Sukses

Fashion

Bukan Made in USA, Ini Bukti Jas Donald Trump Made in Indonesia

Fimela.com, Jakarta Donald Trump, Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, kembali menuai kontroversi. Belum lama, istrinya, Melania Trump yang didapati foto bugilnya menghiasi majalah dewasa. Kali ini ia pun menuai kontroversi dengan jas berlabel brand namanya yang ternyata dibuat di Indonesia.

Koleksi jas yang dijual lewat situs jual-beli online Amazone ini tertulis made in USA. Namun, seperti yang diungkap oleh reporter Buzzfedd, Daniel Wagner, terlihat keganjilan dari deskripsi produk dengan barang aslinya. 

"Di Amazon, koleksi The Donald J. Trump Signature dideskripsikan impor dan buatan Amerika. Mereka tidak bisa berasal dari keduanya, kan?" katanya, seperti dilansir BuzzFeed, Rabu, 24 Agustus 2016. Trump selama ini dikenal berkampanye agar tetap mencintai Amerika dengan membeli produk negara itu.

Akhirnya, tim Buzzfeed pun memesan dua setel jas untuk menjawab rasa penasarannya. Dan hal mengejutkannya adalah hasilnya di bagian kerah jas biru gelap ini ada tulisan "Made in Indonesia".

Wagner pun menyindir dengan menuturkan kampanye Trump yang kerap menyuarakan untuk membawa pekerjaan manufaktur di luar negeri kembali ke Amerika ternyata hanya omong kosong. Selama berkampanye, Trump selalu membanggakan Amerika dengan meningkatkan ekonomi dalam negeri. "Buat Amerika hebat lagi (dan Indonesia juga)," ujar Wagner menyindir.

 

Jas Donald Trump (Buzzfeed)

Menurut BuzzFeed, Trump ternyata sering membuat produknya di luar negeri. Tim BuzzFeed pun sempat mengunjungi satu pabrik di Honduras, yang ternyata para pekerjanya hanya dibayar beberapa dolar per hari untuk membuat pakaian Trump.

Bahkan, di Amerika Serikat, Trump tidak sepenuhnya memberikan pekerjaan kepada warga Amerika. Bulan lalu, ia mempekerjakan 78 orang dari negara lain sebagai staf di klub pribadinya di Palm Beach. Dia berdalih, tidak ada orang Amerika yang tersedia melakukan pekerjaan tersebut.

Harga Jas Donald Trump (Amazon)

Bagaimana kejanggalan pada jas yang dijual Donal Trump dengan deskripsi dan kenyataan berbeda? Berikut bukti videonya;

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading