Liu Wen, Supermodel Original Pertama dari Asia!

Fimela02 Sep 2013, 11:30 WIB

Next

Liu Wen

Di umur 25 tahun, Liu Wen sudah menjalani karier yang cukup panjang di dunia fashion. Ia memulai langkahnya sebagai model tahun 2005, saat mengikuti sebuah kompetisi modelling di China.

Meski tidak menang, di tahun 2007 mulai diperhatian dunia fashion saat melakukan pemotretan memakai rancangan Karl Lagerfeld dan Viktor and Rolf. Dari situlah, kesibukan Wen bertambah karena ia mulai berjalan untuk runway kedua brand tersebut dan menandatangani kontrak sebagai model profesional bagi agency pertamanya di Paris.

 

 

 

 

 

 

 

 

Next

Liu Wen

Kariernya di catwal berjalan sangat sibuk, karena tercatat ia sudah berada di runway selama 8 musim lebih. Salah satu tahun tersibuknya adalah 2010, saat ia berjalan untuk 70 runway, 70 brand di semua kota besar fashion di mana fashion week diadakan.

Bagaimana dengan campaign dan editorial? Apalagi itu. Jumlah fashion brand yang menggunakan sosoknya sebagai model terus bertambah, seiring ia menapakkan langkahnya dengan serius di dunia fashion. Wajahnya tersebar di mana-mana, dalam berbagai penampilan, seiring popularitasnya terus meningkat. Terlebih lagi saat hingar bingar street style mulai menguasai internet. Personal style Liu Wen ternyata banyak disukai para fotografer street style (juga oleh brand H&M yang menyebutnya sebagai “The New Icons.” Dari situ, Liu Wen sadar karier apa yang ingin ia jalankan setelah ia tidak menjadi model lagi. Ia ingin menjadi stylist.

 

 

 

 

Next

Liu Wen

Dengan dunia modelling internasional yang didominasi perempuan berkulit putih, kehadiran Liu Wen menjadi warna unik tersendiri. Publik fashion menyambut gembira, karena Liu Wen adalah wajah yang begitu kuat mewakili Asia di bisnis yang berjalan begitu cepat tersebut.

Perlahan tapi pasti, bukan hanya menjadi sangat kaya dan populer, Liu Wen adalah salah satu power face di bisnis itu. Membuka jalan bagi semakin banyak lagi model-model non kulit putih untuk tampil di runway, editorial juga fashion campaign. Indeed, her face is very powerful. And gets more powerful these days.

 

 

 

 

 

 

 

 

Next

Liu Wen

Cara Delevingne mungkin mendapatkan begitu banyak exposure dari media, but she’s just another Caucasian model. So, when you are Asian and you have a strong mark on the business, dunia akan memperhatikan. Liu Wen membuat sejarah dengan menjadi model keturunan Asia pertama yang berjalan untuk Victoria’s Secret di tahun 2009. Hingga tahun 2013, Wen sudah bergabung dengan Victoria’s Secret selama 4 tahun dan muncul secara reguler di runway tahunan mereka.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Next

Liu Wen

Tahun 2010 juga menjadi tahun yang bersejarah. Karena Wen ditunjuk menjadi model Asia pertama untuk brand kosmetik Estee Lauder. Tahun 2013 adalah tahun ketiga Wen bersama brand tersebut dan dedikasinya untuk Estee Lauder terlihat di Instagram miliknya. Ia rajin menunjukkan produk-produk dari Estee Lauder yang ia kenakan sehari-hari.

Karena kiprahnya dan kehadirannya yang begitu intens itulah, harian New York Times menyebutnya sebagai supermodel bonafid pertama dari Asia. Dan sebagai supermodel, mewakili brand-brand besar, langkah Liu Wen tidak berhenti di catwalk. Ia menjadi salah satu kehadiran reguler di Met Gala sampai Festival Film Cannes yang prestisius.

 

Next

Liu Wen

Di sebuah wawancara, Wen mengaku bahwa saat pindah ke New York ia tidak bisa bahasa Inggris. Tapi dengan usaha keras (salah satunya membandingkan Harry Potter edisi China dan Inggris), saat ini kemampuan bahasa Inggris Wen sudah sangat bagus. Kepribadiannya yang rendah hati membuatnya akrab dengan banyak model papan atas lain.

Menurut sebuah liputan di media luar, Wen selalu memberikan catatan terima kasih setelah ia melakukan meeting atau casting. A rare thing to do, tapi sangat berkesan bagi orang-orang yang menerima catatan tulisan tangan itu. Hal ini pula yang pasti membuatnya mendapat citra positif di industri tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

Next

Liu Wen

Revolusi besar lainnya yang baru saja dibuat oleh Wen, adalah saat pekan lalu ia menjadi model Asia pertama yang berada di posisi 5 besar model-model dengan penghasilan terbanyak di dunia versi majalah Forbes. Sebuah prestasi yang mungkin belum pernah ia bayangkan sebelumnya. Apalagi untuk industri yang didominasi oleh model-model kurus berkulit putih Eropa dan Amerika.

Dengan pengaruh yang semakin besar, (saat ini berada di posisi 3 portal models.com) Wen baru saja bergabung dengan agensi model The Society Management. Agensi yang memang sedang naik daun dan memiliki rencana jangka panjang bagi setiap model yang bernaung di bahwa mereka. Adriana Lima, Lindsay Wixson, Irina Lazareanu adalah model lain yang juga bernaung di agensi tersebut. Keputusan yang bagus, karena di posisinya yang sekarang, Wen bisa mencoba dan melakukan apapun yang ia mau. Karier fashion-nya masih akan sangat panjang. Bila ia melakukannya dengan benar dan terus menjalani kariernya dengan sikap seperti sekarang, bukan tidak mungkin kita masih akan bisa melihat sosoknya di atas runway hingga 15 tahun lagi. And she’s only 25 now.

 

Lanjutkan Membaca ↓