Dukung Pengrajin Batik Melalui Gelar Batik Nusantara

Yuni Haumahu12 Jun 2017, 18:48 WIB
[Bintang] Batik

Bintang.com, Jakarta Berbagai upaya untuk mempromosikan dan mengembangkan batik beserta kerajinannya di dalam negeri, sekarang ini semakin meningkat dan beragam.

Salah satunya adalah penyelenggaraan Gelar Batik Nusantara (GBN) yang dilaksanakan sejak 1996 oleh Yayasan Batik Indonesia. Setelah sukses menyelenggarakan pada tahun sebelumnya, tahun 2017 GBN kembali untuk yang ke 10 kalinya di JCC Senayan Jakarta Pusat, belum lama ini. Berbagai macam-macam batik dihadirkan pada event tersebut, terutama batik-batik yang ada di dalam daerah Jawa dan sekitarnya. Tren pembuatan batik dengan warna alam rupanya telah tergeser dengan hadirnya pewarnaan kimiawi.

Gelar Batik Nusantara yang mendukung pengrajin batik. (sumber foto: @gelarbatiknusantara/instagram)

Maka dari itu, kali ini GBN mengangkat keindahan batik pewarna alam. Pewarnaan alam bisa didapatkan dari tumbuh-tumbuhan. Seperti kulit pohon mahoni, duwet, tingi, jambal, tegeran, daun indigo, daun mangga, secang dan sebagainya.

Gelar Batik Nusantara yang mendukung pengrajin batik. (sumber foto: @gelarbatiknusantara/instagram)

Dengan diadakannya Gelar Batik Nusantara merupakan tujuan dari membangkitkan pengrajin batik dan menjaga warisan budaya.