Sukses

Fashion

Perancis Wajibkan Model Miliki Sertifikat Kesehatan

 

Jakarta Kamu masih ingat soal pro kontra mengenai kesehatan dan bentuk tubuh seorang model? Sampai hari ini, kontroversi tersebut masih berlangsung. Dampaknya, beberapa negara menerapkan aturan yang harus dipatuhi oleh para model profesional. Perancis menjadi negara terbaru yang menerapkan aturan mengenai hal ini, Fimelova.

Di negeri yang kaya akan anggur tersebut, para model diwajibkan untuk memiliki medical certificate atau sertifikat kesehatan yang menyatakan mereka memang dalam keadaan sehat. Medical certificate tersebut dikeluarkan oleh dokter yang sudah melakukan pemeriksaan kesehatan. Dokumen resmi ini harus menerangkan kalau Body Mass Index (BMI) yang dimiliki si model berada dalam kondisi layak untuk menjalankan profesi mereka.

Hal ini juga berlaku untuk para fashion designer dan brand. Mereka yang tidak dapat memenuhi aturan tersebut dapat dikenai penjara selama enam bulan dan denda sebesar 75.000 Euro atau USD 81.502. Bukan jumlah yang main-main ini besarnya, Fimelova.

Pihak majalah atau pengiklan juga dapat dikenai aturan serupa kalau tidak memenuhi peraturan tersebut. Mereka dapat dikenai peraturan tersebut kalau mengubah tampilan foto (melalui photoshop). Hal ini tentu bakal menimbulkan pro kontra baru mengingat hal ini sah-sah saja di dunia fotografi.

Tujuan dari peraturan ini tentu saja untuk memberikan body image yang benar di Perancis. Body image yang salah dapat menimbulkan efek negatif kepada banyak orang, khususnya mereka yang berprofesi sebagai model dan para perempuan yang terobsesi dengan bentuk tubuh tertentu. Tidak heran kalau kita sering mendengar cerita kalau banyak perempuan, termasuk para model, menderita gangguan makan karena ingin mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, mengacu pada industri kecantikan.

Berdasarkan data statistik, terdapat sekitar 30.000-40.000 orang di Perancis yang menderita Anoreksia. Maka dari itu, aturan ini dibuat untuk memastikan kesehatan para model. Efeknya diharapkan bakal mempengaruhi masyarakat Perancis lebih luas lagi. Italia, Spanyol dan Israel sudah menjalankan aturan serupa sebelumnya.

Manurut kamu bagaimana, Fimelova? Kami sih sepakat selama tujuannya memang untuk kesehatan para model dan lebih banyak orang lagi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading