Sukses

Fashion

Rayakan HUT RI Ke-71, Ini Resep Tumpeng yang Lezat!

Fimela.com, Jakarta 17 Agustus sudah tiba. Banyak sekali perlombaan yang diselenggarakan untuk menambah dan menumbuhkan rasa nasionalisme pada masyarakat. Dari mulai lomba lari, panjat pinang, hingga kuliner pun dibuat untuk memeriahkan acara.

Adalah tumpeng, hidangan tradisional yang sudah sedari dulu menghiasi acara hari kemerdekaan RI. Ya, dari berbagai daerah, tumpeng dibuat dengan lauk sedemikian rupa. Jangan sampai ketinggalan, ini resepnya yang enak!

Kamu membutuhkan:

3 liter beras
1 liter beras ketan
Perbandingan beras dengan beras ketan adalah 3:1
4 liter santan kental dari 4 butir kelapa ukuran besar
6 ruas jari kunyit ukuran besar
4 ruas jari jahe ukuran besar, memarkan
1 sdt cengkih
2 batang kayu manis
5 batang sereh ukuran besar, memarkan
10 lembar daun salam
2 butir biji pala, pecahkan
secukupnya garam

Cara membuatnya:

Langkah awal, cucilah dahulu beras hingga bersih lalu rendam bersama dengan beras ketan selama satu jam. Jika sudah, tiriskan. Kukus beras yang sudah di rendam dalam panci yang airnya sudah mendidih selama 30 menit hingga aron.

Selagi menunggu kukusan beras, blenderlah kunyit dengan segelas santan hingga larut. Campurkan larutan santan dan kunyit beserta sisa santan lalu godok bersama dengan bumbu lain dan garam hingga mendidih.

Setelah berasmu aron, pindahkan ke wdah lain dan siram dengan godokan santan yang mendidih. Lakukan sambil diaduk rata dan emudian diamkan hingga santan menyerap sempurna. Kukus kembal nasi aron hingga 30 menit. Tumpengmu sudah jadi! Sajikanlah bersama dengan menu lain seperti ayam gireng, tempe kering,telur, perkedel, dan lain sebagainya. Selamat mencoba!

 

A photo posted by CULINARY SERVICE (@ibudara) on

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading