Sukses

Entertainment

Andien Ajak Perempuan Tampil Cantik dan Bangga dengan Kebaya

Fimela.com, Jakarta Andien Aisyah turut serta menjaga dan melestarikan warisan budaya dengan caranya sendiri. Salah satu yang sedang ia suarakan adalah gerakan mengenakan kebaya bagi perempuan dalam kehidupan sehari-hari.

Selama ini kebaya sering kali dikenakan di acara-acara formal. Namun Andien dan beberapa figur publik Tanah Air memberi alasan kuat kenapa kebaya juga bisa diterapkan dalam look yang lebih kasual.

"Baru-baru ini sebenernya aku dan beberapa temenku mencoba untuk menggagas Sobat Kebaya dan Kebaya Goes to UNESCO, karena kita aware jika kebaya ini sudah coba didaftarkan oleh beberapa negara tetangga sebagai warisan budaya mereka. Sebenarnya ini bukan masalah rebutan atau gimana, tapi lebih karena kita sama-sama besar di indonesia, di mana sebenernya kita sama-sama tahu, kebaya sudah menjadi bagian dari perempuan Indonesia." tutur Andien ditemui usai tampil di GAIA Music Festival belum lama ini. 

Hidupkan Tren Kebaya

Andien berupaya membuat generasi muda dan penerus lebih familiar dengan kebaya. Salah satunya dengan cara menggunakannya di gaya penampilan sehari-hari. 

"Semakin ke sini semakin bnayak yang hilang dari warisan tersebut. jadi kenapa ga kjta coba untuk lestarikan, kita coba untuk menjadi contoh bagi generasi yang lebih muda, anak-anak, cucu-cucu kita karena yang menjadi contoh ya kita-kita sekarang," lanjutnya.

Penerapan Kebaya di Era Modern

Dalam penerapannya mungkin ada yang kesulitan membayangkan pemakaian kebaya dalam versi kasual. Andien menjelaskan jika motif atau bahan kebaya tak selalu formal, sehingga bisa diaplikasikan dengan seamless dengan gaya modern.

"Buatku kebaya Indonesia ga butuh validasi, karena seharusnya sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Bukan hanya di acara besar, sehari-hari bisa juga pakai kebaya. Kebaya kan nggak semua bahannya brokat dan payet-payet gitu, jadi movement ini aku rasa bisa mewakili hampir semua perempuan Indonesia," pungkasnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Andien adalah penyanyi muda berbakat sekaligus blogger terkenal asal Indonesia
    Andien adalah penyanyi muda berbakat sekaligus blogger terkenal asal Indonesia

    Andien

  • Kebaya adalah pakaian adat di Indonesia, yang menjadi ciri khas pakaian tradisional masyarakat di Jawa.

    Kebaya

Loading