WHO'S WHO: Mengenal Michael Kors, Desainer Glamor & Juri Project Runway

Fimela14 Jun 2012, 11:00 WIB

Next

korsWHO:

Michael Kors lahir di Long Island, New York, 1959. Dengan Ibu, Joan Krystosek Kors, yang seorang mantan model nggak heran laki-laki ini mengenal dekat dan terjun dengan cepat pula ke dunia fashion. Si Ibu yang pernah menjadi model Revlon itu bagi Michael bukan hanya perempuan yang melahirkan dan membesarkannya ke dunia tapi juga sahabat baginya. Michael sempat muncul di sebuah iklan sereal saat berumur 4 tahun dan ingin serius di dunia peran saat masih remaja. Ia bahkan masih meiliki kartu anggota Screen Actors Guild (serikat pekerja film di Amerika Serikat) dengan nama Chuckie Anderson (nama Michael  sebagai aktor). Pekerjaannya sebagai seorang fashion trader di sebuah butik ternama di New York sepertinya mengubah haluannya sehingga ia justru memilih fashion sebagai jalan hidup. Bahkan ternyata di usia lima tahun fashion sense Michael sudah kelihatan saat ia memberikan masukan untuk pakaian pernikahan kedua Ibunya yang menurutnya jelek. Penonton setia reality show “Project Runway” juga bisa menemukan Michael di salah satu kursi juri bersama sang host Heidi Klum.

WHAT

Awalnya Michael meluncurkan lini womenswear di Saks Fifth Avenue dan Bergdorf Goodman di tahun 1981. Sebuah langkah serius yang akhirnya ia realisasikan setelah cukup lama belajar memahami selera pelanggan dan percaya bahwa ia mampu mendesain yang lebih bagus. Rancangan-rancangan awal Michael Kors sudah memperlihatkan kegemarannya akan siluet sederhana, kesukaannya akan bahan-bahan dan palet warna natural, dan pendekatan minimalis. Meski begitu setiap pakaiannya mampu meningkatkan tampilan pribadi pemakai pakaian-pakaiannya. Lini pakaian laki-lakinya muncul dengan kuat sejak tahun 1998 setelah sebelumnya mengalami masalah dalam pemasaran.

Next

michael

WHY

Tahun 1997 Michael Kors dipercaya untuk menjadi Creative Director label asal Perancis, Celine. Di tangan dingin Michael, label itu mengalami kemajuan pesat. Rilisan ready to wear sukses besar, begitu juga dengan aksesoris yang mereka produksi. Tahun 2003 Michael akhirnya meninggalkan Celine untuk berkonsentrasi pada labelnya sendiri. Pernah menonton film “The Thomas Crowne Affair”? Michael mendesain pakaian yang dikenakan tokoh utama perempuan yang diperankan oleh aktris Rene Russo. Kreasi-kreasi Michael adalah salah satu yang paling dicintai oleh pelanggan-pelanggannya yang terkenal. Cher, Diana Ross, Barbra Streissand, Gwyneth Paltrow, Jennifer Lopez, Heidi Klum, Liv Tyler sampai Michelle Obama hanya sebagian dari sahabat juga klien setia Michael. Beberapa nama baru tapi powerful di fashion beberapa tahun terakhir juga adalah hasil didikan Michael, misalnya Derek Lam, Peter Som, dan Proenza Schouler. Why women should love him? Because he loves women so much. Michael mengaku bahwa ia senang dikelilingi perempuan dan senang mendandani mereka dengan pakaian-pakaiannya. “Seseorang harus merasa nyaman dengan yang ia pakai. Terserah apakah pakaian itu memberi efek dramatis, glamor, sensual, tapi yang jelas pakaian itu harus nyaman,” jelas Michael pada sebuah wawancara.

WEAR

Selain lini pakaian yang diambil dari runway collection, Michael Kors juga memperluas kreasinya di label MICHAEL Michael Kors dan KORS Michael Kors yang diluncurkan sejak 2004. MICHAEL Michael Kors  meski memiliki harga cukup tinggi namun tetap tersedia untuk semua kalangan, sementara KORS Michael Kors memang mengincar pasar kelas menengah. MICHAEL Michael Kors merilis tas tangan, sepatu, dan pakaian ready to wear untuk perempuan. KORS Michael Kors selain merilis footwear juga menghadirkan wewangian untuk perempuan dan laki-laki. Banyak kritikus yang menganggap desain Michael terlalu mudah diprediksi dan begitu-begitu saja. Nggak ada pendekatan baru. Namun tidak sedikit juga yang memuji konsistensi itu. Michael tidak pernah terpengaruh dengan trend yang tak berlangsung lama. Pakaian-pakaian Michael selalu bisa dipadupadankan dengan cara apapun untuk event seperti apapun. Kasual tapi tetap terlihat mewah, fokus pada siluet feminin perempuan, elegan tapi sederhana. You better not pout, you better not frown because next month Michael Kors first flagstore is coming to townNeed something modestly stylish for the office, lalu sedikit mix and match untuk acara sosial di malam hari yang seru? Michael Kors is your must visit destination.

Lanjutkan Membaca ↓