lagi menjadi host Dangdut Academy 5," tegas Irfan Hakim penuh penekanan.

"Stop KDRT! L for Lesti, L for love," pungkas seluruh pembawa acara secara bersamaan. 

 

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela