Sukses

Fashion

Rahasia Makanan Jepang yang Bisa Bikin Kamu Langsing

Fimela.com, Jakarta Punya umur yang panjang jadi dambaan sebagian besar orang. Tapi, berumur panjang itu tak mudah, karena berkaitan dengan pola makan dan gaya hidup.  Salah satu bangsa yang punya umur panjang adalah Jepang.

Selain dikenal dengan kemajuan teknologinya, negara di Asia Timur ini juga punya ragam kuliner yang dikenal luas di seluruh dunia seperti sushi dan bergama makanan sehat lainnya. Warga Jepang juga termasuk orang-orang yang paling sehat di muka bumi. Berdasarkan analisa global oleh Lancet, anak-anak yang lahir di Jepang lebih sehat daripada anak-anak di negara lain.

Orang Indonesia paling suka makan 5 masakan Jepang ini.

Selain itu, rata-rata masyarakat Jepang punya postur tubuh yang ramping serta berumur panjang. Hal itu juga dipengaruhi dengan pola makan mereka. Seperti dilansir dari qraved, berikut ini kebiasaan makan orang Jepang yang bisa kita tiru agar lebih sehat dan langsing.

Cara Memasak

Orang Jepang lebih banyak memasak dengan cara merebus, mengukus, membakar, dan menggoreng yang menggunakan sedikit minyak. Selain itu saat memasak sayuran, biasanya mereka juga tidak memasak dalam waktu yang lama. Tujuannya supaya nutrisi dalam sayuran tidak hilang. Karena itu, banyak masakan Jepang yang dimakan secara mentah.

Pilih Nasi daripada Roti

Ilustrasi Foto Nasi Putih (iStockphoto)

Seperti orang Indonesia, nasi jadi makanan yang wajib ada di dalam sesi makan orang Jepang. Bedanya, mereka makan nasi tanpa tambahan garam maupun mentega. Makanan dengan kadar karbohidrat yang tepat bisa menjaga tubuh agar tetap langsing.

Sarapan Jadi Makanan Utama

Sarapan adalah waktu makan yang wajib bagi masyarakat Jepang. Alasannya, sarapan jadi sumber tenaga bagi aktivitas seharian, dan bisa mengurangi makan berlebihan di siang maupun malam hari. Orang Jepang bukan hanya mengonsumsi roti ataupun jus saja. Mereka terbiasa menyantap banyak makanan saat makan pagi, seperti nasi, sup miso, rumput laut dan omelet.

Ritual Makan

Makan Siang di sekolah Jepang. foto: ashventures.wordpress.com

Masyarakat Jepang punya ritual makan yang termasuk unik. Seperti mengucapkan “Itadakimasu” sebelum makan. Ritual lain yang paling penting adalah mereka menguyah dengan pelan dan dalam potongan-potongan kecil di piring kecil. Kebiasaan ini membuat orang Jepang tidak pernah memenuhi piring mereka dengan makanan, sehingga tidak akan kalap makan.

Anti Dessert Manis

Salah satu rahasia langsing para wanita Jepang adalah karena mereka jarang mengonsumsi dessert manis. Mereka lebih memilih membuat es krim dari bahan nasi, seperti ice cream mochi.

Makanan yang Seimbang

Cara Memasak Rendah Kolesterol

Santapan masyarakat Jepang rata-rata punya kandungan gizi seimbang. Bukan rahasia lagi kalau orang Jepang itu sangat suka makan ikan. Selain ikan, mereka juga biasa mengonsumsi rumput laut, sayuran, buah, dan juga teh hijau.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading