Sukses

Entertainment

Beberapa Fakta Proses Midodareni Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Malam Sebelum Menikah

Fimela.com, Jakarta Salah satu proses sebelum menikah yang dilakukan oleh Kaesang Pangarep dan Erina Gudono adalah midodareni. Sebelumnya, beberapa rangkaian proses adat Jawa sudah ditempuh keduanya seperti pengajian dan juga siraman.

Pada malam midodareni yang dilakukan pada malam sebelum acara akad nikah, Erina tak boleh keluar dari kamar. Namun, pada prosesi tilik nitik, ibu Erina, Sofiatun Gudono mengajak Iriana menengok Erina. Namun, Kaesang dilarang mengintip calon istrinya itu.

Berikut beberapa fakta yang ada pada acara midodareni Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang dihelat pada 9 Desember 2022 malam.

Diantar Presiden

Presiden Jokowi mengantarkan anak bungsunya, Kaesang Pangarep dalam acara midodareni yang menjadi prosesi penutup sebelum akhirnya kedua mempelai melangsungkan akad nikah keesokan harinya.

Selain Presiden Jokowi, datang juga Iriana Jokowi, Gibran Rakabuming, Kaesang maupun Bobby Nasution. Lalu ada pula Selvi Ananda dan Kahiyang Ayu mengenakan kebaya lilac.

Jubir

Putra sulung pasangan Gibran Rakabuming Raka-Selvi Ananda, Jan Ethes Srinarendra, mendadak jadi 'juru bicara' (jubir) Presiden Joko Widodo usai acara midodareni dalam rangkaian pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Sofia Gudono yang digelar Jumat (9/12) malam.

Saling Berkenalan

Prosesi midodareni juga menjadi momen perkenalan kedua keluarga. Mewakili pihak keluarga Presiden Jokowi adalah Gibran Rakabuming, sementara Allen Gudono.

Sifat Kaesang

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang ikut hadir dalam midodareni merupakan kakak Kaesang dan juga Juru Bicara Pernikahan Kaesang-Erina. Dalam momen tersebut Gibran mengungkap sifat-sifat adiknya, Kaesang.

"Yang ini namanya Kaesang. Kaesang yang nomor tiga. Anaknya memang punya image slengekan. Tapi hatinya baik, bertanggung jawab. Punya komitmen yang sangat baik, terutama di dunia kerja. Saya yakin ke depan bisa membahagiakan Erina," ujar Gibran dipantau dari live YouTube channel Presiden Joko Widodo.

Titip Bunga

Kaesang terlihat terus membawa sebuket bunga warna putih di sepanjang acara midodareni tersebut. Bunga itu dititip untuk diberikan kepada Erina yang masih dipingit. Pada saat itu Kaesang belum diperbolehkan menemui Erina.

Seserahan

Pada kesempatan ini, Kaesang sekaligus mengantarkan seserahan untuk Erina Gudono. Menurut Erina, seserahan yang diberikan kepadanya dari Kaesang merupakan barang-barang sehari-hari yang biasanya digunakannya.

Berikan Pelangkah

Sebagaimana diketahui, Erina melangkahi kedua kakaknya Allen Gudono dan Nadya Gudono ketika dirinya menikah dengan Kaesang Pangarep. Dalam adat Jawa, maka Erina harus memberikan pelangkah kepada kedua kakaknya.

Dalam hal ini Erina mengikut adat Jawa dan memberikan pelangkah kepada kakaknya berupa kain batik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading