Sukses

Fashion

Arti Warna Busana Pada Setiap Pemakainya

Fimela.com, Jakarta Teori warna menyatakan bahwa warna mempunyai sifat dan watak yang sering diasosiasikan dengan suasana, waktu, dan kesempatan. Jadi, tiap warna mempunyai sifat-sifat tersendiri yang menunjukkan ciri khasnya.

Biasanya jika seseorang berbusana, hal yang paling diutamakan adalah warna busana dan modelnya agar menghasilkan penampilan yang serasi dan stylish. Namun sebenarnya warna bisa merepresentasikan makna lain yang tanpa kita sadari menjadi panduan dalam berbusana. Misal, ketika kamu sedang berduka, kamu akan cenderung memilih warna-warna gelap, atau jika kamu sedang jatuh cinta, pink akan menjadi warna pilihan kamu. Berikut beberapa arti warna busana menurut Fitinline:

Arti Warna Busana Pada Setiap Pemakainya. (via: istimewa)

Warna Putih, tak hanya bermakna netral, putih bisa diartikan cahaya, terang, dan bersih. Jika dikaitkan dalam hal berbusana, putih sering menjadi pilihan dalam busana kantor karena membuat si pemakai merasa sejuk dan nyaman. Putih juga melambangkan kepolosan dan kebersihan. Hal itu juga menjelaskan para pelaku medis menggunakan seragam putih untuk merepresentasikan bersih dan bebas kuman. Namun putih juga bisa mewakili dalam dunia fashion. 

Warna Hitam, hitam diartikan sebagai gelap, suasana sedih atau menyerap cahaya. Namun hitam dalam fashion berarti stylish, elegan dan seksi. Hitam sering menjadi andalan bagi mereka yang berbadan besar karena bisa menyamarkan bentuk badan. Hitam juga mencerminkan kekuatan dan keanggunan. Jadi, tidak mengherankan jika setiap perempuan wajib memiliki satu gaun hitam.

Warna Merah, adalah simbol kasih sayang dan gairah. Merah juga warna yang sarat emosi. Memiliki karateristik menantang namun menarik perhatian. Dalam berbusana, warna merah dipilih jika si pemakai ingin menarik perhatian orang-orang di sekitarnya. Tanpa perlu berkata apa-apa, seseorang yang memakai baju atau gaun merah seakan-akan menyerukan “lihat aku!”.

Warna Kuning, busana atasan berwarna kuning mungkin jarang digemari. Alasan paling umum dikemukakan adalah terlalu ngejreng. Kuning memang warna yang paling sulit diidentifikasikan oleh mata karena terlalu silau dan justru menyakitkan mata. Namun warna yang tergolong ceria ini juga memiliki sifat positif yaitu meningkatkan konsentrasi dan mempercepat metabolisme. Salah satu buktinya adalah kertas pesan tempel (stick note) yang menggunakan warna kuning.

Warna Biru, adalah warna yang menenangkan dan menyejukkan mood. Bila kamu menyukai busana biru, kamu adalah orang yang perhatian dan penyayang. Penggemar biru juga orang yang penyabar, sensitif dan mampu mengontrol emosi. kamu bisa jadi orang yang selalu diandalkan dan memastikan bahwa setiap orang senang saat bersama kamu. Penyuka warna biru biasanya sangat menyukai ketenangan.

Warna Ungu, walaupun sering disebut dengan warna janda, ungu merepresentasikan kemewahan, bangsawan, kekayaan dan keanggunan. Selain itu warna ini justru mewakili kekuasaan dan sifat feminis dan romantis. Umunya, kaum perempuan yang telah mapan dan mandiri cenderung memilih ungu atau nuansa ungu dalam koleksi pakaiannya.

Warna Hijau, melambangkan alam, yang berarti tenang, dan segar. Warna ini menjadi salah satu pilihan paling digemari jika seseorang ingin tampil segar dan bersemangat. Sebuah penelitian bahkan menyarankan setiap meja kerja dilengkapi satu tanaman. Hal ini mengacu pada makna dibalik warna hijau. Selain itu hijau juga mencerminkan kemakmuran dan memiliki karakter maskulin. Tak heran, hijau tua lebih banyak digemari oleh kaum pria.

Warna Pink, jika kamu tipe perempuan yang sangat feminin, maka tidak salah jika memilih warna ini. Pink atau merah muda berarti lembut dan menimbulkan perasaan romantis. Pink juga dapat mengalirkan energi positif bagi si pemakai sehingga pemakai menjadi lebih relaks dan mudah didekati.

Ternyata warna mempunyai arti disetiap busana yang memakainya ya, bisa mengetahui pribadi masing-masing juga. So, kamu termasuk golongan yang suka warna apa nih? 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading